Blog Post

Syarat Memperpanjang Surat Izin Gangguan atau HO

Surat Izin Gangguan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Cakupan Izin Gangguan, atau yang biasa dikenal dengan istilah HO, tidak lain sama seperti Izin mendirikan tempat kegiatan bisnis atau usaha secara pribadi. Kemunculan sebuah usaha yang menggunakan tempat, tentunya akan berpotensi menimbulkan kerugian atau bahaya serta gangguan terhadap lingkungan dan masyarakat yang tinggal di sekitar. Namun sayangnya, banyak orang tidak terlalu peduli dengan Izin Gangguan ini.

Padahal, Izin Gangguan ini merupakan salah satu bentuk Izin yang sangat menentukan sebuah kesuksesan dalam membangun sebuah usaha. Dalam menjalankan usaha, tentunya Anda tidak ingin adanya potensi buruk. Misalnya, protes dari masyarakat sekitar karena usaha Anda dinilai menggangu.

Hal itulah yang kemudian menuntut agar suatu usaha yang dijalankan perlu memiliki surat Izin Gangguan dari pihak pemerintah sebagai bentuk dari sebuah legalitas.

Secara hukum, yang berhak mengeluarkan Izin Gangguan ini adalah pihak pemerintah. Legalitas mengenai hal ini tertuang dalam Undang-Undang Gangguan Tahun 1926 Nomor 226. Tujuannya tidak lain adalah untuk melindungi masyarakat yang berada di sekitar tempat usaha.

Ada dua manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan surat Izin Gangguan ini. Dari sisi pengusaha, akan memberikan sebuah kemudahan untuk bisa mendapatkan Izin lainya yang diperlukan. Sedangkan dari sisi masyarakat, akan mendapatkan perlindungan secara hukum tentang adanya kemungkinan gangguan yang disebabkan oleh sebuah tempat usaha.

Syarat Memperpanjang Surat Izin Gangguan

Hinder Ordonantie (HO) merupakan istilah yang dikenal untuk sebutan Izin Gangguan. Surat Izin Gangguan ini telah diatur dalam Peraturan Menteri dan juga Peraturan Daerah (Perda).

Kehadiran kedua peraturan tersebut tidak lain merupakan langkah yang dapat membantu Anda dalam memperoleh surat Izin Gangguan. Mulai dari peraturan, pengajuan persyaratan, dan lainnya, yang secara teknis sudah diatur oleh pemerintah. Hal ini tentunya akan menjadi acuan perusahaan dalam mendapatkan surat Izin Gangguan.

Surat Izin Gangguan juga membutuhkan perpanjangan, karena ada masa berlakunya. Bila telah mencapai masa expired, maka Anda harus melakukan perpanjangan agar Izin tersebut dapat terus berjalan.

Berikut kami sampaikan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi ketika Anda ingin memperpanjang surat Izin Gangguan sesuai dengan Undang-Undang dan peraturan resmi.

  • Fotocopy KTP Pemilik Usaha.
  • Fotocopy NPWP.
  • Fotocopy Akte Pendirian Perusahaan (bagi usaha berbadan hukum).
  • Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
  • Surat Kuasa (untuk pihak yang mengurusi izin perusahaan lain).
  • Keterangan Domisili.
  • Lunas Pajak Bumi dan Bangunan terakhir.
  • Surat Izin Gangguan (HO) Lama.

Prosedur Membuat Surat Izin Gangguan

Adapun persyaratan dalam membuat surat Izin Gangguan tidak jauh berbeda dengan ketika Anda mengajukan Izin memperpanjang. Persyaratan untuk membuat surat Izin Gangguan yang harus Anda penuhi adalah sebagai berikut :

  • Fotocopy KTP Pemilik Usaha.
  • Fotocopy NPWP.
  • Fotocopy Akte Pendirian Perusahaan (bagi usaha berbadan hukum).
  • Akte Kepemilikan Tanah.
  • Analisa potensi gangguan dikeluarkan oleh SKPD ( bagi usaha toko modern).
  • Rekomendasi  instansi terkait (menara Telekomunikasi).
  • Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
  • Surat Kuasa (untuk pihak yang mengurusi izin perusahaan lain).
  • Surat Persetujuan Tetangga.
  • Surat Keterangan Domisili Bisnis.
  • Bukti Lunas Pajak Bumi dan Bangunan terakhir.

Itulah beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi jika ingin mendapatkan surat Izin Gangguan atau HO secara resmi. Nah, jika Anda merasa kesulitan dalam mengurus segala kebutuhan legalitas surat Izin Gangguan, maka Anda bisa mendatangi Biro Jasa Perizinan Usaha. Dan salah satunya adalah Gapura Office atau Virtual Officeku. Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan pengurusan surat Izin Gangguan dengan mudah.

Gapura Office sendiri merupakan Biro Jasa Perizinan Usaha terpercaya yang berlokasi di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Kami sudah lama menyediakan jasa pengurusan Izin Usaha, yang dimulai dari pengurusan pendirian perusahaan seperti Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi. Termasuk juga untuk pengurusan surat Izin Gangguan atau HO (Hinder Ordonantie), dll.

Silahkan hubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lebih lengkap atau untuk berkonsultasi tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan surat Izin Gangguan atau HO (Hinder Ordonantie) dan perizinan lainnya.

Adapun soal biaya yang harus dikeluarkan, hal itu bisa dinegosiasikan, termasuk biaya untuk mengurus surat Izin Gangguan.

Diskusikan pada kami terkait badan usaha yang ingin Anda dirikan. Dan kami siap menjadi partner Anda dalam mengurus Izin mendirikan badan usaha yang Anda inginkan.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Segera hubungi tim Marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar biaya dan layanan pembuatan badan usaha serta perizinannya. Kami menyediakan Konsultasi GRATIS bagi orang-orang yang ingin mengurus Izin Usaha menggunakan jasa kami. Dengan konsultasi ini, diharapkan dapat membantu Anda yang ingin menggunakan jasa kami.

Jangan ragu menggunakan Biro Jasa kami, karena perusahaan kami adalah Biro Jasa Perizinan Usaha yang terpercaya dan profesional. Kami akan membantu Anda untuk mengurus pembuatan surat Izin Gangguan atau HO (Hinder Ordonantie) dengan cepat dan mudah.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>