Blog Post

Syarat-Syarat Membuat SIUJK Online

Biro Jasa Pengurusan SIUJK Online

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Tidak banyak orang yang mengetahui tentang apa itu SIUJK, dan mengapa pula para pengusaha sebegitu membutuhkannya. Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) adalah sebuah Izin Usaha yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) kepada perusahaan guna melaksanakan usaha konstruksi.

Tak hanya secara offline, SIUJK online pun kini telah tersedia. Namun sebelumnya, pahami dulu mengenai pengertian dan maksud dari Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) ini.

Syarat-Syarat Membuat SIUJK Online

Sebelum membuat, ada baiknya Anda ketahui dulu apa itu sebenarnya Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) online. Pada intinya, SIUJK online adalah surat izin. Dan jika Anda memiliki untuk jenis usaha yang berkaitan, maka Anda pun bisa melakukan berbagai macam kegiatan usaha. Baik itu perencana konstruksi maupun konsultan, pengawas konstruksi, pelaksana konstruksi atau kontraktor dan sebagainya yang berhubungan dengan konstruksi.

Jadi, tidak semua bidang usaha membutuhkan Surat Izin SIUJK melainkan hanya mereka yang memang ingin bergerak di bidang sipil, telekomunikasi, konsultan, mekanikal, tata lingkungan, arsitektur, dan yang lainnya yang mirip dengan itu.

Hanya saja, untuk langsung membuatnya tidak bisa. Karena Anda harus mampu untuk memenangkan waktu pelelangan di babak pertama. Bahkan, Anda juga harus lulus dalam administrasi di dalam perusahaan yang bersertifikat dan tercantum di dalam LPJK.

Sederhananya, ini lebih rumit dibandingkan dengan pengurusan surat izin yang lainnya.

Sedangkan untuk memperolehnya, maka Anda harus mengunjungi kantor LPJK setempat, atau langsung masuk ke dalam website LPJK resmi yang terdapat di dalam wilayah domisili Anda.

Dan tentu saja ketika Anda datang ke kantor LPJK, maka Anda harus membawa persyaratannya terlebih dulu. Adapun untuk sistem online, maka Anda hanya perlu mengisi apa yang penting di dalam kolom.

Namun, ada beberapa inti syarat yang harus dimiliki, di antaranya :

Pertama, Anda memiliki Sertifikat Lisensi yang membuktikan bahwa Anda merupakan tenaga ahli dalam konstruksi.

Kedua, memiliki SBU (Sertifikasi Badan Usaha).

Selain itu, syarat yang lebih lengkap lagi di antarannya adalah :

  • SBU (Sertifikat Badan Usaha) yang asli.
  • KTA Asosiasi yang asli.
  • SKA (Sertifikat Tenaga Ahli) yang asli.
  • Fotocopy TDP Perusahaan.
  • Fotocopy SIUP.
  • Fotocopy NPWP Perusahaan.
  • Fotocopy Domisili Usaha.
  • Fotocopy Akta Notaris.
  • Fotocopy KTP para Direktur yang terkait.
  • Fotocopy Surat Domisili Usaha.

Selain itu, Anda juga harus menentukan besaran proyek yang nantinya ingin Anda lakukan. Apakah proyek tersebut termasuk proyek Kecil dengan skala biaya di bawah Rp 500 Juta, atau skala Menenangah yang berkisar antara Rp 500 Juta – Rp 10 Miliar, atau proyek dengan skala Besar yang bernilai di atas Rp 10 Miliar.

Nantinya, kantor LPJK akan melakukan kualifikasi pada perusahaan Anda dan memasukkan kategori.

  • Untuk K1 adalah proyek yang Kecil 1.
  • K2 untuk proyek yang kecil 3.
  • K3 untuk proyek kecil 3.
  • Dan sebagainya, hingga yang besar sebelum akhirnya mengurus yang lainnya.

GAPURA, Layanan Pengurusan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) Jakarta

Gapura Office atau Virtual Officeku merupakan Jasa Notaris yang memberikan jasa Pengurusan SIUKJ. Dengan kami, Anda akan mendapatkan kemudahan yang diinginkan.

Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan oleh perusahaan ketika menggunakan jasa pengurusan SIUJK kami. Salah satunya adalah Anda tidak akan dipusingkan dalam mengikuti semua prosedur yang ada. Anda sudah bisa mendapatkan SIUJK lengkap hanya dengan waktu pengerjaan 2 minggu hari kerja.

Perusahaan hanya tinggal menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk mengurus SIUJK, seperti fotocopy NPWP Perusahaan, fotocopy KTP Direktur Utama Perusahaan, foto Kantor Perusahaan, dan masih banyak lagi. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup beragam.

Berikut ini adalah beberapa sertifikasi yang diperlukan jasa pengurusan SIUJK untuk bisa mendapatkan SIUJK.

Pertama, harus memiliki sertifikat keahlian maupun keterampilan. Yang membedakan antara keduanya adalah untuk sertifikat keahlian bisa diberikan kepada jasa konstruksi, jasa perencanaan, jasa pelaksanaan konstruksi, dan pengawas konstruksi. Sedangkan untuk sertifikat keterampilan bisa diberikan kepada jasa pelaksanan konstruksi saja.

Kedua, diharuskan untuk menjadi anggota dari Asosiasi Konstruksi yang telah terakreditasi oleh LPJK.

Ketiga, perusahaan jasa konstruksi tersebut harus memiliki sertifikat badan usaha. Setelah itu, baru bisa mengajukan untuk pembuatan SIUJK atau Surat Izin Usaha Konstruksi.

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam proses pembuatan SIUJK. Ayo, segera Hubungi Kami, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat