Blog Post

Tak Hanya PT, Sejumlah Badan Usaha Ini Juga Wajib Memiliki TDP

Badan Usaha

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Saat mendirikan suatu badan usaha, pada umumnya seseorang harus mengurus beberapa dokumen penting, dan salah satunya adalah Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Seluruh badan usaha yang berdiri dan menjalankan usahanya di Negara Indonesia, maka wajib memiliki dokumen TDP ini agar mendapatkan legalitas dari pemerintah.

Jika tidak memiliki dokumen TDP, maka segala jenis kegiatan yang berada di dalamnya akan menjadi ilegal atau tidak sah. Dan tentunya pihak yang berwajib berhak untuk menghentikan segala kegiatan produksi perusahaan tersebut.

Lalu pertanyaannya, apa itu Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan jenis usaha seperti apa yang wajib memilikinya? Apa saja syarat yang diperlukan, dan bagaimana cara mengurus dokumen tersebut? Nah, berikut ini penjelasan lengkapnya. Yuk, simak!

Jenis Badan Usaha Yang Wajib Memiliki TDP

Sesuai Permendag Nomor 37/M-DAG/PER/9/2007, setiap perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT), Koperasi, Persekutuan Komanditer (CV), Firma, perorangan, dan bentuk usaha lainnya (BUL), termasuk perusahaan asing dengan status kantor pusat, dan masih banyak lagi yang berkedudukan di Indonesia, maka wajib didaftarkan secara resmi seperti yang dijelaskan dalam peraturan tersebut.

Selain Peraturan Menteri Perdagangan tersebut, kewajiban mengurus TDP atau Tanda Daftar Perusahaan juga ada dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan serta Keputusan Presiden Nomor 53 Tahun 1998 tentang Usaha atau kegiatan yang tidak wajib dikenakan Wajib Daftar Perusahaan.

Lalu, jenis usaha seperti apa yang wajib memiliki Tanda Daftar Perusahaan (TDP)?

  • PT (Perseroan Terbatas)

Sebuah badan usaha, dimana pemiliknya terdiri dari banyak orang dan tanda kepemilikan dalam bentuk saham. Besarnya wewenang masing-masing pemilik diukur berdasarkan besarnya saham yang mereka punya. Nantinya, saham ini bisa diperjual belikan, dan harga jual tergantung pada kondisi pasar.

  • Koperasi

Badan usaha dalam bentuk organisasi ekonomi, tujuan dari berdirinya Koperasi adalah untuk memenuhi kepentingan bersama yang berfokus pada bidang ekonomi.

  • CV (Persekutuan Komanditer)

CV adalah suatu bentuk badan usaha persekutuan, dimana pendirinya minimal 2 orang atau bahkan lebih. Bentuk usaha ini adalah persekutuan yang belum berbadan hukum. Sekalipun tidak berbadan hukum, namun usaha jenis CV ini harus menggunakan Akta dan tetap harus didaftarkan.

Biasanya, pendiri CV memiliki 2 sifat, yaitu yang hanya menyetorkan modal dan menerima hasil, dan orang yang menjalankan perusahaan secara keseluruhan.

  • Firma

Bentuk badan usaha, yang pendirinya terdiri dari minimal 2 orang atau lebih, dan setiap anggota memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjalankan usaha tersebut. Modal untuk mendirikan firma berasal dari patungan masing-masing anggota. Pembagian keuntungan berdasarkan besar prosentase sumbangan.

  • Perorangan

Badan usaha perorangan merupakan jenis yang paling banyak ditemui di Indonesia. Biasanya, pendiri hanya saru (1) orang saja dan dalam skala menengah ke atas. Pemilik itu sendirilah yang menanamkan modal, menjalankan usaha secara keseluruhan, dan menerima semua keuntungan.

  • Bentuk Usaha Lainnya

Bisa berupa perusahaan asing, agen perusahaan, maupun perwakilan perusahaan. Segala jenis Badan Usaha yang tidak disebutkan di atas, namun berlokasi dan mencari penghasilan di Indonesia.

Jenis perusahan-perusahaan di atas, semua wajib untuk memiliki TDP (Tanda Daftar Perusahaan) tanpa terkecuali. Namun, ada beberapa badan usaha yang diperbolehkan oleh pemerintah untuk tidak wajib memiliki TDP, yaitu :

  • Perusahaan yang berbentuk Jawatan atau disebut Perjan.
  • Perusahaan non-profit (Sekolah dan Yayasan).
  • Perusahaan perorangan yang sangat kecil, misalnya toko kelontong atau kios/stand/booth di pasar tradisional.

Untuk lebih jelasnya, berikut Daftar Usaha atau kegiatan yang tidak wajib mengurus TDP (Tanda Daftar Perusahaan), diantaranya adalah :

  • Yayasan dan perkumpulan.
  • Pendidikan formal (Sekolah) dalam segala jenis dan jenjang yang diselenggarakan oleh siapapun dan tidak dikelola badan usaha atau membentuk badan usaha dari tingkat pra-sekolah hingga pendidikan jenjang akademik dan jasa pendidikan lain.
  • Pendidikan non-formal yang dibina pemerintah dan diselenggarakan oleh siapapun selama tidak dikelola badan usaha atau membentuk badan usaha, seperti jasa Kursus.
  • Perusahaan jawatan adalah perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara), dimana modalnya terdiri dari Anggaran Negara (APBN) dan bertujuan untuk melayani kepentingan masyarakat. BUMN dibebaskan dari TDP karena dianggap didirikan untuk kepentingan bersama masyarakat Indonesia. Segala keuangan operasionalnya bersumber dari APBN.

Fungsi TDP Bagi Suatu Usaha

Fungsi utama TDP (Tanda Daftar Perusahaan) sendiri adalah sebagai pencatatan keterangan sebuah perusahaan serta menjadi informasi penting yang sifatnya resmi bagi pihak yang berkepentingan. Secara sederhana, TDP adalah identitas perusahaan yang dapat menjamin kepastian usaha.

TDP memiliki masa berlaku selama perusahaan masih beroperasi. Namun, pemilik harus melakukan pendaftaran ulang atau pembaruan setiap lima (5) tahun sekali.

Jika sewaktu-waktu TDP perusahaan hilang, maka pengusaha atau pihak perwakilan bisa mengajukan permohonan tertulis kepada kantor pendaftaran perusahaan untuk mendapatkannya lagi selambat-lambatnya tiga (3) bulan setelah hilang.

Jika Anda memiliki bentuk usaha lainnya di daerah-daerah yang berbeda, maka Surat Izin Usaha yang perlu diurus pun juga berbeda. Yang pasti, pastikan bentuk usaha Anda legal dan terdaftar di Kementerian Perdagangan.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan jasa untuk mengurus Izin Usaha di daerah Jakarta, Tangerang, serta Bekasi, dan Anda membutuhkan bantuan untuk legalitasnya, kami dari Gapura Office atau Virtual Officeku siap membantu Anda.

Gapura Office adalah salah satu konsultan penyedia jasa perizinan dan legalitas yang terpercaya di Indonesia. Dengan proses yang cepat, kami siap membantu Anda membuatkan TDP (Tanda Daftar Perusahaan).

Sebagai informasi, layanan yang kami berikan meliputi berbagai jenis jasa perizinan yang ada di Indonesia. Dimulai dari perizinan usaha, izin pribadi, pembuatan PT, CV, hingga pengurusan dokumen perusahaan. Berdasarkan pengalaman, maka dapat menjamin setiap pengurusan perizinan Anda ditangani dengan cepat, profesional, dan dengan harga yang bersahabat tentunya.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu lagi! Karena Gapura Office sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah Indonesia dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami partner dalam membuat PT atau mengurus Izin Usaha lainnya. Suatu kebanggaan pula bagi kami jika dapat terlibat dalam pengembangan usaha Anda yang tengah meniti tangga kesuksesan.

Tak hanya itu saja, kami juga memiliki sederet Notaris profesional yang siap membantu Anda mengurus segala dokumen dan perizinan dengan mudah dan cepat. Ditambah dukungan staff yang ahli dan mumpuni di bidangnya masing-masing. Tak heran bila perusahaan kami telah dikenal sebagai perusahaan Jasa Perizinan Usaha paling handal di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Jadi, tunggu apa lagi? Legalitaskan perusahaan Anda hanya di Gapura Office. Dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional bersama kami.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI. Dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan TDP (Tanda Daftar Perusahaan).

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat