Blog Post

Tips Mengatur Keuangan Bagi Karyawan Kantor

Mengatur Keuangan Bisnis Kecil

GAPURA OFFICE – Hai sobat Gapura! Sudah capek-capek mengatur keuangan tapi masih sering bokek? Gaji bulanan tetap saja cuma ‘numpang lewat’ tidak tahu ke mana? Bisa jadi, Anda yang memang tidak disiplin dalam menerapkannya.

Bila tidak disiplin, mau sampai kapanpun tetap saja Anda tidak akan bisa mengatur keuangan. Meskipun gaji bulanan sudah naik 50 persen, namun kondisi keuangan Anda tidak bakal berubah.

Nah, berikut ini adalah lima cara mengatur keuangan yang efektif untuk pekerja kantoran.

Tips Mengatur Keuangan Bagi Karyawan Kantor

1. Tetapkan Target Berapa Rupiah Yang Harus Didapat di Tahun Ini.

Pertama, tentukan berapa rupiah yang ingin Anda lihat di rekening Anda pada akhir nanti. Dalam menetapkan target ini, cobalah untuk berpatok pada total pendapatan per tahun dan Tunjangan Hari Raya (THR). Sebut saja pendapatan bersih Anda dalam sebulan adalah Rp 5 juta, maka pendapatan Anda dalam setahun adalah Rp 60 juta. Bila ditambah THR satu kali gaji, maka jadinya Rp 65 juta, bukan?

Namun, Rp 65 juta itu tentunya belum dipotong untuk biaya kebutuhan hidup, rekreasi, dan cicilan bila ada. Jadi, katakanlah dalam sebulan Anda targetkan nabung Rp 1 juta. Berarti dalam setahun Anda punya uang di rekening tabungan sebesar Rp 12 juta.

Untuk itu, masukkan saja dalam resolusi Anda bahwa tahun ini Anda harus bisa melihat angka Rp 12 juta di rekening pribadi pada akhir tahun nanti. Berjuanglah sekuat tenaga untuk mengumpulkan dana sebanyak itu.

2. Pisahkan Rekening Bank Untuk Pengeluaran Rutin dan Tabungan.

Buatlah rekening bank baru yang Anda prioritaskan sebagai tabungan. Ada baiknya, di awal tahun Anda sudah punya catatan kasar mengenai berapa besar pengeluaran rutin per bulan. Coba ilustrasikan saja, berapa biaya beli BBM, biaya makan, rekreasi, belanja, atau bayar cicilan.

Bila angkanya sudah ketemu, dan ada di nominal Rp 2,3 juta, maka bila gaji Anda Rp 5 juta, segera transfer Rp 2,7 ke rekening tabungan.

Dengan melakukan cara ini, maka secara tidak langsung Anda sudah memprioritaskan diri untuk menabung. Ingat, jangan ganggu gugat rekening tabungan kecuali Anda memang butuh dana darurat untuk kebutuhan yang mendesak.

3. Puasa Beli Jajanan Saat Bekerja.

Kerja di kantor memang enaknya sambil ngemil, ngopi, atau ngeteh. Kopi dan teh mungkin tersedia di pantry kantor, namun tidak semua kantor punya kebaikan hati untuk membelikan cemilan buat karyawannya. Alhasil, Anda pun keluar duit untuk belanja cemilan di minimarket atau beli gorengan yang dijual dekat kantor.

Meski hanya keluar Rp 15 ribu atau Rp 20 ribuan, tapi coba pikirkan. Duit segitu bisa buat uang bensin motor atau ongkos naik kereta atau angkot. Cobalah untuk puasa beli jajanan. Dan buat Anda yang rutin jajan dua hari sekali, mungkin bisa diubah menjadi seminggu sekali saja.

4. Bawa Bekal.

Membawa bekal memang terbukti bisa menghemat pengeluaran. Karena mau bagaimana pun juga, membeli makanan di luar pasti lebih mahal daripada masak sendiri. Tapi memang banyak kendala yang membuat seseorang melakukan hal ini, terutama yang masih lajang dan ngekos.

Kendalanya adalah tidak bisa masak, dan tidak ada yang masak untuk bekal. Meski begitu, masih ada kok alternatifnya, yaitu Anda bisa beli oatmeal dan taruh di meja kantor untuk makan siang.

5. Hindari Keluarkan Uang Untuk Sesuatu Yang Tak Perlu.

Sudah punya sepatu empat, masih mau beli keluaran terbaru. Malam minggu tidak pernah absen nongkrong bersama teman, dan hari Minggu nge-mall serta nonton bersama gebetan. Inilah sumber pengeluaran yang bikin Anda tidak bisa nabung.

Nongkrong memang sering jadi sebuah ritual wajib buat Anda yang punya banyak teman. Masalahnya adalah, kalau nongkrong tidak keluar duit sih tidak masalah. Tapi kalau sekali nongkrong duit mengalir terus, ya sudah!

Mulai saat ini, berhentilah untuk mengeluarkan duit untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Cobalah ganti hobi nongkrong Anda dengan olahraga, seperti nge-gym di pusat kebugaran yang biaya membership-nya terjangkau.

Jadi, nongkrong sampai dini hari bisa dikurangi, dan keuangan Anda juga menjadi terjaga. Tentunya, pertemanan yang serba sosialita dan hedon berubah jadi pertemanan sehat.

Baca juga: Solusi Mengatasi Masalah Keuangan Pribadi

Itu dia cara mengatur keuangan yang efektif untuk pekerja kantoran. Terima kasih telah berkunjung di website kami, Gapura Office atau Virtual Officeku. Bagi Anda yang saat ini tengah menjalankan bisnis usaha rintisan atau Startup, dan sedang mencari Serviced Office, Virtual Office, ataupun Coworking Space, maka Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berlokasi di beberapa tempat strategis seperti di Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi, Gapura Office menawarkan fasilitas yang beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda untuk berkembang.

Tak hanya internet super cepat, namun banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member Gapura Office. Di antaranya adalah ruangan private ukuran 3×3 M dengan 2 meja dan 3 kursi, Listrik, Parkir, Papan Nama, ruangan meeting terbuka dan tertutup, line telephone, dan masih banyak lagi fasilitas yang Anda dapat.

Selain fasilitas yang ditawarkan di atas, Gapura Office juga memiliki lingkungan yang sangat kondusif dan tentunya dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal.

Lalu, mengapa Gapura Office layak untuk menjadi pilihan utama bagi perusahaan Anda?

Setidaknya, ada beberapa alasan mengapa Gapura Office menjadi pilihan yang cocok dan tepat bagi perusahaan Anda yang baru saja berdiri maupun yang sedang berkembang, yaitu :

1. Lokasi.

Kami memiliki lokasi yang sangat strategis dan mudah diakses dari berbagai penjuru Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi. Saat ini, kami memiliki 15 lokasi strategis. Dengan menjadi member kami, Anda pun dapat bekerja fleksibel di mana pun yang Anda inginkan. Karena Anda dapat bekerja sesuai dengan lokasi yang sedang Anda butuhkan saat ini.

2. Fasilitas.

Fasilitas yang kami tawarkan juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda berkembang. Tak hanya high speed internet yang memang sebagai fasilitas standar keberadaan Serviced Office, Virtual Office, dan Coworking Space, namun juga banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member kami.

3. Harga Terjangkau.

Soal biaya sewa, setiap jenis layanan sewa gedung kantor tentunya memiliki tarif sewa yang berbeda-beda. Namun umumnya tarif sewa Serviced Office, Virtual Office, ataupun Coworking Space di Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok, terbilang cukup terjangkau.

Misalnya, biaya sewa Serviced Office, Virtual Office, dan Coworking Space di Gapura Office, semua fasilitas dan benefit sudah bisa Anda rasakan mulai dari harga yang cukup terjangkau, dengan masa sewa 1 tahun yang bisa disesuaikan dengan paket yang bisa Anda pilih.

4. Lingkungan Kerja Yang Dapat Meningkatkan Produktifitas.

Selain fasilitas yang kami tawarkan di atas, kami juga memiliki lingkungan yang sangat kondusif dan tentunya dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal. Hal ini karena pada dasarnya kami memang memiliki visi untuk mendukung segala ekosistem Startup di Indonesia.

Dengan memiliki konsep yang cozy and fun, akan membuat siapapun yang bekerja di dalamnya akan merasa betah dan nyaman untuk bekerja. Kerja semakin produktif, dan networking pun juga akan semakin luas.

5. Pengalaman.

Sebagai penyedia layanan Serviced Office, Virtual Office, dan Coworking Space, kami juga sudah berpengalaman sebagai tempat bekerja bagi beberapa pegiat Startup sukses di Indonesia. Juga karena kami memang telah menjadi salah satu pionir di Indonesia. Jadi, tentunya kami memiliki keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan perusahaan lainnya.

Itu dia beberapa alasan yang menjadikan kami sebagai perusahaan penyedia layanan Serviced Office, Virtual Office, dan Coworking Space yang tepat dan cocok bagi Anda pegiat bisnis yang berada di wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan juga Depok.

Tak hanya cocok bagi pegiat Startup saja, namun juga sangat tepat untuk dijadikan pilihan sebagai tempat bekerja bagi para Freelancer, Digital nomad, Blogger, Investor, hingga berbagai macam Consultant.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan Serviced Office, Virtual Office, ataupun Coworking Space impian Anda sekarang juga hanya di Gapura Office!

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI. Dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda!

Apa pun jenis layanan perkantoran yang Anda pilih, masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Rencanakan dengan matang agar sesuai dengan pola dan kebutuhan bisnis Anda. So, start your business right bersama Gapura Office!

PT Garuda Perkasa Putra Angkasa (virtualofficeku.co.id) terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan SK Nomor AHU-0043399.AH.01.01.Tahun 2016
?>