Blog Post

Yang Perlu Anda Ketahui Saat Membuat PT Untuk Usaha Sendiri

Membuat PT Izin Usaha Tetap (IUT) Memiliki NIB Mendirikan PT

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Mendirikan perusahaan dalam bentuk PT memang lebih rumit jika dibandingkan dengan mendirikan sebuah CV. Sebab, pendirian sebuah usaha dalam bentuk PT ini mengharuskan para pemilik modal minimal harus menyetorkan modal ke kas perusahaan sebesar 25 persen dari total modal yang dicantumkan. Sehingga para pendiri perusahaan wajib memiliki dana segar yang siap dioperasikan untuk mendirikan usaha tersebut.

Selain itu, cara membuat PT juga lebih membutuhkan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan membuat CV. Ketika Anda akan mendirikan sebuah CV, waktu yang Anda perlukan tidak sampai 1 bulan hingga perusahaan Anda dianggap sudah legal.

Namun, berbeda dengan pembuatan PT, dimana Anda akan menghabiskan waktu hampir 1 bulan untuk bisa melegalkan perusahaan Anda.

Cara Membuat PT Yang Benar

Bagi Anda yang akan mendirikan usaha dalam bentuk PT, sebaiknya Anda tahu bagaimana tata cara pembuatan PT yang benar. Hal ini agar Anda bisa mempersiapkan dokumen dengan baik.

1. Modal Usaha

Bagi Anda yang akan mendirikan PT, tentu saja Anda wajib memiliki modal yang disetorkan. Jumlah modal yang disetorkan ini setidaknya berjumlah 25 persen dari total modal perusahaan yang Anda cantumkan.

Jumlah modal yang disetorkan ini akan mengamankan perkembangan bisnis di hari yang akan datang.

Namun, kebanyakan para pengusaha ini agak sedikit mengabaikan tentang jumlah modal yang harus disetorkan. Besaran modal yang wajib disetor ini sangat bergantung dengan besar atau kecilnya skala perusahaan.

2. Surat Domisili Usaha

Surat domisili usaha ini tentu saja sangat wajib dipenuhi untuk menunjukkan di manakah perusahaan akan berdiri. Tentu saja dengan adanya domisili usaha yang jelas ini akan mempermudah bagi pemerintah untuk melakukan pembinaan untuk pengembangan usaha agar lebih maju.

Sehingga, dengan keberadaan surat keterangan domisili ini akan mempermudah bagi Anda yang ingin mendapatkan persyaratan lainnya.

Cara mendapatkan surat keterangan domisili juga tidak sulit. Anda hanya perlu mendatangi RT/RW setempat untuk mendata perusahaan Anda.

3. Akta Pengesahan Notaris

Cara membuat PT yang baik selanjutnya adalah pengesahan ke Notaris. Ketika Anda datang ke Notaris, maka pada tanggal itulah perusahaan Anda dilahirkan.

Akta Notaris ini memang wajib ketika akan mendirikan sebuah PT. Sebab, Akta Notaris ini merupakan syarat mutlak yang menandakan tanggal berdirinya perusahan Anda.

Selain itu, Akta Notaris ini juga akan diperlukan suatu saat jika Anda ingin mengembangkan usaha Anda melalui pendanaan pihak ketiga. Tentu saja dengan kekuatan Akta Notaris ini akan semakin memperkuat posisi tawar perusahaan Anda pada masa yang akan datang.

Syarat tersebut wajib ada ketika Anda akan mendirikan sebuah PT. Syarat-syarat tersebut wajib dipenuhi ketika Anda ingin mendirikan sebuah PT.

Cara membuat PT tersebut memang bisa dikatakan cukup rumit. Namun, Anda bisa mengurusnya sendiri maupun dengan menggunakan biro jasa untuk membantu Anda, seperti Gapura Office atau Virtual Officeku.

Silahkan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Dengan senang hati kami akan melayani Anda.

Jika Anda ingin mengurus sendiri, maka Anda wajib mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut dengan lengkap, sehingga Anda tidak perlu bolak-balik ke dinas terkait untuk melakukan pengurusan Izin Usaha. Sebab, dokumen Anda sebenarnya sudah lengkap.

Sehingga, bagi Anda yang akan mendirikan PT, maka wajib Anda lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan agar menghemat waktu Anda untuk mengurus izin operasional usaha Anda sembari mulai menjalankan usaha Anda dengan baik dan efektif.