Blog Post

Ciri-Ciri Perusahaan Yang Bertahan Lama

perusahaan Karyawan Coworking Space

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Memulai usaha sebenarnya mudah. Hanya saja, mempertahankan agar bisa menjadi perusahaan jangka panjang adalah upaya yang sangat sulit. Dalam perjalanan menuju kesuksesan bisnis, Anda akan menemui banyak tantangan yang bisa menjadi pendorong untuk maju atau justru malah menjatuhkan bisnis Anda.

Untuk itu, agar bisa membangun perusahaan dalam jangka panjang, Anda perlu mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan terburuk sebelum memulai.

Saat ini, sebagian perusahaan yang mampu bertahan, bahkan di tengah pandemi sekalipun, memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Tak Hanya Finansial, Namun Juga Berdampak Sosial

Dalam buku ‘Built to Last’, perusahaan yang bertahan hingga lebih dari 50 tahun memiliki visi yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Perusahaan-perusahaan tersebut memiliki komitmen mendalam untuk menjadikan diri mereka memiliki peran penting dalam lingkup sosial.

Sebagai contoh, perusahaan The Walt Disney banyak menerapkan program sosial sembari menjalankan bisnisnya. Mereka sering memberikan tiket gratis pada komunitas-komunitas yang menjadi sukarelawan dalam gerakan sosial.

Di tahun 1995, perusahaan ini juga membentuk ‘The Disney Worldwide Conservation Fund’ untuk mendukung organisasi non-profit dunia dalam melestarikan satwa liar.

Anda bisa menjadikan visi ini sebagai dasar saat akan membangun perusahaan. Dibandingkan dengan fokus pada meraup keuntungan, perusahaan Anda memiliki peluang lebih besar untuk bertahan dengan berfokus pada masyarakat.

2. Memiliki Kemampuan Beradaptasi Pada Perubahan

Ketika menjalankan bisnis, sebuah perusahaan sangat mungkin dihadapkan pada masalah yang menuntut mereka untuk melakukan perubahan. Perusahaan yang bisa bertahan lama adalah perusahaan yang bisa merencanakan tindakan cadangan untuk menghadapi krisis.

Dengan kata lain, Anda bisa membangun perusahaan yang sukses jika Anda memiliki kemampuan adaptasi yang baik.

3. Memiliki Daya Tahan

Bisnis yang bisa bertahan adalah bisnis yang memiliki daya tahan kuat. Dengan kata lain, produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut terus dibutuhkan atau dicari oleh masyarakat. Karena tingkat kebutuhan terhadap produk yang tinggi, perusahaan tersebut akan menjadi perusahaan dengan daya tahan kuat, terlebih saat menghadapi masalah.

Sebagai contoh, perusahaan Unilever menjadi salah satu perusahaan yang memiliki ciri ini. Unilever bergerak di industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG), yang menyediakan produk-produk kebutuhan dasar manusia. Sehingga produk tersebut cukup banyak dibutuhkan oleh masyarakat dan bisa bertahan hingga saat ini.

Nah, jika Anda tertarik ingin menjadi pengusaha dan memiliki perusahaan sendiri, namun Anda merasa kesulitan untuk mengurus semua itu, maka Gapura Office dapat menjadi pilihan utama Anda.

Anda dapat menggunakan jasa pendirian perusahaan (PT) dari Gapura Office. Jadi, jika Anda tertarik, Anda bisa langsung Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.