Blog Post

Tips Membangun Bisnis Startup Yang Sukses

Startup Terbaik Bisnis Startup

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Potensi yang menjanjikan dari bisnis startup memang kian populer di kalangan para entrepreneur muda. Bahkan tidak sedikit dari mereka berani mengambil resiko untuk membangun bisnis ini tanpa memahami cara membuat startup dan tidak tahu harus memulai dari mana. Padahal, banyak dari kalangan pebisnis startup yang gagal setelah 10 tahun berjalan.

Faktor yang paling sering menjadi penyebab banyaknya dari kalangan pebisnis startup gagal adalah kesalahan dalam merancang model bisnis, marketing yang keliru, masalah produk, hingga kehabisan dana.

Nah, agar bisnis startup Anda tidak mengalami hal serupa, di bawah ini adalah tips yang perlu Anda pahami sebelum memulai bisnis startup.

1. Merancang Model Bisnis

Sejatinya, cara membuat startup itu mudah, asalkan dengan satu premis utama bahwa startup yang akan Anda kembangkan adalah sebuah bisnis rintisan yang mampu memberikan solusi dari masalah yang ada pada masyarakat. Atau, jika produk serupa sudah ada di tempat lain namun kurang memberi solusi.

Mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat, dan masalah-masalah baru yang juga akan muncul, maka di sinilah peran startup hadir, dengan membantu memberikan alternatif baru untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Untuk itu, Anda bisa memulai memikirkan konsep startup Anda dari apa yang Anda rasa sebagai ‘masalah’ dan butuh diselesaikan dengan bantuan teknologi.

2. Merekrut CO-Founder Yang Tepat

Setelah memiliki ide, carilah seseorang untuk membangun startup bersama Anda. Hal ini sangat penting di fase awal membangun sebuah startup, karena Anda tidak dapat menjalankan startup sendirian.

Anda bisa mencari seorang CO-Founder dari lingkungan terdekat Anda, baik itu dari teman dekat yang sudah Anda kenal atau seseorang yang Anda temui di sebuah event startup.

3. Mengembangkan Produk Yang Dibuat

Langkah selanjutnya adalah mengembangkan produk yang ingin Anda buat. Pengembangan produk ini meliputi bagaimana produk Anda bisa memberi manfaat bagi masyarakat atau bagaimana layanan purna-jual diberikan.

Selain itu, juga bagaimana produk Anda mampu bertahan ketika produk serupa dari pesaing hadir. Juga bagaimana produk ini bisa memberikan peluang baru ke depannya.

4. Menaksir Harga dan Memperkenalkan Produk

Pada dasarnya, didirikannya sebuah startup bertujuan untuk menghasilkan profit. Oleh sebab itu, tentu akan ada beberapa pot dana yang harus Anda sediakan atau diproyeksikan akan didapatkan dari produk tersebut.

5. Mintalah Feedback Dari Konsumen

Dalam membangun startup, tentu tidak bisa lepas dari feedback user. Sebab, Anda harus terus memahami apa yang dibutuhkan oleh audience Anda.

Dengan cara ini, Anda akan terus membangun startup Anda dengan customer–oriented yang memiliki kesempatan besar untuk memiliki customer yang loyal terhadap startup Anda.

6. Membangun Relasi dan Berkolaborasi

Untuk terus bisa survive dan sustainable, Anda membutuhkan relasi dengan cara terus mengembangkan networking Anda. Salah satu cara untuk memperluas networking adalah bertemu dengan banyak relasi dari berbagai latar belakang profesi. Mulai dari founder startup, programmer, freelancer, hingga investor.

Dengan relasi yang luas, Anda akan memiliki banyak opsi untuk berkolaborasi dengan pihak lain untuk menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang merintis usaha atau startup, dan sedang mencari Virtual Office atau Coworking Space dengan harga terjangkau serta lingkungan yang kondusif dan dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung usaha Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office impian Anda sekarang juga, dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.