Blog Post

Jenis-Jenis Spare Part Mobil Yang Perlu Diketahui

spare-part mobil

GAPURA OTOPART – Hai sobat Gapura! Bagi pemilik mobil, keberadaan spare-part atau suku cadang membuat perasaan menjadi lebih tenang. Barang tersebut memang tersedia sebagai cadangan bila sewaktu-waktu part bawaan pabrik perlu diganti.

Tak hanya itu saja, spare-part juga punya manfaat lain. Mulai dari meningkatkan penampilan kendaraan hingga meningkatkan keselamatan dan keamanan berkendara.

Di pasaran ada banyak sekali jenis spare-part mobil yang ditawarkan. Dari yang murah hingga yang harganya mahal. Hal ini tentu saja menguntungkan pengguna, karena memberi banyak pilihan.

Namun, Anda juga harus berhati-hati jangan sampai salah memilih hingga mendapatkan barang berkualitas rendah.

Jenis-jenis Spare part Mobil

1. Original Equipment Manufacturer (OEM).

Original Equipment Manufacturer atau OEM lebih dikenal sebagai spare-part ori. Spare-part jenis ini diproduksi pihak manufaktur kendaraan atau pihak lain yang ditunjuk.

Dari sisi kualitas, spare-part ori sangat bagus karena harus sesuai standar manufaktur. Dan karena itu harganya juga paling mahal dibanding yang lain.

Spare-part ori meski lebih banyak digunakan di jaringan bengkel resmi agen pemegang merek (APM), kini juga dipasarkan di toko-toko perlengkapan mobil. Pabrikan sendiri menyarankan agar konsumen menggunakan spare-part ori karena kualitasnya yang terjamin.

2. Aftermarket.

Spare-part jenis Aftermarket tidak diproduksi oleh manufaktur mobil atau pihak yang ditunjuk, melainkan diproduksi oleh produsen onderdil umum berlisensi. Sedangkan untuk jenis barangnya lebih beragam dibanding spare-part OEM. Hal ini karena spare-part aftermarket tidak terikat dengan manufaktur, sehingga bebas dikreasi sesuai kehendak produsen.

Spare-part aftermarket biasa digunakan untuk keperluan kustom, modifikasi, dan yang lain.

Dari sisi kualitas, spare-part aftermarket sangat bagus, bahkan ada yang lebih bagus dibanding spare-part OEM. Hal ini karena mereka harus bersaing dengan spare-part OEM yang kualitasnya tidak diragukan.

3. Tiruan (KW).

Sesuai namanya, spare-part tiruan atau KW adalah spare-part yang dibuat nyaris “sama” dengan OEM. Yang berbeda adalah kualitas karena pembuatan spare-part KW tidak mengikuti aturan standar pabrik. Hal ini dimaksud untuk menekan harga sehingga bisa dijual lebih murah.

Dari ketiga jenis spare-part di atas, spare-part KW tidak direkomendasikan oleh manufaktur mengingat beragam resiko yang mungkin timbul.

Membeli spare-part palsu tentunya dapat merugikan konsumen. Tidak hanya mengeluarkan uang yang percuma, namun penggunaan spare-part palsu juga dapat merusak bagian mobil lainnya.

Di sisi lain, penggunaan spare-part palsu juga dapat membahayakan penggunanya karena tidak tahu berapa besar angka tingkat durabilitas yang dimiliki.

Nah, jika saat ini Anda ingin membeli spare-part mobil yang asli, atau ingin meng-upgrade media hiburan di mobil kesayangan Anda, misalnya audio mobil, maka Anda dapat membelinya di Gapura Sentra Otopart.

Di Gapura Sentra Otopart terdapat banyak pilihan spare-part mobil yang bisa membuat kendaraan Anda tampil lebih keren dan berkualitas dari sebelumnya.

Anda bisa menghubungi tim Marketing kami DI SINI sebagai solusi terbaik yang legal dan tepat untuk mendapatkan spare-part mobil yang asli.

Soal kualitas, jangan pernah khawatir! Perusahaan kami telah didukung dengan tenaga ahli yang berpengalaman dan tentunya juga profesional. Anda akan mendapatkan pelayanan yang sangat memuaskan dan terjamin kualitasnya.

Silahkan hubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi tentang dunia otomotif dan promo-promo menarik lainnya yang kami tawarkan, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda dengan cepat dan berpengalaman.

PT Garuda Perkasa Putra Angkasa (virtualofficeku.co.id) terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan SK Nomor AHU-0043399.AH.01.01.Tahun 2016
?>