Blog Post

Kenali Perbedaan PT Kecil, Menengah, dan Besar

PT Kecil, PT Menengah, dan PT Besar

GAPURA OFFICE – Hai sobat Gapura! Ada berbagai macam PT yang bergerak di berbagai bidang usaha. Di Indonesia sendiri PT diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yakni PT Kecil, PT Menengah, dan PT Besar. Perbedaan klasifikasi ini tertera di dalam Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

Perbedaan klasifikasi ini bermanfaat untuk para pelaku usaha agar dapat menentukan jangkauan akses bisnis mereka. Penentuan ukuran perusahaan menjadi penting untuk kepentingan tender dalam sebuah proyek.

Tak hanya perihal perbedaan jumlah modal setor yang jadi pembeda antara ketiga jenis PT ini saja, namun ada pula perbedaan lainnya dari PT Kecil, Menengah, dan Besar di Indonesia. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

Perbedaan PT Kecil, Menengah, dan Besar

1. Modal Setoran.

Di Indonesia, klasifikasi ukuran PT disesuaikan dengan besar modal setoran yang diberikan ke bank. Perbedaan antara jenis-jenis PT ini adalah modal setornya.

  • PT Kecil, modal setorannya lebih dari Rp 50.000.000.
  • PT Menengah, modal setorannya lebih dari Rp 500.000.000.
  • PT Besar, modal setorannya mencapai lebih dari Rp 10.000.000.000.

Dari modal dasar tersebut, minimal 25 persen sudah ditempatkan dan disetor oleh para pendiri Perseroan selaku pemegang saham perseroan.

2. Jumlah Karyawan.

Perbedaan selanjutnya terletak pada jumlah karyawan. Untuk menekan biaya operasional seminimal mungkin, maka jumlah karyawan pada PT Kecil mungkin bisa dihitung dengan menggunakan jari. Sedangkan pada PT Menengah jumlah karyawannya lebih banyak, bisa mencapai 20 hingga 50 orang untuk setiap cabangnya.

Hal tersebut karena struktur organisasi perusahaan Menengah memang lebih kompleks, dan masing-masing karyawan bertanggung jawab akan fungsi dan jobdesc.

Untuk PT Besar, jumlah karyawannya bisa mencapai ratusan atau bahkan ribuan. Selain karyawan di kantor, terdapat pula karyawan yang bertugas di lapangan.

3. Fasilitas.

Fasilitas yang dimiliki PT tentunya berbeda-beda, tergantung pada jenis usaha yang dijalankan. Misalnya, untuk PT Kecil yang bergerak di bidang penjualan, kemungkinan fasilitas yang dimiliki hanya sebuah toko serta rak-rak display produk.

Sedangkan untuk PT Menengah, penyediaan fasilitasnya lebih lengkap untuk mengakomodir jumlah karyawan yang lebih banyak.

Hal ini juga berlaku untuk PT Besar, dimana  fasilitas yang dimilikinya lebih banyak dan lebih canggih. Pabrik pabrik besar tentu memiliki jumlah fasilitas yang melimpah. Mulai dari mesin produksi, mesin packing, hingga mobil-mobil perusahaan yang mendistribusikan produk ke areal pemasaran.

4. Omzet.

Dalam dunia bisnis, pendapatan adalah jumlah uang yang diterima oleh perusahaan. Kebanyakan dari penjualan produk maupun jasa kepada pelanggan. Bagi investor, pendapatan kurang penting dibanding keuntungan, yang merupakan jumlah uang yang diterima setelah dikurangi pengeluaran.

  • PT Kecil, omzet hanya berada pada kisaran Rp 300.000.000 hingga Rp 2.500.000.000 per tahun.
  • PT Menengah, omzet yang diperoleh antara Rp 2.500.000.000 hingga Rp 500.000.000.000 per tahun.
  • PT Besar, omzet per tahun yang bisa diperoleh senilai dengan dua kali lipat dari perolehan omzet perusahaan Kecil dan Menengah.

5. Jumlah Aset.

Aset digunakan oleh sebuah perusahaan untuk menjalankan segala kegiatan produksi dan operasionalnya. Aset tersebut harus dapat diukur dengan neraca satuan mata uang. Sehingga apabila aset tersebut berbentuk persediaan barang, maka barang tersebut harus dinominalkan dalam bentuk Rupiah.

  • PT Kecil, memiliki aset sebesar Rp 100.000.000 hingga Rp 200.000.000.
  • PT Menengah, aset yang dimiliki antara Rp 500.000.000 hingga Rp 10.000.000.000.
  • PT Besar, aset yang dimiliki berkisar antara Rp 15.000.000.000 ataupun lebih.

6. Kepengurusan PT.

Terakhir, perbedaan dari PT Kecil, PT Menengah, dan PT Besar terdapat pada Struktur Kepengurusan atau orang-orang yang berwenang dalam pengelolaan PT tersebut.

  • Untuk PT Kecil, umumnya dipimpin serta dikelola sendiri oleh pemiliknya. Struktur organisasinya masih sangat sederhana dan sumber daya manusia yang terlibat di dalamnya juga sedikit.
  • Untuk PT Menengah dan PT Besar, umumnya dipimpin oleh seorang profesional yang bertindak sebagai manajerNamun, manajer di sini bukanlah pemilik dari perusahaan tersebut, melainkan seseorang yang ditunjuk oleh pemilik PT untuk menjalankan perusahaan. Dan dalam PT Besar, struktur organisasinya pun jauh lebih kompleks.

Baca juga: Kriteria Dalam Memilih Biro Jasa Perizinan PT Murah dan Terpercaya

Itulah perbedaan dari PT Kecil, PT Menengah, dan PT Besar di Indonesia. Gapura Office atau Virtual Officeku menyediakan Jasa Pendirian PT Kecil, PT Menengah, dan PT Besar, lengkap dengan berbagai pilihan harga sesuai kebutuhan Anda.

Di Gapura Office, Anda bisa Mendirikan PT Kecil, PT Menengah, dan PT Besar dengan mudah, cepat, transparan, dan pastinya dengan harga yang terjangkau. Karena perusahaan kami telah didukung oleh tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional.

Adapun keunggulan dari perusahaan kami adalah perizinan yang tidak sulit, Izin Usaha yang lengkap, mudahnya mendapatkan perizinan, dan Konsultasi hukum dari orang-orang yang ahli.

Semua pelayanan tersebut bisa Anda dapatkan dalam satu paket biaya Jasa Pendirian PT. Harga ini sudah meliputi Akta Perseroan, SK KEMENKUMHAM, NPWP, SKDU, SIUP, dan juga TDP. Sangat terjangkau, bukan?

Biaya Mendirikan PT Kecil, PT Menengah, dan PT Besar di Gapura Office memang lebih murah jika dibandingkan di tempat lain. Tersedianya paket ini untuk menjawab kebutuhan Anda sebagai pengusaha atau pebisnis untuk dapat memiliki badan usaha yang sesuai dan juga mudah. Selain itu, optimasi pengerjaannya juga sangat cepat, yakni 30 hari.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu lagi! Karena kami telah didukung oleh sumber daya yang berpengalaman dan profesional dalam mengurus berbagai dokumen penting yang dibutuhkan untuk Mendirikan PT Kecil, PT Menengah, dan PT Besar.

Selain itu, kami juga sudah mengantongi Izin Resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha, karena kami terbukti memiliki sederet notaris profesional yang siap membantu Anda mengurus segala dokumen dan perizinan dengan mudah dan cepat.

Ditambah lagi dengan dukungan staff yang ahli dan mumpuni di bidangnya masing-masing. Maka tak heran bila perusahaan kami telah dikenal sebagai perusahaan Jasa Perizinan Usaha paling handal di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat

Untuk mendapatkan layanan jasa dari kami di sini, cukup mudah. Anda tidak perlu datang ke kantor kami, Anda cukup menghubungi tim Marketing kami DI SINI dan konsultasi langsung pada kami via online untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar biaya dan layanan pembuatan badan usaha serta perizinannya.

Kami menyediakan Konsultasi GRATIS bagi orang-orang yang ingin mengurus Izin Usaha menggunakan jasa kami. Dengan konsultasi ini, diharapkan dapat membantu Anda yang ingin menggunakan jasa kami.

Jangan ragu menggunakan Biro Jasa kami, karena perusahaan kami adalah Biro Jasa Perizinan Usaha yang terpercaya dan profesional.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman!

Tulis kebutuhan anda saat ini, kami akan membantu anda secepat mungkin

PT Garuda Perkasa Putra Angkasa (virtualofficeku.co.id) terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan SK Nomor AHU-0043399.AH.01.01.Tahun 2016
?>