Blog Post

Keuntungan Mendirikan PT PMA di Indonesia

PT PMA Memilih Kantor

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! PT PMA atau Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing adalah perusahaan asing yang didirikan di Indonesia oleh investor asing. Umumnya, orang asing memanfaatkan PT PMA ini untuk menjalankan kegiatan bisnis di Indonesia. Karena PT PMA ini merupakan salah satu bentuk badan usaha paling umum yang banyak dijumpai dan juga memungkinkan kepemilikan saham hingga 100 persen.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas fakta-fakta dan keuntungan-keuntungan yang perlu Anda ketahui untuk memulai pendirian PT PMA di Indonesia.

Keuntungan Mendirikan PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing)

PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing) sendiri menawarkan banyak keuntungan bagi orang asing yang ingin memulai bisnisnya di Indonesia. Inilah mengapa banyak sekali pengusaha dari berbagai belahan dunia yang ingin berbisnis di Indonesia. Di antaranya adalah :

1. Kemudahan Pengajuan dan Pendapatan Izin.

Izin Usaha dan Izin Operasional serta Komersial tertentu wajib diperoleh untuk dapat menajalankan PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing).

Dibandingkan jenis badan usaha lain, PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing) memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan izin dengan lebih mudah tanpa harus mengeluarkan banyak sumber daya dan meluangkan banyak waktu.

2. Pajak dan Bea Impor Yang Rendah.

Seringkali, PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing) di Indonesia perlu mengimpor bahan atau produk dari luar negeri untuk mengoperasikan bisnis. Pajak dan Bea berlaku untuk barang yang di impor masuk Indonesia.

Namun, berdasarkan peraturan yang berlaku, PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing) dapat menikmati tarif Pajak dan Bea impor yang lebih rendah.

3. Sponsor Untuk Karyawan Asing.

Untuk posisi yang membutuhkan keahlian khusus, PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing) mungkin perlu mempekerjakan tenaga profesional asing.

Kabar baiknya, PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing) dapat memberikan sponsor kepada sejumlah staf asing yang harus terlebih dahulu memenuhi kriteria dan kualifikasi tertentu.

Fakta-Fakta Penting Tentang Pendirian PT PMA di Indonesia

Meski ada beragam hal untuk dipertimbangkan saat mendirikan PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing), namun Anda harus memberikan perhatian khusus terhadap beberapa fakta penting berikut ini. Di antaranya adalah :

1. Pemegang Saham, Direktur, dan Komisaris.

Sesuai peraturan perusahaan, setiap PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing) wajib memiliki minimum dua pemegang saham, satu (1) Direktur dan satu (1) Komisaris. Individu atau badan usaha asing maupun lokal dapat menjadi pemegang saham PT PMA.

Selain itu, Komisaris dan Direktur juga diizinkan menjadi pemegang saham PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing) ini.Namun, setidaknya satu dari pemegang saham PT PMA harus individu atau badan usaha asing.

Jika PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing) memiliki lebih dari satu Komisaris, maka salah satunya harus dipilih sebagai Komisaris Presiden yang bertanggung jawab akan Dewan Komisaris.

Dewan Komisaris sendiri mengawasi Dewan Direksi. Dan orang yang bertanggung jawab mengelola perusahaan adalah Direktur, bukan Komisaris.

Sementara itu, Direktur PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing) juga diizinkan mewakili perusahaan, menandatangani perjanjian dengan pihak ketiga, dan menangani dokumen pajak.

2. Saham PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing).

Investor asing dapat memiliki hingga 100 persen saham di PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing). Jumlah saham pastinya yang dapat dimiliki dapat ditemukan di Daftar Negatif Investasi.

Satu hal untuk diingat, yaitu bahwa sebagian industri atau sektor usaha tidak terbuka atau hanya terbuka sebagian untuk investasi asing.

3. Nilai Modal Disetor Awal dan Investasi Minimum.

Modal investasi minimum untuk memulai PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing) adalah Rp 10 miliar untuk semua sektor usaha. Dan modal disetor awal minimum, yaitu sebesar 25 persen dari modal investasi minimum.

Namun, nilai ini tidak termasuk bangunan dan tanah PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing).

Bagaimana GAPURA Dapat Membantu Anda?

Terkait dengan sulitnya memahami persyaratan hukum dan proses pendirian PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing), maka Gapura Office atau Virtual Officeku memiliki pemahaman penuh akan peraturan terkait.

Para ahli kami siap membantu pendirian PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing) di berbagai wilayah di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Melalui jaringan internasional kami, Gapura Office menawarkan solusi terkustomisasi yang digabungkan dengan pengetahuan lokal untuk mempercepat dan mempermudah inkorporasi PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing).

Silahkan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat