Blog Post
Langkah-Langkah Menyiapkan Dana Darurat
GAPURA OFFICE – Hai sobat Gapura! Siapa sih yang tidak senang mendapatkan gaji di setiap bulan? Meski begitu, tidak sedikit pula ada yang merasakan senang hanya dalam sekejap saja. Apakah Anda jadi salah satu orang yang merasa gajinya hanya ‘numpang lewat’ saja?
Nah, daripada uang Anda habis untuk hal-hal yang tidak penting, lebih baik Anda mengalokasikan sebagian gaji menjadi dana darurat. Karena beberapa individu cenderung lebih boros ketika memiliki banyak uang.
Untuk itu, cobalah untuk lebih berhemat gaji, dan mulailah untuk menyiapkan dana darurat. Dan sebagai awal, mari ketahui mengenai apa itu Dana Darurat.
Pengertian Dana Darurat
Sesuai namanya, dana darurat diperuntukan sebagai emergency fund, yaitu dana yang dipersiapkan untuk keadaan darurat seperti namanya dan sangat penting. Dana ini dipersiapkan untuk keperluan-keperluan tertentu yang sifatnya sangat mendesak.
Dana darurat ini bisa digunakan untuk dana perbaikan aset pribadi. Jadi, ada baiknya setiap individu memiliki dana darurat ini. Karena Anda tidak bisa memprediksi masa depan yang tak terduga, dan bisa kapan saja membutuhkan sejumlah dana.
Misalnya, tiba-tiba mobil Anda mogok, dan Anda bisa menggunakan dana darurat untuk membayar kerusakannya. Atau ketika laptop untuk bekerja mengalami kerusakan yang mengharuskan diganti baru atau diperbaiki.
Dana darurat memiliki fungsi sebagai dana utama yang biasanya harus membayar di awal. Hal ini tentunya berbeda dengan tabungan, yang memang ditujukan untuk membeli sesuatu atau berinvestasi. Adapun dana darurat menjadi ‘tabungan’ yang hanya bisa digunakan jika ada keperluan mendesak.
Langkah-Langkah Menyiapkan Dana Darurat
Nah, di bawah ini ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menyiapkan dana darurat. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti, yaitu :
1. Buat Laporan Keuangan Tiap Bulan.
Inilah langkah pertama yang harus Anda lakukan, karena mencatat semua pemasukan dan pengeluaran di setiap bulan adalah cara untuk mengetahui jumlah dana yang bisa dialokasikan untuk dana darurat setiap bulannya.
Ketika mendapatkan gaji setiap bulannya, Anda harus memisahkan pengeluaran-pengeluaran rutin yang harus dibayar terlebih dulu.
Misalnya, bayar kostan, bayar cicilan, hingga bayar kartu kredit. Lalu pisahkan sebagian untuk beli pulsa atau bensin bagi yang membawa kendaraan.
Sebagai awal, Anda dapat menggunakan sisa uang setelah pembayaran untuk kehidupan sehari-hari. Tapi ingat, menabung untuk dana darurat jangan sampai membuat Anda menyiksa diri setiap bulannya.
2. Mulai Siapkan Dana Darurat.
Dana darurat tidak melulu harus berbentuk uang. Meski memang menyimpan dana darurat dalam tabungan (di luar tabungan gaji) atau berbentuk deposito akan jauh lebih mudah untuk dijangkau dan tidak ada resiko apapun.
Namun, jika ingin mempersiapkan dana darurat dalam bentuk lain, Anda bisa mencoba dengan investasi emas. Investasi ini sangat minim resiko, karena bisa dipastikan nilai harga emas akan terus meningkat di setiap tahunnya.
Selain itu, Anda juga bisa mencoba peruntungan pada investasi Reksa Dana. Investasi yang satu ini memang sedang menjadi tren di kalangan millenial. Selain memang bisa ditemukan pada berbagai platform e-commerce, modal yang Anda butuhkan pun tidak terlalu banyak.
Namun, ada baiknya untuk memiliki dana darurat berbentuk uang sebagai modal awal.
3. Kaji Ulang Perhitungan Secara Berkala.
Sudah menentukan jumlah dana darurat bukan berarti tugas Anda selesai. Anda juga harus mengkaji ulang perhitungan tersebut secara berkala. Mengapa? Karena Anda harus memperhatikan tingkat inflasi.
Terjadinya inflasi terkadang membuat jumlah pengeluaran bulanan menjadi meningkat. Selain itu, dibutuhkan pula konsistensi dalam mempersiapkan dana darurat. Jangan tergerak mengambil atau menggunakannya untuk keperluan yang tidak mendesak.
Bagaimana, apakah Anda berminat untuk mulai siapkan dana darurat setelah gajian bulan ini?
Demikianlah informasi seputar Dana Darurat dan Fungsinya. Terimakasih telah berkunjung ke website kami, Gapura Office atau Virtual Officeku. Kami hadir sebagai salah satu Biro Jasa dalam kepengurusan berbagai dokumen perizinan usaha, legalitas perusahaan, dan jasa pembuatan PT maupun CV.
Sudah sejak lama kami dipercaya banyak klien untuk membantu berjalannya setiap proses bisnis. Sehingga, sampai saat ini kami telah menjadi Biro Jasa hukum dan legal yang sudah berpengalaman di bidangnya.
Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan Biro Jasa kami, diantaranya adalah :
1. Berpengalaman dan Terpercaya.
Notaris berpengalaman sejak lama. Kami juga telah banyak memberikan pelayanan kepada klien. Kami sangat menghargai kepercayaan customer dan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik.
2. Izin Lengkap.
Kami menjamin segala perizinan bisnis Anda, komplit, serta dijamin keabsahannya. Dan juga segala dokumen pendukung lainnya yang dibutuhkan.
3. Tim Profesional.
Layanan yang ada pada kami telah didukung oleh tim profesional dan spesialis di bidangnya masing-masing.
4. Biaya Murah.
Anda bisa memperoleh harga termurah di antara Biro Jasa Perizinan Usaha lainnya yang berada di Jakarta ataupun sekitarnya. Tentang tarif pembuatan PT, CV, ataupun perizinan usaha lainnya.
5. Tidak Ribet.
Di Gapura Office, pengerjaannya tidak ribet dan sesuai waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Karena kami memiliki layanan support dengan jumlah yang mencukupi untuk memberikan pelayanan optimal.
Nah, bagi Anda yang saat ini tengah membutuhkan Biro Jasa Pembuatan Perizinan PT, CV, atau jenis perizinan usaha lainnya, jangan ragu untuk menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lebih lengkap serta konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.
Dan dapatkan pula layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional dari kami.
Pastikan legalitas Perusahaan Anda sekarang juga. Caranya, Anda dapat menggunakan Biro Jasa dalam kepengurusan berbagai dokumen perizinan, legalitas perusahaan, dan jasa pembuatan PT maupun CV seperti di Gapura Office untuk mendapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional.
Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!