Blog Post

Manajer Keuangan, Sesuatu Yang Harus Ada

Manajer Keuangan Pribadi Platform P2P Lending

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Uang bukanlah segalanya di dunia, tetapi untuk mendapatkan segalanya di dunia membutuhkan uang. Begitulah opini dari beberapa orang tentang benda paling populer yang menjadi salah satu media utama dalam transaksi jual beli saat ini.

Memang, tidak bisa dipungkiri bila memilki uang banyak cenderung lebih berkuasa. Berkuasanya uang di dunia ini memberikan dampak yang besar bagi kehidupan umat manusia.

Untuk itu, sebagai pengguna uang, kita harus dapat memaksimalkan fungsi alat tukar tersebut dengan baik. Karena bila tidak, kita sendiri yang akan menerima dampak buruk dari uang tersebut.

Manajer Keuangan, Sesuatu Yang Harus Ada

Pengelola keuangan, atau yang sering disebut manajer keuangan, saat ini sangat dibutuhkan di banyak tempat, terutama di perusahaan-perusahaan. Posisi manager keuangan wajib ada demi kelangsungan perusahaan.

Selain perusahaan, pengelola keuangan juga dibutuhkan di bidang politik dan kenegaraan.

Jadi, sangatlah jelas tugas mereka. Mengingat fungsi dari pemerintah negara adalah untuk menyejahterakan rakyat, dan pastinya untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan suatu sistem manajemen keuangan yang sempurna dalam mengerjakan tugasnya.

Termasuk fungsi pemerintah juga adalah memajukan dunia pendidikan di negaranya, dan juga memberi anggaran ke sejumlah daerah guna memenuhi kebutuhan warga penduduk daerah tersebut.

Proses Pengelolaan Keuangan

Tidak seperti bendahara kelas yang terkesan tugasnya hanya menyimpan dan mengumpulkan uang, manajemen keuangan memiliki polemik yang lebih kompleks., mulai dari perencanaan hingga evaluasi.

Setiap manajer harus membuat perencanaan keuangan instansi yang ia tangani. Perencanaan atau rancangan keuangan tersebut menggambarkan bayangan tentang proses perputaran uang di instansi tersebut, dalam selang waktu tertentu.

Misalnya, berapa dana yang dibutuhkan sebagai modal awal, berapa uang yang akan ditetapkan sebagai biaya bulanan dan berapa pula laba per-bulan, atau berapa dana yang dibutuhkan untuk memenuhi fasilitas pekerja dan kapan dana tersebut dapat diperoleh, diperlukan juga rancangan sumber dana.

Selain rencana keuangan, diperlukan pula strategi dalam mengelola uang. Strategi ini diperlukan agar proses perputaran uang di instansi tersebut tidak berhenti dan mengantisipasi kemungkinan terburuk terjadi.

Setelah persiapan sudah disiapkan dengan sangat matang, masuklah masa di mana manajer melakukan tugas utamanya, yakni me-manage pengelolaan keuangan instansi atau perusahaan tersebut.

Penggunaan uang harus dikontrol sebaik mungkin guna menghindari kemungkinan buruk terjadi di masa mendatang. Semua proses pengerjaan seorang manajer haruslah direkam. Biasanya, dilakukan dalam bentuk tulisan. Tulisan ini berisi laporan yang dalam selang waktu tertentu dilakukan evaluasi secara rutin mengenai regulasi uang di instansi tersebut.

Dari evaluasi tersebut, akan terlihat kinerja dari seorang manajer selama selang waktu tersebut. Dan dari evaluasi tersebut juga akan terlihat kekurangan apa yang terjadi selama ini, dan diharapkan tidak terulang lagi di masa mendatang.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang merintis usaha atau startup dan sedang mencari Virtual Office atau Coworking Space dengan lingkungan yang kondusif dan dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung usaha Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office impian Anda sekarang juga, dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.