Blog Post

Dihantam Corona, Harga Sewa Perkantoran Semakin Bersahabat

Sewa Perkantoran Laporan Keuangan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Sejak diterpa wabah Covid-19, banyak pemilik properti perkantoran yang berupaya untuk melindungi hubungannya dengan penyewa jangka panjang di tengah banyaknya pemilik properti yang berkompetisi agar semakin menarik.

Riset Cushman & Wakefield di Asia Pasifik menyebutkan bahwa di masa seperti ini, pasar justru akan lebih bersahabat dengan para pengisi properti. Posisi tawar calon tenant akan lebih tinggi demi membuat properti terisi.

Pertumbuhan sewa kantor Grade A di pusat bisnis diperkirakan masih akan bergerak mendatar dalam waktu dekat lantaran adanya wabah Covid-19 yang mengganggu rantai pasokan di seluruh sektor dan di seluruh dunia.

Kecepatan respons pemerintah atas kondisi wabah Covid-19 ini bakal menjadi pertimbangan perusahaan untuk memutuskan menyewa perkantoran. Kebijakan yang diambil dan insentif yang diberikan akan memberikan sentimen positif kepada pasar.

“Wabah virus ini memang akan menghentikan sementara seluruh industri, tapi ada kepercayaan diri bahwa banyak perusahaan besar yang akan melanjutkan rencana pengembangan bisnisnya setelah virus ini lewat.”, ungkap Mark Lampard, Head of Regional Tenant Representation Cushman & Wakefield Asia Pasifik melalui keterangan tertulis, Selasa.

Dengan demikian, hingga virus ini teratasi, pada pemilik properti dan operator Coworking Space harus bersedia memberikan kesempatan terlebih dulu untuk para perusahaan yang menyewa jangka pendek agar ruang yang ada tetap terisi sampai beberapa bulan ke depan.

Beberapa penyedia Virtual Office, Coworking Space, dan Service Office seperti Gapura Office juga fokus pada penawaran opsi yang lebih ekonomis dan masuk di budget para startup atau wirausahawan.

Tarif harian hingga bulanan pun bisa saja terjadi. Bahkan, jika ingin menyewa secara jangka panjang pun bisa. Jadi, semuanya tergantung pada kondisi keuangan Anda.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis atau startup, dan sedang mencari ketiga konsep penyewaan kantor di atas, bisa langsung Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

Di Singapura Permintaan Ruang Perkantoran Menurun

Sementara itu, di Singapura, permintaan ruang perkantoran juga sudah mengalami penurunan karena minimnya budget perusahaan untuk melakukan relokasi dan ekspansi.

Merujuk pada kondisi terkini, harga sewa perkantoran di Singapura diperkirakan baru bisa kembali naik setelah 2021.

“Hal ini karena Singapura sebetulnya masih menarik untuk dijadikan sebagai lokasi kantor pusat perusahaan besar. Permintaan sewa perkantoran diperkirakan akan muncul dari perusahaan keuangan, teknologi, dan perusahaan jasa profesional,” kata Mark Lampard.