Blog Post

Pilih Mana, Memulai Bisnis Baru atau Membeli Bisnis?

Pendirian PT Izin Usaha Membeli Bisnis

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Banyak orang berpikir untuk memulai bisnis dari awal, mengembangkan ide sendiri, dan membangun perusahaan dari bawah ke atas. Tetapi mulai dari awal menyajikan, ada beberapa kerugian yang berbeda, termasuk kesulitan membangun basis pelanggan, memasarkan bisnis baru, mempekerjakan karyawan dan membangun arus kas.

Jika Anda khawatir tentang kesulitan dalam memulai bisnis dari nol, Anda mungkin bisa memutuskan untuk membeli bisnis yang sudah ada. Ketika Anda membeli bisnis, Anda mengambil alih operasi yang sudah menghasilkan arus kas dan laba. Keuntungannya, Anda sudah memiliki basis pelanggan dan reputasi yang mapan serta karyawan yang akrab dengan semua aspek bisnis. Dan Anda tidak perlu lagi menyiapkan prosedur, sistem, dan kebijakan baru, karena formula yang sukses untuk menjalankan bisnis telah diberlakukan.

Para bankir dan investor juga umumnya merasa lebih nyaman berurusan dengan bisnis yang sudah memiliki rekam jejak yang terbukti. Selain itu, membeli bisnis dapat memberi Anda hak hukum yang berharga, seperti paten atau hak cipta, yang terbukti sangat menguntungkan.

Namun, pada sisi negatifnya, membeli bisnis seringkali lebih mahal daripada memulai dari awal. Dan jika Anda tidak berhati-hati, Anda bisa terjebak dengan inventaris usang, karyawan yang tidak kooperatif, atau metode distribusi yang ketinggalan zaman.

Membeli bisnis yang sempurna dimulai dengan memilih jenis bisnis yang tepat untuk Anda. Tempat terbaik untuk memulai adalah dengan mencari di industri yang Anda kenal dan pahami.

Pikirkan baik-baik tentang jenis bisnis yang Anda minati dan yang mana yang paling cocok dengan keahlian dan pengalaman Anda. Pertimbangkan juga ukuran bisnis yang Anda cari, dalam hal karyawan, jumlah lokasi, dan penjualan.

Selanjutnya, tentukan area geografis di mana Anda ingin memiliki bisnis. Menilai tenaga kerja dan biaya melakukan bisnis di area itu, termasuk upah dan pajak, untuk memastikan bahwa mereka dapat diterima oleh Anda.

Setelah Anda memilih wilayah dan industri untuk fokus, selidiki setiap bisnis di area yang memenuhi persyaratan Anda.

Ketika membeli bisnis yang sudah ada, Anda pasti ingin mengumpulkan tim akuisisi seperti bankir, akuntan, dan pengacara, untuk membantu Anda. Penasihat ini sangat penting untuk apa yang disebut “Due Diligence”, yang berarti meninjau dan memverifikasi semua informasi yang relevan tentang bisnis yang Anda pertimbangkan. Ketika due diligence selesai, Anda akan tahu apa yang Anda beli dan dari siapa.

Analisis awal dimulai dengan beberapa pertanyaan dasar. Mengapa bisnis ini dijual? Apa persepsi umum dari industri dan bisnis tertentu, dan apa prospek masa depan? Apakah bahan baku yang dibutuhkan dalam persediaan melimpah? Bagaimana lini produk atau layanan perusahaan berubah seiring waktu?

Berbicara soal bisnis, bagi Anda yang saat ini sedang merintis usaha atau startup dan sedang mencari Virtual Office atau Coworking Space dengan harga terjangkau serta lingkungan yang kondusif dan dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung usaha Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office impian Anda sekarang juga, dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.