Blog Post

Peran Perusahaan Agar Karyawan Dapat Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi

Mengatur Keuangan Mengapresiasi Kinerja Karyawan Pandemi

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Pandemi virus Corona atau Covid-19 telah beberapa bulan kita lalui. Banyak hal yang harus diubah, disesuaikan, bahkan harus diganti dengan prioritas yang lain. Hal yang cukup berat dialami oleh sebagian karyawan.

Beberapa perusahaan pun mengalami kesulitan finansial, sehingga ada penyesuaian yang juga harus dilakukan. Akibatnya, usaha para karyawan ini dalam mengatur keuangan harus ekstra keras, agar di masa sulit tetap bisa survive.

Hal ini secara tidak langsung bisa menjadi hal yang mengganggu pikiran para karyawan, sehingga bisa memengaruhi kinerja dan produktivitasnya dalam bekerja.

Nah, di sinilah pentingnya peran perusahaan untuk memberikan dukungan berupa penyelenggaraan training keuangan bagi karyawan.

Lantas, apa yang bisa dilakukan perusahaan agar karyawan dapat mengatur keuangan dengan lebih baik di masa sulit seperti sekarang ini?

1. Cek Kondisi Keuangan Sekarang

Mengecek kondisi keuangan yang ada sekarang ini penting untuk diketahui, agar karyawan dapat mencari solusi untuk masalah keuangan yang bisa muncul akibat berubahnya skema penghasilan.

Kebiasaan sehari-hari juga berubah. Karyawan tidak harus masuk kantor, yang berarti ada pengurangan pos transportasi. Untuk makan sehari-hari, pasti akan lebih sehat untuk memasak sendiri. Namun, mungkin ada pengeluaran untuk komunikasi (pulsa, kuota) yang akan lebih banyak daripada sebelumnya, karena banyaknya meeting dan koordinasi yang dilakukan secara daring.

Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah daily tracking terhadap pengeluaran sehari-hari. Catat setiap uang yang keluar dan keperluannya untuk apa.

Daily tracking ini berisi penghasilan yang diterima, kewajiban yang harus dipenuhi, hingga belanja dan jajan setiap harinya. Dari catatan ini, karyawan bisa melihat pola pengeluaran uangnya hingga ke detail. Jika ada atau diprediksi bakal muncul masalah, dari catatan inilah mereka bisa melihatnya. Selanjutnya, bisa dilanjutkan dengan membuat budget bulanan.

2. Sesuaikan Pos Yang Less Priority

Dari catatan daily tracking dan budgeting sebelumnya, kemudian bisa dipilah mana pos kebutuhan yang harus tetap dipenuhi dan pos mana yang bisa dikurangi, ditunda, atau disesuaikan.

Coba cek di pos lifestyle atau kebutuhan ‘bersenang-senang’-nya. Bukannya melarang untuk bersenang-senang, namun memang harus disesuaikan dengan kondisi yang terjadi sekarang ini.

Beberapa kebutuhan yang tidak boleh dikurangi budget-nya adalah yang berhubungan dengan kewajiban, seperti membayar hutang, membayar tagihan-tagihan, dan lain sebagainya. Juga yang berhubungan dengan kebutuhan pokok sehari-hari.

Investasi bisa saja dikurangi secara proporsional, disesuaikan dengan kemampuan kalau memang benar-benar kesulitan.

3. Pastikan Dana Darurat Aman

Dana darurat haruslah digunakan di kondisi darurat. Apakah sekarang karyawan berada di situasi darurat? Bisa jadi, karena skema penghasilan mereka berubah. Masalahnya, apakah setiap karyawan sudah punya dana darurat sebelumnya? Jika belum, inilah saatnya memberikan kesadaran pentingnya dana darurat bagi mereka.

Apakah bisa membuat dana darurat di kondisi darurat sekarang ini? Bisa, asal tahu prinsip pengelolaannya yang tepat dan disesuaikan dengan kemampuan.

Because, personal finance is very personal. Tidak ada yang bisa diselesaikan dengan single solution untuk setiap permasalahan keuangan. Butuh pendekatan personal, yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing. 

Begitu juga dengan mendukung karyawan mengatur keuangan di masa sulit seperti pandemi sekarang ini. Dengan metode financial training yang tepat, karyawan akan diajak praktik langsung sesuai kondisi masing-masing secara komprehensif.

Terlepas dari tips di atas, bagi Anda yang saat ini sedang mengembangkan bisnis rintisan atau startup, dan sedang mencari Virtual Office yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas layaknya sebuah kantor profesional, Gapura Office atau Virtual Officeku adalah pilihan yang tepat.

Atau bila Anda membutuhkan jasa untuk pembuatan SIUP, mendirikan PT maupun CV yang kredibel dan tepercaya, percayakan dan hubungi segera Gapura Office.

Serahkan kepada kami! Karena kami adalah salah satu konsultan penyedia jasa perizinan dan legalitas yang terpercaya di Indonesia. Dengan proses yang cepat, kami siap membantu Anda membuatkan SIUP.

Keunggulan dari layanan kami adalah, peizinan yang tidak sulit, Izin Usaha yang lengkap, mudahnya mendapatkan perizinan, dan kosultasi hukum pada orang yang ahli.

Semua pelayanan tersebut bisa Anda dapatkan hanya dalam satu paket biaya Jasa Pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dengan harga yang cukup terjangkau.

Jadi, tunggu apa lagi? Legalitaskan bisnis usaha Anda hanya di Gapura Office. Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan bisnis usaha Anda dengan cepat dan profesional.

Anda dapat Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha perdagangan Anda dengan kunjungi website official kami hanya di virtualofficeku.co.id.