Blog Post

Presiden Jokowi Minta Bantuan UMKM Segera Dicairkan

Bantuan UMKM Jaminan Kredit

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelontorkan bantuan modal kerja senilai Rp 2,4 juta yang menyasar kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19.

“Jangan menunggu sampai mereka tutup, baru kita bergerak. Jangan sampai terlambat dan menimbulkan gejolak di masyarakat.”, ujar Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut saat memimpin rapat terbatas dengan tema “Program Mitigasi Dampak Covid-19 terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah” melalui konferensi via video yang dihadiri Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, dan para menteri kabinet Indonesia Maju dan kepala lembaga lainnya.

“Dipercepat eksekusi program relaksasi restrukturisasi kredit bagi UMKM yang mengalami kesulitan, mekanisme bantuan untuk kredit UMKM baik subsidi bunga, berupa penundaan pembayaran pokok.”, ungkap Presiden.

Menurut Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Muhammad Ikhsan Ingratubun, bantuan tersebut diberikan untuk pelaku UMKM secara umum tidaklah cukup. Namun jika sasarannya adalah untuk para pelaku usaha ultra mikro, seperti pedagang kecil, dirasa cukup.

“(Modal Rp 2,4 juta) Pasti belum cukup. Tapi ini kan kalau saya lihat semangatnya untuk pemerataan yang usaha-usaha ultra mikro lah, seperti misalnya pedagang-pedagang kecil, pedagang warung.”, ujarnya, Minggu (26/7/2020).

Menurutnya, bagi pelaku usaha ultra mikro pada saat ini yang terpenting adalah adanya modal untuk bangkit dari pandemi virus Corona. Sebab, saat ini masih banyak dari mereka yang kesulitan modal.

“Cukuplah, yang penting ada permodalan untuk bisa bangkit kembali.”, katanya.

Harapannya, ketika para pelaku usaha ultra mikro ini mendapatkan bantuan modal, maka mereka bisa berkontribusi mendongkrak perekonomian.

“Ini adalah gerakan atau kegiatan konkret pemerintah dalam rangka membangun kembali perekonomian bangsa melalui usaha mikro dan semoga ini bisa menyebar ke seluruh Indonesia bukan hanya di satu daerah.”, tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa sebanyak 12 juta pelaku UMKM akan mendapat bantuan kredit modal kerja dalam bentuk hibah sebesar Rp 2,4 juta.

“Pemerintah memberikan bantuan kredit modal kerja yang bentuknya hibah itu besarnya untuk 12 juta masyarakat, dan besaran hibahnya adalah Rp 2,4 juta.”, kata Airlangga dalam acara Pemuda Muhammadiyah secara virtual, Kamis (23/7/2020).

Nah, bila saat ini Anda sedang merintis usaha atau startup, dan tengah mencari Virtual Office atau Coworking Space dengan lingkungan yang kondusif dan dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung usaha Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office impian Anda sekarang juga, dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.