Blog Post

Prinsip-Prinsip Financial Dalam Manajemen Keuangan Perusahaan

Keuangan Perusahaan Coworking Space

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Salah satu bagian utama dari sebuah ilmu manajemen adalah manajemen keuangan. Dan manajemen keuangan tidak hanya sekedar kegiatan catat-mencatat uang secara akuntansi saja. Karena cakupannya lebih luas daripada hal tersebut.

Dalam praktiknya, manajemen keuangan muncul untuk dapat menyehatkan kondisi keuangan perusahaan. Maka dari itu, diperlukan beberapa prinsip prinsip keuangan yang mendasarinya, seperti :

1. Konsistensi

Kebijakan dan sebuah sistem keuangan perusahaan dalam penerapannya harus konsisten dan tidak berubah-ubah dari periode ke periode.

Meski begitu, sistem dan kebijakan keuangan yang telah diambil bukan berarti tidak boleh dilakukan penyesuaian keuangan bila terjadi perubahan yang signifikan pada perusahaan. Perubahan tersebut hendaknya diumumkan dengan disertai alasan yang jelas dan masuk akal.

2. Akuntabilitas

Prinsip ini merupakan sebuah kewajiban hukum maupun moral yang melekat pada tiap individu, kelompok, dan juga perusahaan dalam memberikan penjelasan bagaimana dana digunakan atau bagaimana kewenangan telah diberikan.

Prinsip ini dibutuhkan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pihak yang berkepentingan.

3. Transparansi

Manajemen harus terbuka terhadap pekerjaannya. Dan penyimpangan terhadap prinsip ini dapat mengindikasikan bahwa suatu manajemen telah menyembunyikan sesuatu, dan lama-kelamaan bisa merusak perusahaan.

4. Kelangsungan Hidup

Seluruh pengeluaran yang bersifat operasional maupun pengeluaran strategis harus disesuaikan dengan dana yang ada, dan dilakukan agar kesehatan keuangan perusahaan bisa tetap terjaga.

5. Integritas

Baik individu, catatan, maupun laporan keuangan dalam suatu kegiatan operasional harus memiliki integritas yang tinggi dan tingkat keakuratan yang tinggi pula.

6. Pengelolaan

Manajemen keuangan harus dapat mengelola secara efektif dana yang didapat, serta menjamin dana tersebut dipergunakan sebaik-baiknya sesuai tugas dan fungsi organisasi.

7. Standar akuntansi

Prinsip yang terakhir ini harus diperhatikan dan digunakan agar laporan keuangan yang dihasilkan manajemen bisa dengan mudah dipahami dan dimengerti oleh semua pihak yang memiliki kepentingan dengan laporan keuangan tersebut.

Kesimpulannya, tujuan utama dari manajemen keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai dari perusahaan. Sehingga manajemen harus mampu dan harus bisa menekan perputaran uang yang tidak diperlukan serta beberapa kegiatan yang bisa merugikan perusahaan di kemudian hari.

Itulah sekilas gambaran terkait dengan prinsip-prinsip financial dalam manajemen keuangan perusahaan.

Nah, jika Anda tertarik ingin menjadi pengusaha dan memiliki perusahaan sendiri, namun Anda merasa kesulitan untuk mengurus semua itu, maka Gapura Office atau Virtual Officeku dapat menjadi pilihan utama Anda.

Anda dapat menggunakan Jasa Pendirian Perusahaan (PT atau CV) dari Gapura Office. Jadi, jika Anda tertarik, Anda bisa langsung Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official kami di https://www.virtualofficeku.co.id/.