Blog Post

Prosedur Pengurusan Izin Pembuatan Film Asing di Indonesia

Film Asing

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Memahami kebutuhan untuk mempromosikan dan mendukung perkembangan serta pertumbuhan industri Perfilman di Tanah Air, kini pemerintah Indonesia telah membuka sektor Perfilman untuk investasi asing.

Terbukanya industri Perfilman terhadap investor asing ini tentunya menjadi titik perubahan industri perfilman dan pembuatan film di Indonesia. Sebab, akan menyediakan banyak peluang bisnis menjanjikan bagi investor asing, karena akan memicu ketertarikan orang asing yang sekarang ingin mencicipi industri yang menghasilkan keuntungan ini.

Dibukanya sektor pembuatan film dan perfilman ini merupakan bagian dari upaya asosiasi profesional di Indonesia. Mereka telah mendesak pemerintah untuk merevisi Daftar Negatif Investasi dengan kepemilikan asing yang lebih tinggi untuk sektor-sektor yang terkait dengan industri perfilman seperti layanan teknis, produksi, distribusi, ekshibisi, dan bioskop.

Saat ini, dengan lebih dari 260 juta penduduk Indonesia, tidak ada lebih dari 1.500 layar film di negara ini. Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pasar pembuatan film yang paling sulit ditembus di dunia.

Bagi orang asing yang siap menjajal industri pembuatan film di Indonesia. Berikut informasi mengenai Izin yang dibutuhkan.

Izin Lokasi

Bagi orang asing yang ingin membuat film atau mengambil video di Indonesia, maka wajib memiliki Izin Lokasi ketika lokasi film dianggap sebagai lahan pemerintah atau properti nasional.

Ada beberapa ketentuan yang mewajibkan untuk mengajukan Izin Lokasi. Misalnya :

  • Izin Lokasi diwajibkan untuk pembuatan film dan komersial di kota-kota besar dan bangunan pemerintah.
  • Pembuatan film dokumenter alam dan kehidupan liar di lokasi-lokasi eksotis.
  • Perekaman video atau fotografi di destinasi pernikahan.

Izin Lokasi untuk pembuatan film dan pengambilan video diberikan oleh Departemen Luar Negeri di Indonesia.

Prosedur dan Syarat Izin Lokasi dan Pembuatan Film

Selain izin lokasi, Anda juga membutuhkan Izin untuk pengambilan video dan perfilman. Persetujuan atau penolakan akan dikeluarkan dalam waktu tujuh (7) hari kerja, jika aplikasi lengkap. Anda direkomendasikan menyerahkan aplikasi 6 hingga 8 minggu sebelum jadwal pembuatan film.

Perusahaan asing diwajibkan menyerahkan aplikasi bersama dokumen wajib melalui Kantor Perwakilan Indonesia di negara asal.

Dokumen dan informasi yang harus disertakan termasuk :

  • Form aplikasi yang ditandatangani dan surat pernyataan.
  • Resume dari pelamar dan anggota kru.
  • Surat dengan tujuan produksi.
  • Tanggal pendirian perusahaan dan profil perusahaan.
  • Nama dan jabatan anggota kru.
  • Surat solvabilitas dari penjamin bank di negara asal dan Indonesia.
  • Fotocopy paspor semua anggota kru.
  • Jadwal dan lokasi pembuatan film.
  • Skenario dan sinopsis film.
  • Daftar peralatan pembuatan film bersama dengan pernyataan ekspor kembali setelah produksi selesai di Indonesia.

Jurnalis dan Editor Media Asing

Jurnalis dan editor media asing, baik media cetak maupun elektronik (majalah, koran, radio, televisi, dll) yang mengunjungi Indonesia untuk membuat video, melakukan peliputan dan tugas-tugas lainnya harus mengajukan izin ke pemerintah Indonesia.

Orang asing dapat mengirimkan sendiri aplikasi tersebut melalui perwakilan di Indonesia ke Direktorat Informasi dan Media serta Departemen Luar Negeri.

Bersama dengan form aplikasi visa yang telah diisi, jurnalis asing juga diwajibkan menyerahkan dokumen berikut :

  • Surat rekomendasi dari sponsor.
  • Surat yang menyatakan daerah yang akan dikunjungi di Indonesia dan orang-orang yang akan diwawancara.
  • Daftar pertanyaan yang digunakan dalam wawancara.
  • Detail pribadi dan resume jurnalis.
  • Daftar peralatan dan perangkat elektronik yang akan diimpor dan digunakan di Indonesia.
  • Surat kewajiban akan kepatuhan terhadap Hukum Indonesia yang ditandatangani.

Itulah informasi mengenai Izin yang dibutuhkan untuk pembuatan film asing di Indonesia. Terimakasih telah berkunjung di website kami, Gapura Office atau Virtual Officeku. Kami merupakan perusahaan perizinan yang melayani berbagai pengurusan Izin Usaha dengan proses cepat.

Di Gapura Office, Anda bisa dengan mudah membuat dokumen-dokumen penting dengan cepat dan murah. Karena kami adalah perusahaan Jasa Pengurusan Izin Usaha yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun dan didukung pula oleh tim ahli yang bekerja secara profesional.

Semua pengurusan pastinya akan dilakukan sesuai dengan prosedur, sehingga dapat dilaksanakan dengan baik dan cepat selesai serta dengan hasil yang memuaskan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir, karena kami selalu melayani konsultasi selama pengurusan Izin Usaha Anda.

Apapun Izin Usaha yang ingin Anda urus, jangan ragu untuk menggunakan Biro Jasa kami. Karena kami siap membantu pengurusan berbagai dokumen yang Anda butuhkan.

Nah, jika Anda tertarik menggunakan jasa dari Gapura Office, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk konsultasi secara GRATIS. Kami memberikan konsultasi bagi orang-orang yang ingin mengurus Izin Usaha menggunakan jasa kami. Kami akan sangat senang bisa membantu Anda.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu. Karena kami sudah mengantongi Izin resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami sebagai partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Segera legalitaskan perusahaan Anda hanya di Gapura Office! Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional bersama kami. Suatu kebanggaan pula bagi kami jika dapat terlibat dalam pengembangan usaha Anda yang tengah meniti tangga kesuksesan.

Jangan ragu menggunakan Biro Jasa kami, karena kami adalah perusahaan terpercaya. Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman.

Ayo langsung hubungi kami untuk konsultasi! So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Gapura Office silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke sales@virtualofficeku.co.id untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>