Blog Post

PSE Privat dan Badan Hukum Yang Wajib Melakukan Pendaftaran

PSE

GAPURA OFFICE – Hai sobat Gapura! PSE adalah singkatan dari Penyelenggara Sistem Elektronik. Adapun PSE adalah setiap orang, penyelenggara negara, badan usaha, dan masyarakat yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan sistem elektronik sendiri-sendiri maupun bersama-sama, kepada pengguna sistem elektronik untuk keperluan dirinya dan/atau pihak lain.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah semua usaha online wajib didaftarkan PSE?

Merujuk PP Nomor 71 Tahun 2019 terdapat dua kategori PSE, yakni Publik dan Privat, dimana keduanya wajib melakukan pendaftaran. Sementara pada Permenkominfo Nomor 36 Tahun 2014 memberikan dua kategori PSE, yaitu pelayanan publik dan non-Publik. maka PSE publik wajib melakukan pendaftaran, sedangkan PSE non-Publik tidak wajib.

Pendaftaran PSE ini pun ditujukan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika melalui OSS.

Sebagai informasi tambahan, meski PSE non-Publik tidak wajib untuk mendaftar, patut diperhatikan Ketentuan Peralihan Pasal 102 (1) PP 71/2019 yang menyatakan bahwa :

PSE yang telah beroperasi sebelum diundangkannya PP 71/2019 wajib melakukan penyesuaian aturan dalam jangka waktu satu tahun dengan ketentuan wajib melakukan pendaftaran baik bagi lingkup publik maupun privat.”

PSE Badan Hukum dan Privat Yang Wajib Melakukan Pendaftaran

1. PSE Publik pelayanan publik yang wajib melakukan pendaftaran adalah korporasi dan badan hukum dengan kriteria berikut :

  • Portal, situs atau aplikasi online melalui internet yang dipergunakan untuk fasilitasi penawaran dan/atau perdagangan barang dan/atau jasa.
  • Sistem elektronik yang di dalamnya terdapat fasilitas pembayaran dan/atau transaksi keuangan lainnya secara online melalui jaringan komunikasi data/internet.
  • Sistem elektronik yang digunakan untuk pemrosesan informasi elektronik yang mengandung atau membutuhkan deposit dana atau yang dipersamakan dengannya.
  • Sistem elektronik yang digunakan untuk pemrosesan, pengolahan, atau penyimpanan data yang terkait fasilitas yang berhubungan dengan data pelanggan untuk kegiatan operasional melayani masyarakat yang terkait dengan aktivitas transaksi keuangan dan perdagangan.
  • Sistem elektronik yang dipergunakan untuk pengiriman materi digital berbayar melalui jaringan data baik dengan cara download melalui portal/situs, pengiriman lewat e-mail, atau melalui aplikasi lain ke perangkat pengguna.

2. PSE Privat adalah penyelenggara yang dilakukan orang, badan usaha, masyarakat, dengan kriteria berikut :

a. PSE yang diatur/diawasi oleh kementerian/lembaga berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

b. PSE yang memiliki portal, situs, atau aplikasi dalam jaringan melalui internet yang dipergunakan untuk :

  • Menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan penawaran dan/atau perdagangan barang dan/atau jasa.
  • Menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan layanan transaksi keuangan.
  • Pengiriman materi/muatan digital berbayar melalui jaringan data baik dengan cara unduh melalui portal/situs, pengiriman lewat surat elektronik/melalui aplikasi lain ke perangkat pengguna.
  • Menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan layanan komunikasi meliputi namun tidak terbatas pada pesan singkat, panggilan suara, panggilan video, surat elektronik, dan percakapan dalam jaringan dalam bentuk platform digital, layanan jejaring dan media sosial.
  • Layanan mesin pencari, layanan penyediaan informasi elektronik yang berbentuk tulisan, suara, gambar, animasi, music, video, film dan permainan/kombinasi dari sebagian dan/atau seluruhnya.
  • Pemrosesan data pribadi untuk kegiatan operasional melayani masyarakat yang terkait dengan aktivitas transaksi elektronik.

Itulah daftar usaha atau bisnis yang wajib didaftarkan PSE. Terimakasih telah berkunjung ke website kami, Gapura Office atau Virtual Officeku. Kami hadir sebagai salah satu Biro Jasa dalam kepengurusan berbagai dokumen perizinan usaha, legalitas perusahaan, dan jasa pembuatan PT maupun CV.

Sudah sejak lama kami dipercaya banyak klien untuk membantu berjalannya setiap proses bisnis. Sehingga, sampai saat ini kami telah menjadi Biro Jasa hukum dan legal yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Mengapa Harus Menggunakan Biro Jasa Kami?

Pastikan legalitas Perusahaan Anda sekarang juga. Caranya, Anda dapat menggunakan Biro Jasa dalam kepengurusan berbagai dokumen perizinan, legalitas perusahaan, dan jasa pembuatan PT maupun CV seperti di Gapura Office untuk mendapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan Biro Jasa kami, di antaranya adalah :

1. Berpengalaman dan Terpercaya.

Notaris berpengalaman sejak lama. Kami juga telah banyak memberikan pelayanan kepada klien. Kami sangat menghargai kepercayaan customer dan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik.

2. Izin Lengkap.

Kami menjamin segala perizinan bisnis Anda, komplit, serta dijamin keabsahannya. Dan juga segala dokumen pendukung lainnya yang dibutuhkan.

3. Tim Profesional.

Layanan yang ada pada kami telah didukung oleh tim profesional dan spesialis di bidangnya masing-masing.

4. Biaya Murah.

Anda bisa memperoleh harga termurah di antara Biro Jasa Perizinan Usaha lainnya yang berada di Jakarta ataupun sekitarnya. Tentang tarif pembuatan PT, CV, ataupun perizinan usaha lainnya.

5. Tidak Ribet.

Di Gapura Office, pengerjaannya tidak ribet dan sesuai waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Karena kami memiliki layanan support dengan jumlah yang mencukupi untuk memberikan pelayanan optimal.

Nah, bagi Anda yang saat ini tengah membutuhkan Biro Jasa Pembuatan Perizinan PT, CV, atau jenis perizinan usaha lainnya, jangan ragu untuk menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lebih lengkap serta konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

Dan dapatkan pula layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional dari kami.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Gapura Office silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke sales@virtualofficeku.co.id untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>