Blog Post

5 Strategi Agar Bisnis Bertahan Selama Pandemi

Bisnis Kecil Selama Pandemi

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Tidak dapat dipungkiri, pandemi Covid-19 memberikan dampak kerugian yang cukup besar bagi perekonomian Indonesia, khususnya bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM).

Oleh sebab itu, untuk meminimalisasi kerugian yang terjadi, ada baiknya simak beberapa strategi agar bisnis Anda tetap berjalan dengan baik selama pandemi Covid-19 :

1. Periksa Kondisi Keuangan

Tidak ada yang bisa memastikan kapan Covid-19 ini akan berakhir. Jadi, lakukan pemeriksaan mendalam terhadap kondisi keuangan bisnis Anda. Hal yang perlu Anda pastikan terlebih dahulu adalah posisi likuiditas bisnis Anda.

Likuiditas adalah sejumlah dana atau aset likuid yang dapat dengan cepat Anda gunakan untuk membayar kewajiban jangka pendek, termasuk untuk keperluan dalam keadaan darurat (Emergency Fund). Anda harus memastikan seberapa besar likuiditas yang Anda miliki dan seberapa lama likuiditas tersebut dapat menghidupi bisnis Anda.

2. Periksa Status Aset dan Hutang

Dalam kondisi seperti ini, Anda pasti akan mengukur kemampuan usaha Anda mampu bertahan dalam kondisi sulit. Buatlah rincian yang mencakup jumlah aset dan jumlah hutang Anda. Kemudian, kurangi jumlah aset dengan jumlah hutang Anda. Dengan begitu, Anda dapat memproyeksikan keberlangsungan usaha Anda.

3. Buatlah Business Plan Baru

Sebagai pelaku usaha, Anda harus selalu dapat mengantisipasi dan beradaptasi terhadap perubahan atau resiko yang mungkin terjadi pada bisnis Anda. Setelah Anda dapat memproyeksikan keberlangsungan usaha Anda, buatlah business plan baru yang memuat strategi pemasaran, strategi distribusi, sistem pemodalan, dan pola pengeluaran. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kemampuan usaha Anda untuk bertahan saat kondisi keuangan sulit.

Anda dapat mencoba menerapkan strategi digital marketing untuk menghemat bujet promosi dan strategi distribusi untuk memperluas jangkauan bisnis Anda.

4. Catat Pola Pengeluaran

Pengeluaran sendiri terbagi menjadi empat pos, yaitu primer berkaitan dengan biaya operasional, kewajiban berkaitan dengan upah atau gaji pekerja, sekunder, dan investasi. Tandai beberapa pengeluaran sekunder dan alihkan pengalokasian pengeluaran tersebut untuk modal tambahan atau investasi.

5. Lakukan Manajemen Resiko

Guna merumuskan strategi untuk menghadapi potensi kerugian yang mungkin terjadi akibat resiko bisnis, pertama-tama Anda harus menganalisis resiko apa saja yang mungkin terjadi pada bisnis Anda.

Adapun beberapa strategi manajemen risiko, antara lain menanggung sendiri kerugian yang mungkin disebabkan oleh sebuah resiko, menghindari resiko, mengurangi potensi resiko, dan mengalihkan pengelolaan resiko dan kerugian yang mungkin timbul kepada pihak kedua.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang merintis usaha atau startup dan sedang mencari Virtual Office atau Coworking Space dengan harga terjangkau serta lingkungan yang kondusif dan dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung usaha Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office impian Anda sekarang juga, dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.