Blog Post

Syarat Pengajuan Izin P-IRT Untuk Industri Rumahan

Izin P-IRT

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Usaha rumahan kini banyak diminati oleh masyarakat. Ada banyak kelebihan dari menjalankan usaha rumahan ini, salah satunya adalah tidak perlu membayar uang sewa. Meski demikian, usaha rumahan ini wajib memiliki Izin P-IRT atau Perizinan Pangan Industri Rumah Tangga untuk usaha makanan dan minuman.

Apa itu Izin P-IRT? Izin P-IRT adalah syarat yang harus dimiliki seseorang jika hendak menjalankan usaha di rumah, atau yang biasa dikenal dengan industri rumahan, yang umumnya di bidang makanan dan minuman.

Bentuk perizinannya berupa Sertifikat SPP-PIRT. Sertifikat ini wajib dimiliki oleh para pemilik usaha rumahan. Sebab, Izin ini dapat menjadi penjamin dan barang bukti bahwa produk yang dihasilkan layak dan aman di konsumsi, sehingga Anda bisa memproduksi dan menjual produk secara luas.

Sertifikat SPP-PIRT ini berlaku paling lama lima (5) tahun sejak diterbitkan dan dapat diperpanjang paling lambat enam (6) bulan sebelum masa berlaku habis.

Jenis-Jenis Pangan Yang Mendapatkan Izin SPP-PIRT

Sebelum mengajukan Izin, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis pangan apa saja yang bisa mendapatkan Izin dan yang tidak mendapatkan Izin.

Berikut beberapa jenis pangan yang bisa mendapat Izin P-IRT atau Perizinan Pangan Industri Rumah Tangga :

1. Jenis pangan yang mendapatkan Izin Produksi tidak termasuk :

  • Pangan yang diproses dengan sterilisasi komersial atau pasteurisasi.
  • Pangan yang diproses dengan pembekuan (frozen food).
  • Pangan olahan asal hewan yang disimpan dingin atau beku.
  • Pangan diet khusus dan pangan keperluan medis (MP-ASI, booster ASI, formula bayi, formula lanjutan, pangan untuk penderita diabetes).

2. Jenis pangan Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) adalah hasil produksi wilayah Indonesia.

3. Jenis pangan yang dikemas kembali dalam ukuran kecil, setelah memiliki SPP-PIRT sebelumnya dalam kemasan besar.

Syarat Pengajuan SPP-PIRT

Untuk mengajukan Izin berupa Sertifikat SPP-PIRT, maka Anda harus melengkapi syarat-syarat berikut ini :

  • Fotocopy KTP pemilik usaha.
  • Pas foto 3×4 pemilik usaha (3 lembar).
  • Surat Keterangan Domisili usaha dari kantor Camat.
  • Denah lokasi dan denah bangunan.
  • Surat keterangan Puskesmas atau Dokter (untuk pemeriksaan kesehatan dan sanitasi).
  • Surat Permohonan Izin Produksi makanan atau minuman kepada Dinas Kesehatan.
  • Data produk makanan atau minuman yang diproduksi.
  • Sampel hasil produksi makanan atau minuman yang diproduksi.
  • Label yang akan dipakai pada produk makanan-minuman yang diproduksi.
  • Menyertakan hasil uji laboratorium yang disarankan oleh Dinas Kesehatan.
  • Mengikuti Penyuluhan Keamanan Pangan untuk mendapatkan SPP-IRT.

Prosedur Pemberian Sertifikat SPP-PIRT

1. Penerimaan pengajuan permohonan SPP-PIRT oleh Bupati atau Wali Kota melalui Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dinas Kesehatan (PTSP) dan dilakukan evaluasi administratif.

2. Pemeriksaan dokumen lainnya, seperti :

  • Surat Keterangan Izin Usaha dari Camat/Lurah/Kepala Desa.
  • Rancangan Label Pangan.
  • Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan.

Itulah syarat mengurus Izin P-IRT atau Perizinan Pangan Industri Rumah Tangga untuk usaha makanan dan minuman. Bila Anda sibuk, maka Anda bisa mengunakan jasa kami untuk melakukan pengurusan Izin tersebut, sehingga membantu Anda untuk lebih fokus pada bisnis Anda dan tidak banyak waktu yang terbuang sia-sia dalam keputusan bisnis.

Kami dari Gapura Office atau Virtual Officeku memberikan pilihan harga pengurusan Izin Usaha murah. Kami adalah pilihan tepat untuk Anda bagi yang ingin mempermudah Izin P-IRT atau Perizinan Pangan Industri Rumah Tangga.

Kami merupakan salah satu jasa pembuatan perizinan usaha terpercaya di Indonesia yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru. Mulai dari pembuatan Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi, pengurusan SIUP dan TDP, hingga pengurusan Akta Notaris dan surat-surat lainnya.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu lagi! Karena kami sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha lainnya.

Selain itu, kami juga memiliki sederet Notaris profesional yang siap membantu Anda mengurus segala dokumen dan perizinan dengan mudah dan cepat. Ditambah dukungan staff yang ahli dan mumpuni di bidangnya masing-masing. Tak heran bila perusahaan kami telah dikenal sebagai perusahaan Jasa Perizinan Usaha paling handal di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Dengan segala kelebihannya itu, maka sangat wajar bila kami akhirnya memperoleh kepercayaan oleh banyak klien untuk mengurus seluruh dokumen penting perusahaannya. Kepercayaan itu sebagai bukti akan kredibilitas atas pelayanan kami.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI. Dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam pengurusan Izin P-IRT atau Perizinan Pangan Industri Rumah Tangga untuk usaha makanan dan minuman.

Jangan ragu untuk menghubungi kami, karena kami akan sangat senang dapat membantu Anda memiliki Izin Usaha yang dibutuhkan. Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Gapura Office silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke sales@virtualofficeku.co.id untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>