Blog Post

Tips Agar Bisnis Dapat Bertahan Di Masa Pandemi

Bisnis

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Tak dapat dipungkiri, pandemi Covid-19 memberikan dampak kerugian yang cukup besar bagi perekonomian di Tanah Air, khususnya bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menegah).

Oleh sebab itu, untuk meminimalisasi kerugian yang terjadi, ada baiknya simak beberapa strategi di bawah agar bisnis Anda tetap dapat berjalan dengan baik selama pandemi Covid-19.

1. Periksa Kondisi Keuangan

Tidak ada yang dapat memastikan kapan Covid-19 ini akan berakhir. Jadi, lakukan pemeriksaan mendalam terhadap kondisi keuangan bisnis Anda. Hal yang perlu Anda pastikan terlebih dahulu adalah posisi likuiditas bisnis Anda.

Likuiditas adalah sejumlah dana atau aset likuid yang dapat dengan cepat Anda gunakan untuk membayar kewajiban jangka pendek, termasuk untuk keperluan dalam keadaan darurat (Emergency Fund).

Anda harus memastikan seberapa besar likuiditas yang Anda miliki dan seberapa lama likuiditas tersebut dapat menghidupi bisnis Anda.

2. Periksa Status Aset dan Hutang

Dalam kondisi seperti ini, Anda pasti akan mengukur kemampuan usaha Anda mampu bertahan dalam kondisi sulit. Buatlah rincian yang mencakup jumlah aset dan jumlah hutang Anda. Kemudian kurangi jumlah aset dengan jumlah hutang Anda. Dengan begitu, Anda dapat memproyeksikan keberlangsungan usaha Anda.

3. Buatlah Business Plan Baru

Sebagai pelaku usaha, Anda harus selalu dapat mengantisipasi dan beradaptasi terhadap perubahan atau resiko yang mungkin terjadi pada bisnis Anda.

Setelah Anda dapat memproyeksikan keberlangsungan usaha Anda, buatlah business plan baru yang memuat strategi pemasaran, strategi distribusi, sistem pemodalan, dan pola pengeluaran. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kemampuan usaha Anda untuk bertahan saat kondisi keuangan sulit.

Anda dapat mencoba menerapkan strategi digital marketing untuk menghemat budget promosi dan strategi distribusi untuk memperluas jangkauan bisnis Anda.

4. Catat Pola Pengeluaran

Pengeluaran sendiri terbagi menjadi empat pos, yaitu primer berkaitan dengan biaya operasional, kewajiban berkaitan dengan upah atau gaji pekerja, sekunder, dan investasi.

Tandai beberapa pengeluaran sekunder dan alihkan pengalokasian pengeluaran tersebut untuk modal tambahan atau investasi.

5. Lakukan Manajemen Resiko

Guna merumuskan strategi untuk menghadapi potensi kerugian yang mungkin terjadi akibat resiko bisnis, pertama-tama Anda harus menganalisis resiko apa saja yang mungkin terjadi pada bisnis Anda.

Adapun beberapa strategi manajemen resiko antara lain menanggung sendiri kerugian yang mungkin disebabkan oleh sebuah resiko, menghindari resiko, mengurangi potensi resiko, dan mengalihkan pengelolaan resiko, dan kerugian yang mungkin timbul kepada pihak kedua.

Itulah beberapa strategi agar bisnis Anda tetap dapat berjalan dengan baik selama pandemi Covid-19.  Nah, bagi Anda yang saat ini sedang merintis usaha atau bisnis, dan sedang mencari Virtual Office atau Coworking Space dengan harga terjangkau serta lingkungan yang kondusif dan dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office atau Virtual Officeku bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berlokasi di beberapa tempat strategis di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, kami menawarkan Virtual Office dan Coworking Space dengan harga yang begitu terjangkau. Fasilitas yang kami tawarkan juga lengkap untuk menunjang produktivitas, privasi, dan kenyamanan Anda ketika bekerja. Berbagai fasilitas tersebut seperti meeting room, internet access, lounge, printing, copier, dan lain sebagainya.

Selain itu, kami juga menyediakan resepsionis profesional, nomor telepon, dan fax khusus dengan operator pribadi dan greetings sesuai dengan nama perusahaan penyewa. Nomor telepon yang masuk dari klien juga dapat dialihkan langsung ke ponsel penyewa atau nomor pribadi.

Tak hanya itu saja, kami juga menyediakan jasa penerimaan dan pengelolaan kiriman surat dan paket yang masuk secara khusus bagi tiap nama perusahaan penyewa.

Nah, jika Anda tertarik ingin menyewa Virtual Office atau Coworking Space dari kami, silahkan hubungi kami di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

Apa pun jenis layanan perkantoran yang Anda pilih, masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Rencanakan dengan matang agar sesuai dengan pola dan kebutuhan bisnis Anda.

PT Garuda Perkasa Putra Angkasa (virtualofficeku.co.id) terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan SK Nomor AHU-0043399.AH.01.01.Tahun 2016
?>