Blog Post

Tips Memanfaatkan Peluang di Tengah Resesi

Peluang Wirausaha dan Wiraswasta

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Ekonomi Indonesia dipastikan akan segera masuk resesi pada akhir bulan ini. Indonesia akan menyusul negara-negara lainnya yang sudah lebih dahulu mengalami resesi seperti Jerman, Filipina, hingga Singapura.

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), Mike Rini, mengatakan di tengah situasi ketidakpastian ini kita harus jeli untuk selalu mencari peluang. Dan individu tersebut harus mampu memenuhi dan membaca peluang yang ada.

“Di segala situasi sebetulnya ada peluang selalu ada peluang tinggal kita.”, ujarnya, Sabtu (7/8/2020).

Apalagi menurut Mike, untuk mendongkrak ekonomi dan daya beli, pemerintah memberikan bantuan dan stimulus kepada para pekerja. Menurut Mike, dengan uang Rp 600.000 yang diberikan pemerintah bisa digunakan untuk berbagai macam tergantung kebutuhan dari masing-masing individu. Misalnya, dengan memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membeli beras dan keperluan rumah tangga lainnya.

Atau bisa juga digunakan untuk membeli kebutuhan untuk menunjang pekerjaan. Seperti membeli kuota internet, membayar listrik karena adanya kebijakan bekerja dari rumah (Work From Home/ WFH).

Selain itu, bisa juga digunakan untuk membuka usaha. Ada beberapa jenis usaha yang bisa dipilih, dari mulai membuka bisnis makanan rumahan hingga menjadi reseller.

“Misalnya yang paling gampang sekarang ini yang terkait kebutuhan karena dampak pandemi. Misalnya, Anda kreasi makanan rumahan yang bisa disimpan awet. Anda mungkin bisa bikin sendiri.”, jelasnya.

Jika memang bantuan yang didapatkan belum cukup untuk modal usaha, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya, dengan meninjau ulang pos pengeluaran dari usaha untuk mencari tahu apakah ada yang bisa dihemat.

Sebagai salah satu contohnya, jika membuka masakan rumahan, maka diperlukan modal untuk membeli bahan makanan dan juga peralatan masakannya. Jika modal yang dimiliki hanya Rp 600.000, sedangkan berdasarkan perhitungan modal mencapai Rp 1 juta, maka bisa dengan mengurangi pengeluaran lainnya, seperti tidak perlu untuk menyewa tempat karena bisnis bisa dijalankan di rumah.

Selain itu, tidak perlu juga membeli peralatan masak baru, karena bisa menggunakan yang sudah ada.

Lalu dari sisi promosi juga tidak perlu mencetak flyer, banner atau pamflet. Karena dengan memposting di media sosial seperti Instagram sudah cukup untuk jadi media promosi.

“Oh ternyata nggak harus beli kaya pancinya pake punya sendiri. Kompornya pake yang ada cuma fokus pada produksi makanannya saja. Dan sarana pemasarannya pake yang mana yang paling gampang tentu kita pake yang free lah seperti social media, telegram.”, jelasnya.

Selain berbisnis, uang Rp 600.000 juga bisa digunakan untuk meng-upgrade skill. Kemudian hasil update-an skill ini bisa digunakan untuk menawarkan bisnis jasa seperti desain dan sebagainya.

“Atau kita sudah punya skill keahlian tertentu, misalnya kita bisa nge-desain, bisa menulis, kita mungkin perlu.”, kata Mike.

Bagi Anda yang saat ini baru saja merintis usaha, pastinya juga harus memutar otak memikirkan bagaimana caranya agar bisa memangkas pengeluaran namun tetap bisa menjalankan perusahaan dengan baik.

Nah, solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan jasa sewa Virtual Office dari Gapura Office atau Virtual Officeku.

Virtual Office yang ada di kami lebih mudah untuk dijangkau oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Juga yang patut untuk dicermati dengan baik, bahwa dengan pemakaian kantor virtual di Gapura Office pastinya Anda akan lebih hemat biaya yang cukup banyak.

Biaya sewa kantor atau gedung? Sudah pasti terpotong. Lalu biaya air, listrik, telepon dan internet? Sudah pasti juga turut terpangkas. Dan masih banyak biaya lainnya yang juga bisa terpangkas dengan penggunaan jasa sewa kantor secara virtual.

Lalu, apakah ada keuntungan lainnya dengan menggunakan jasa sewa di Gapura Office ini? Pastinya ada, selain pemangkasan biaya, Anda juga bisa dapatkan beberapa keuntungan seperti bekerja lebih efektif.

Gapura Office juga memberikan fitur room meeting secara fisik. Dimana ruangan ini terdapat di lokasi-lokasi yang sangat strategis dan pastinya akan sangat mudah dijangkau oleh para karyawan dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Dan kapasitasnya pun cukup memadai

Lalu, bagaimana jika ada klien yang ingin menghubungi? Hal tersebut juga biasanya sudah teratasi, karena Gapura Office juga memberikan jasa penjawab telepon yang profesional. Panggilan masuk dari calon klien atau rekan bisnis akan langsung diteruskan ke nomor telepon yang sudah terdedikasi untuk pihak perusahaan masing-masing. Pastinya interaksi dengan klien maupun rekan bisnis tidak akan terabaikan dengan fitur tersebut.

Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk sewa Virtual Office Jakarta, maka Anda dapat mempercayakannya pada Virtual Officeku. Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official kami di https://www.virtualofficeku.co.id/.