Blog Post
Tips Selamatkan Diri Bila Terjadi Kebakaran di Gedung Perkantoran
GAPURA OFFICE – Hai sobat Gapura! Bekerja di gedung perkantoran merupakan hal yang lumrah bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Namun kewaspadaan perlu dimiliki oleh setiap orang yang bekerja di gedung tersebut. Hal ini memang karena gedung perkantoran memiliki resiko tersendiri seperti gempa atau kebakaran.
Nah, bicara soal kebakaran, apa yang akan Anda lakukan bila terjadi kebakaran di kantor tempat Anda bekerja? Berikut tips selamatkan diri apabila terjadi kebakaran di gedung perkantoran yang wajib Anda perhatikan.
Tips Selamatkan Diri Bila Terjadi Kebakaran di Gedung Perkantoran
1. Dengarkan Instruksi.
Jika Anda bekerja di perkantoran, biasanya terdapat instruksi jika terjadi suatu bencana seperti kebakaran. Dengarkan instruksi tersebut baik-baik, dan ikutilah petunjuk yang diberikan.
Namun, jika tidak ada instruksi terdengar dari speaker, ikutilah instruksi dari seseorang yang memandu ketika terjadi bencana. Seseorang tersebut bisa security ataupun person in charge yang telah ditunjuk dan di-training sebelumnya.
Atur barisan dengan rapi dan jangan berhamburan atau berebut menuju tempat evakuasi. Dahulukan ibu hamil, anak-anak, penyandang disabilitas, serta orangtua dan wanita.
2. Menenangkan Diri.
Bila Anda melihat asap, dan mendengar sirine tanda kebakaran, waspadalah dan sikapilah dengan serius. Namun, Anda juga harus tetap tenang. Kepanikan hanya akan membuat pikiran Anda kacau, serta dapat mengganggu proses evakuasi yang terjadi.
Dengan pikiran yang tenang, Anda akan dapat membaca situasi yang terjadi serta langkah apa yang harus dilakukan. Termasuk pula dengan ketenangan, Anda dapat membantu menyelamatkan orang-orang lain yang berada di lantai tersebut.
3. Hindari Lift dan Gunakan Tangga Darurat.
Jangan menuju ke arah lift ketika kondisi darurat. Biasanya, lift langsung dimatikan karena dapat membahayakan keselamatan Anda. Tangga darurat merupakan standar wajib yang harus dimiliki oleh gedung perkantoran, dimana pintu tangga darurat berlapis material khusus yang tahan api.
Melajulah ke sana dengan tenang dan tidak berebut. Panik ketika menuruni anak tangga darurat hanya akan menimbulkan permasalahan tersendiri. Anda maupun orang lain dapat terjatuh saat sedang menuruni tangga darurat. Turunilah tangga darurat dengan langkah yang teratur, gerakan cepat, namun tetap berhati-hati.
4. Lindungi Saluran Pernapasan.
Bayangkan bila Anda di dalam gedung yang sudah terbakar. Anda berada dalam posisi dimana titik kebakaran cukup dekat dengan Anda, maka pastinya asap tebal tidak mungkin bisa dihindari.
Cara terbaik adalah sesegera mungkin melindungi pernafasan Anda. Lindungi hidung dan mulut Anda dengan menggunakan tisu kering ataupun tisu basah. Bisa juga gunakan sapu tangan atau baju atasan yang Anda gunakan.
Jika terjebak dalam kondisi yang ramai, lebih baik tetap berada di tempat dan bungkukkan badan. Tetap menutup hidung dan mulut, serta bernafaslah dengan perlahan.
5. Mendekat ke Jendela.
Sebisa mungkin ketika melakukan tindakan penyelamatan diri, mendekatlah ke jendela. Hal ini karena jika api maupun gumpalan asap telah menyebar dan Anda terjebak api, Anda dapat merasakan udara luar.
Dari sini, Anda bisa mendapatkan hirupan udara segar. Selain itu, Anda juga mempermudah tim pemadam kebakaran untuk menyelamatkan Anda.
Dinas kebakaran memiliki kendaraan bernama Bronto Skylift, lengkap dengan tangga penyelamat dan alat pemadam. Anda dapat segera turun dari tangga tersebut dan mendapatkan penanganan yang tepat dari pihak yang telah berpengalaman menangani kondisi darurat.
Namun, jika Anda berada di ketinggian gedung tingkat atas, disarankan untuk secepat mungkin menyelamatkan diri terlebih dahulu melalui tangga darurat.
Baca juga: 10 Keuntungan Bekerja di Shared Office
Itu dia tips selamatkan diri apabila terjadi kebakaran di gedung perkantoran yang wajib Anda perhatikan. Nah, bagi Anda yang saat ini tengah menjalankan bisnis usaha rintisan atau startup dan sedang mencari Serviced Office, Virtual Office, ataupun Coworking Space, maka Gapura Office atau Virtual Officeku bisa menjadi pilihan yang tepat.
Berlokasi di beberapa tempat strategis seperti di Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi, Gapura Office menawarkan fasilitas yang beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda untuk berkembang.
Tak hanya internet super cepat, namun banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member Gapura Office. Di antaranya adalah ruangan private ukuran 3×3 M dengan 2 meja dan 3 kursi, Listrik, Parkir, Papan Nama, ruangan meeting terbuka dan tertutup, line telephone, dan masih banyak lagi fasilitas yang Anda dapat.
Selain fasilitas yang ditawarkan di atas, Gapura Office juga memiliki lingkungan yang sangat kondusif dan tentunya dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal.
Lalu, mengapa Gapura Office layak untuk menjadi pilihan utama bagi perusahaan Anda?
Setidaknya, ada beberapa alasan mengapa Gapura Office menjadi pilihan yang cocok dan tepat bagi perusahaan Anda yang baru saja berdiri maupun yang sedang berkembang, yaitu :
1. Lokasi.
Kami memiliki lokasi yang sangat strategis dan mudah diakses dari berbagai penjuru Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi. Saat ini, kami memiliki 15 lokasi strategis. Dengan menjadi member kami, Anda pun dapat bekerja fleksibel di mana pun yang Anda inginkan. Karena Anda dapat bekerja sesuai dengan lokasi yang sedang Anda butuhkan saat ini.
2. Fasilitas.
Fasilitas yang kami tawarkan juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda berkembang. Tak hanya high speed internet yang memang sebagai fasilitas standar keberadaan sebuah Private Office, namun juga banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member kami.
3. Harga Terjangkau.
Soal biaya sewa, setiap jenis layanan sewa gedung kantor tentunya memiliki tarif sewa yang berbeda-beda. Namun umumnya, tarif sewa Private Office di Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok, terbilang cukup terjangkau.
Misalnya, biaya sewa Virtual Office di Gapura Office, semua fasilitas dan benefit sudah bisa Anda rasakan mulai dari harga yang cukup terjangkau, dengan masa sewa 1 tahun yang bisa disesuaikan dengan paket yang bisa Anda pilih.
4. Lingkungan Kerja Yang Dapat Meningkatkan Produktifitas.
Selain fasilitas yang kami tawarkan di atas, kami juga memiliki lingkungan yang sangat kondusif dan tentunya dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal. Hal ini karena pada dasarnya kami memang memiliki visi untuk mendukung segala ekosistem Startup di Indonesia.
Dengan memiliki konsep yang cozy and fun, akan membuat siapapun yang bekerja di dalamnya akan merasa betah dan nyaman untuk bekerja. Kerja semakin produktif, dan networking pun juga akan semakin luas.
5. Pengalaman.
Sebagai penyedia layanan Private Office, kami juga sudah berpengalaman sebagai tempat bekerja bagi beberapa pegiat Startup sukses di Indonesia. Juga karena kami memang telah menjadi salah satu pionir Private Office di Indonesia. Jadi, tentunya kami memiliki keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan perusahaan Private Office lainnya.
Itu dia beberapa alasan yang menjadikan kami sebagai perusahaan penyedia layanan Private Office yang tepat dan cocok bagi Anda pegiat bisnis yang berada di wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan juga Depok.
Tak hanya cocok bagi pegiat Startup saja, namun Private Office kami juga sangat tepat untuk dijadikan pilihan sebagai tempat bekerja bagi para Freelancer, Digital nomad, Blogger, Investor, hingga berbagai macam Consultant.
Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan Private Office impian Anda sekarang juga hanya di Gapura Office!
Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI. Dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda!
Apa pun jenis layanan perkantoran yang Anda pilih, masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Rencanakan dengan matang agar sesuai dengan pola dan kebutuhan bisnis Anda. So, start your business right bersama Gapura Office!