Blog Post

Tren Inovasi Teknologi Masa Kini dan Masa Depan

Inovasi Teknologi Bisnis di Tengah Pandemi

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Berbicara soal inovasi teknologi memang tidak ada habisnya. Apalagi di zaman sekarang ini kecanggihan teknologi sudah semakin maju dari sebelumnya. Hampir semua orang menggunakan teknologi. Contoh kecilnya saja, smartphone dan laptop.

Nah, berikut ini adalah beberapa tren inovasi teknologi informasi masa kini dan masa depan, di antaranya :

1. Internet Of Things (IoT)

IoT atau Internet Of Things adalah suatu konsep yang bertujuan untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat yang lain melalui sebuah jaringan internet. Bisa dikatakan, benda-benda di sekitar kita bisa terhubung dan dapat berkomunikasi melalui jaringan internet yang ada.

Dengan IoT, aktivitas menjadi lebih efisien dan efektif, karena semuanya terhubung dengan adanya internet. Contoh dari IoT, yaitu smarthome, smartphone, smartwatch, dan masih banyak lagi, yang hampir semuanya di awali dengan kata ‘smart’.

2. Augmented Reality dan Virtual Reality

Augmented Reality (AR) adalah usaha menambahkan dunia virtual ke dalam dunia nyata. Sedangkan Virtual Reality (VR) adalah teknologi dunia virtual yang dibuat senyata mungkin dan memungkin adanya interaksi.

Dua teknologi ini menggunakan kecanggihan hologram di dalamnya. Dengan adanya AR dan VR ini pula dunia virtual menjadi terlihat nyata dengan kecangihan teknologi yang ada.

3. Mobile Money

Mobile money saat ini memang sedang berkembang pesat sekali. Mengapa? Karena kemudahan dan kepraktisannya dalam penggunaannya. Tinggal membuka handphone, dan Anda pun bisa membayar ini itu, hanya melalui handphone saja.

Semua transaksi dari top up saldo sampai transfer uang, dapat Anda lakukan hanya dengan membuka handphone tanpa harus ke ATM. Salah satu kelebihan yang dimiliki Mobile Money ini adalah transfer uang tidak dikenakan biaya.

4. Visual Big Data

Visual Big Data adalah kumpulan data yang berserakan dan diatur menjadi suatu kesimpulan. Dengan Visual Big Data ini, kita bisa memiliki gambaran dari sebelumnya. Karena data telah dianalisis dari berbagai format dan bentuk.

Dengan Visual Big Data ini, pengolohan data pun menjadi jauh lebih cepat dibanding teknologi database sebelumnya.

5. Chatbot

Chatbot adalah suatu aplikasi atau software yang telah diatur oleh sistem untuk menjawab suatu pertanyaan. Jadi, nantinya bukan manusia lagi yang akan menjawab pertanyaan dalam suatu kolom question, namun chatbot sendiri yang akan menjawabnya.

Chatbot ini bisa memiliki kecerdasan yang luar biasa. Karena chatbot sendiri bisa belajar setiap hari dari jutaan orang yang menggunakannya.

Nah, terlepas dari itu semua, jika saat ini Anda sedang merintis usaha atau startup, dan tengah mencari Virtual Office atau Coworking Space dengan lingkungan yang kondusif dan dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung usaha Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office impian Anda sekarang juga, dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.