Blog Post

Biaya Pembuatan PT di Jakarta

Pembuatan PT Mendirikan PT

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Sudah tahukah Anda, bahwa saat ini pembuatan PT sudah semakin mudah. Pemerintah kini berkomitmen menyederhanakan proses perizinan dan pendirian badan usaha untuk meningkatkan geliat pertumbuhan ekonomi di Tanah Air. Jika dulu biaya pembuatan PT bisa memerlukan nominal biaya yang cukup besar, namun kini Anda tidak perlu khawatir lagi mengumpulkan investor untuk mendapatkan Modal Dasar PT.

Belum lagi kehadiran Biro Jasa Pendirian Badan Usaha dan Perizinan yang turut mempermudah prosesnya. Kini, tidak ada alasan lagi bagi para pengusaha untuk menunda-nunda melegalkan usahanya dengan mendirikan badan, baik itu badan usaha perorangan maupun badan hukum seperti PT.

Nah, tahukah Anda bahwa nominal modal dasar yang disyaratkan pemerintah bukanlah satu-satunya komponen biaya yang perlu dianggarkan untuk membuat PT?

Selain modal dasar, besar-kecilnya biaya pembuatan PT juga ditentukan oleh beberapa hal berikut ini :

Biaya Pembuatan PT Paling Besar Dari Modal Dasar Ditentukan Berdasarkan Kategori Perusahaan

Kategori usaha dan jumlah omzet turut berpengaruh dalam penetapan Modal Dasar Pendirian PT. Berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2008, ada tiga kategori usaha, antara lain adalah :

1. Usaha Mikro

Yang dimaksud Usaha Mikro di sini adalah usaha yang dimiliki perorangan. Adapun jumlah kekayaan bersih yang dimiliki usaha ini adalah minimal Rp 50 Juta. Jumlah tersebut belum termasuk bangunan serta tanah yang digunakan sebagai tempat usaha.

Sedangkan kekayaan atau keuntungan per tahun dari jenis usaha ini umumnya berada pada nilai minimal Rp 300 Juta.

2. Usaha Kecil

Sama halnya dengan Usaha Mikro, Usaha Kecil juga dimiliki perorangan. Hanya saja, untuk Usaha Kecil ini bukan merupakan anak atau Cabang Perusahaan.

Adapun total keuntungan tahunan yang bisa diraih pada Usaha Kecil berada pada rentang Rp 50 Juta – Rp 500 Juta. Sedangkan penjualan pertahunnya sebesar Rp 300.000.000 – Rp 2,5 Miliar.

3. Usaha Menengah

Umumnya, Usaha Menengah memiliki kekayaan bersih berkisar Rp 500 Juta – Rp 10 Miliar. Sementara itu, pendapatan per tahunnya berada pada angka Rp 2,5 Milyar – Rp 10 miliar.

Jika berada di atas angka tersebut, maka perusahaan dapat dikategorikan sebagai Usaha Besar.

Penggunaan Biro Jasa Perizinan

Biaya pembuatan PT juga dapat dipengaruhi oleh keterlibatan pihak penengah, dan dalam hal ini adalah Biro Jasa Perizinan. Dimana Biro Jasa Perizinan dan Pembuatan Badan Usaha ini bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan efisiensi proses perizinan.

Banyak Biro Jasa Perizinan yang menawarkan paket layanan dengan tarif yang berfariasi. Anda hanya perlu menentukan prioritas perizinan atau mungkin menyerahkan segala proses pendirian badan usaha kepada Biro Jasa Perizinan.

Umumnya, Biro Jasa Perizinan memberikan estimasi waktu pengerjaan sekitar 30 hari untuk proses perizinan lengkap. Mulai dari pembuatan Akta Notaris, hingga pengurusan SIUP, NPWP, dan TDP.

Sementara itu, untuk pembuatan SIUP dan TDP, waktu pengerjaan yang diperlukan sekitar 7 – 10 hari, dengan biaya mulai Rp 1 Juta.

Biaya Notaris

Umumnya, kantor Notaris memasang tarif harga yang berbeda-beda untuk pembuatan Akta Pendirian Perusahaan atau surat-surat legal lainnya. Dan perbedaan tarif ini biasanya dibuat berdasarkan skala bisnis PT.

Untuk usaha kecil dan menengah (UMKM) biaya pembuatan Akta Notaris masih relatif terjangkau dan hanya selisih tipis dari jenis Usaha Besar. Umumnya, masing-masing kantor Notaris memiliki tarif atau biaya yang disesuaikan dengan pelayanan dan tingkat urgensi.

Demikianlah beberapa komponen biaya Pembuatan PT yang patut Anda pertimbangkan. Anda dapat berkonsultasi dengan konsultan hukum terkait proses pembuatan PT yang efisien dan terjamin legalitasnya.

Jika menginginkan proses pengerjaan badan usaha yang lebih efisien, Anda dapat memanfaatkan layanan Biro Jasa Perizinan. Jasa pembuatan badan usaha atau perizinan ditangani para praktisi hukum profesional yang berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi para pengusaha.

Jadi, apakah Anda tertarik menggunakan jasa Biro?

Nah, sebagai salah satu solusi untuk menjawab kebutuhan terkait pembentukan badan usaha, Gapura Office atau Virtual Officeku menyediakan layanan jasa pengurusan PT hingga jadi dengan harga Rp 7.000.000,00 saja. Harga ini sudah termasuk Akta Perseroan, SK KEMENKUMHAM, NPWP, SKDU, SIUP, dan TDP.

Selain itu, kami juga menyediakan paket pengurusan CV, bagi Anda yang memilih CV sebagai badan usaha, dengan harga Rp 5.000.000,00. Dengan harga ini, Anda sudah mendapatkan Akta Perseroan, Pendaftaran di Pengadilan, NPWP, SKDU, SIUP, dan TDP.

Tersedianya paket di atas untuk menjawab kebutuhan pengusaha atau pebisnis untuk dapat memiliki bentuk badan usaha yang sesuai dan juga mudah.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat