Blog Post

Cara Mendaftarkan Pembubaran CV Untuk Menghapus NPWP Perusahaan

Pembubaran CV

GAPURA OFFICE – Hai sobat Gapura! Persekutuan Komanditer atau CV merupakan badan usaha yang didirikan oleh lebih dari satu (1) orang dan tidak memiliki badan hukum seperti Perseroan Terbatas (PT). Meskipun CV dan PT sama-sama badan usaha, dan bahkan proses registrasinya pun hampir serupa, namun ada beberapa perbedaan yang membuat CV dan PT memiliki kelebihannya masing-masing.

Meski sebagian besar pengusaha menyukai mendirikan PT, namun ada pula yang lebih nyaman atau lebih memilih membentuk CV dibandingkan PT. Hal tersebut karena memang ada beberapa keuntungan saat mendirikan CV, yang kadang hal itu tidak dimiliki pada PT.

Nah, terkait perusahaan yang berbentuk badan usaha CV, dan ingin menghapus NPWP Perusahaan, maka kantor Pelayanan Pajak memberikan saran bagi para pelaku usaha. Yakni, beberapa hal untuk melakukan pembubaran CV yang NPWP-nya dapat dihapus.

Meski demikian, para pelaku usaha harus memenuhi beberapa alasan pembubaran sebelum mendaftarkan Pembubaran CV.

Cara Mendaftarkan Pembubaran CV Untuk Menghapus NPWP Perusahaan

Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini adalah cara mendaftarkan Pembubaran CV untuk menghapus NPWP Perusahaan.

  • Berakhirnya jangka waktu perjanjian.
  • Musnahnya barang yang dipergunakan untuk tujuan CV, Firma, dan Persekutuan Perdata atau tujuan CV, Firma, dan Persekutuan Perdata telah tercapai.
  • Karena kehendak para sekutu.
  • Alasan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Setelah memenuhi salah satu alasan di atas, maka para pelaku usaha sudah dapat melakukan pendaftaran Pembubaran CV. Pembubaran CV ini dilakukan dengan mengajukan permohonan pendaftaran pembubaran kepada Menteri melalui Sistem Administrasi Badan Usaha.

Nah, adapun dokumen-dokumen yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut :

  • Akta Pembubaran.
  • Putusan Pengadilan yang menyatakan Pembubaran.
  • Dokumen lain yang menyatakan bahwa CV telah bubar.

Akta Pembubaran ini dibuat melalui notaris atau Biro Jasa Perizinan Usaha, yang kemudian didaftarkan secara online ke sistem Administrasi Badan Usaha.

Namun, apabila terdapat wilayah yang belum tersedia jaringan internet, atau bila sistem Administrasi Badan Usaha tidak berfungsi, maka Pembubaran CV ini bisa diajukan dengan cara lain, yaitu :

  • Melampirkan secara tertulis dokumen pendukung.
  • Surat Keterangan dari Kepala Kantor Telekomunikasi setempat yang menyatakan bahwa tempat kedudukan notaris yang bersangkutan belum terjangkau oleh fasilitas internet.

Demikianlah beberapa proses dari prosedur Pendaftaran Pembubaran CV untuk menghapus NPWP Perusahaan. Seperti kita ketahui, setiap bentuk perusahaan pasti memiliki keuntungan dan kelebihan masing-masing, yang pada akhirnya pengusaha itu sendirilah yang harus memilih sesuai dengan kebutuhannya.

Baca juga: Dasar Hukum Ketentuan Umum NPWP di Indonesia

Nah, jika saat ini Anda membutuhkan konsultasi hukum, maka Anda bisa mengirimkan pertanyaan dengan menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk konsultasi secara GRATIS. Kami dari Gapura Office atau Virtual Officeku siap membantu Anda untuk mengurus Pendaftaran Pembubaran CV untuk menghapus NPWP Perusahaan.

Kami akan memberikan konsultasi bagi orang-orang yang ingin mengurus Pendaftaran Pembubaran CV untuk menghapus NPWP Perusahaan dengan menggunakan jasa dari perusahaan kami. Tentunya kami akan sangat senang bisa membantu Anda, dan kami siap membantu Anda dengan mudah, cepat, transparan, dan pastinya dengan harga yang terjangkau.

Gapura Office sendiri adalah perusahaan berpengalaman yang sudah melayani ribuan perusahaan di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Keunggulan dari layanan Biro Jasa kami adalah perizinan yang tidak sulit, Izin Usaha yang lengkap, mudahnya mendapatkan perizinan, dan juga kosultasi hukum pada orang yang benar-benar ahli.

Diskusikan pada kami terkait badan usaha yang ingin Anda dirikan. Kami siap menjadi partner Anda dalam mendirikan badan usaha yang Anda inginkan.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Segera hubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar biaya dan layanan pembuatan badan usaha serta perizinannya. Kami menyediakan Konsultasi GRATIS bagi orang-orang yang ingin mengurus Izin Usaha menggunakan jasa kami. Dengan konsultasi ini, diharapkan dapat membantu Anda yang ingin menggunakan jasa kami.

Jangan ragu menggunakan Biro Jasa kami, karena perusahaan kami adalah Biro Jasa Perizinan Usaha yang terpercaya dan profesional. Kami akan membantu Anda untuk mengurus Pendaftaran Pembubaran CV untuk menghapus NPWP Perusahaan dengan cepat dan mudah.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Gapura Office!

PT Garuda Perkasa Putra Angkasa (virtualofficeku.co.id) terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan SK Nomor AHU-0043399.AH.01.01.Tahun 2016
?>