Blog Post

Dasar Hukum Pendirian Yayasan

Pendirian Yayasan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Yayasan merupakan badan hukum yang diperuntukkan untuk mencapai tujuan tertentu baik dalam bidang keagamaan, sosial, ataupun kemanusiaan, dimana kekayaan yang dimilikinya dilakukan secara terpisah. Yayasan memiliki kekayaan sendiri yang dipisahkan dari kekayaan pendiri maupun pengurusnya yang digunakan untuk modal awal dalam melaksanakan kegiatan.

Jumlah kekayaan awal untuk Yayasan telah diatur dalam Undang-Undang Yayasan Pasal 6 PP Nomor 63 Tahun 2008, terkait Pelaksanaan Undang-Undang mengenai Yayasan, yaitu senilai Rp 10.000.000.

Nilai yang ditetapkan di sini tidak hanya berbentuk uang (nominal) melainkan juga dapat berbentuk barang (bergerak ataupun tidak bergerak).

Dasar Hukum Pendirian Yayasan

Hal paling mendasar yang perlu Anda ketahui tentang Yayasan adalah mengenai dasar hukum dalam pendirian Yayasan itu sendiri. Adapun dasar hukumnya berlandaskan dari Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 mengenai Yayasan.

Selain itu, dasar hukum tentang Yayasan juga didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2008, mengenai Pelaksanaan Undang-Undang tentang Yayasan.

Nah, setelah mengetahui dasar hukum dalam pendirian Yayasan, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam Pendirian Yayasan, yaitu syarat-syarat dan dokumen apa saja yang harus dipersiapkan. Hal ini bertujuan agar kita lebih mudah mendapatkan Surat Keputusan Menteri dan Akta Pendirian Yayasan.

Syarat dan Dokumen Pendirian Yayasan

  • Penentuan Nama Yayasan.

Langkah awal yang harus disiapkan saat ingin mendirikan Yayasan adalah menentukan nama Yayasan tersebut. Perlu diingat, bahwa nama Yayasan yang akan dipilih nantinya tidak akan langsung mendapat persetujuan dari Departemen Hukum dan HAM. Hal ini dikarenakan nama yang diajukan biasanya telah terpakai.

Oleh sebab itu, sebaiknya siapkan nama Yayasan tidak hanya satu nama saja. Hal ini untuk antisipasi jika nantinya ditolak. Tidak hanya nama Yayasan saja, namun Anda juga harus menyiapkan logo yang akan digunakan.

  • Penentuan Bidang.

Selain menentukan nama serta logo Yayasan, penentuan bidang yang akan dijalani Yayasan juga harus jelas. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa Yayasan dapat diperuntukkan untuk bidang sosial, keagamaan, atau kemanusiaan. Untuk itu, Anda harus menentukan bidang apa yang akan dipilih. Misalnya, Yayasan yang bergerak di bidang sosial.

  • Syarat Administrasi Pendiri.

Langkah selanjutnya adalah melengkapi persyaratan administrasi. Bagi sekelompok orang yang akan mendirikan Yayasan, jika memang belum memiliki struktur yang jelas, maka sebaiknya segera membentuk struktur organisasi Yayasan, khususnya untuk pendiri, pembina, serta pengurus harian lainnya yang terdiri dari sedikitnya lima (5) orang.

Jika sudah terbentuk, maka siapkan fotocopy KTP dari semuanya, foto terbaru yang berwarna ukuran 3×4 (jumlah 4 lembar), dan fotocopy NPWP Pendiri atau Ketua.

  • Menuju ke Notaris.

Apabila persyaratan dan dokumen di atas telah lengkap, maka Anda dapat membawanya ke notaris. Setelah itu, dokumen akan diajukan oleh notaris ke Departemen Hukum dan HAM. Anda harus menunggu kurang lebih dua (2) minggu. Jika pengecekan nama Yayasan disetujui, maka akan ditandatangani di hadapan notaris.

  • Biaya Pendirian Yayasan.

Proses mengurus Pendirian Yayasan ini tidaklah sulit. Hanya saja, jika Anda tidak terbiasa terjun secara langsung dalam urusan hukum dan mengurusi syarat-syarat administrasi yang harus disiapkan, maka dapat menyerahkan kepada kami, Gapura Office atau Virtual Officeku.

Terkait dengan Biaya Pendirian Yayasan, maka Anda dapat langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lengkap dan konsultasi GRATIS untuk diskusikan lebih lanjut, apa saja yang dibutuhkan agar Anda bisa segera dapat memulai usaha Anda.

Banyak layanan yang kami berikan meliputi berbagai jenis jasa perizinan yang ada di Indonesia. Dimulai dari perizinan usaha, izin pribadi, pembuatan PT, CV, hingga pengurusan dokumen perusahaan. Berdasarkan pengalaman, maka dapat menjamin setiap pengurusan perizinan Anda ditangani dengan cepat, profesional, dan dengan harga yang bersahabat tentunya.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu lagi! Karena kami sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha lainnya.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman.

Untuk selanjutnya, Anda bisa menjalankan program kerja secara profesional, yakni dengan adanya managemen kerja yang telah terencana dengan baik. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>