Blog Post

Dokumen Apa Saja Yang Wajib Dimiliki Perusahaan?

Perusahaan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Legalitas bisnis adalah hal yang penting dan juga hal pertama yang harus dimiliki sebelum menjalankan bisnis ke tahap yang lebih besar dan lebih luas. Mengurus izin pendirian perusahaan memang menjadi hal yang sulit dan berbelit, karena mungkin kita belum terbiasa dengan birokrasi yang berlaku di negara ini.

Namun, saat ini Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengurus izin pendirian perusahaan, karena kami Gapura Office atau Virtual Officeku telah menyediakan layanan perizinan usaha, pendirian PT dan CV, serta Virtual Office untuk Anda yang belum memiliki domisili usaha.

Kami memiliki pengalaman melayani ratusan orang dalam hal pengurusan perizinan dan pendirian perusahaan. Tentu Anda harus tahu dokumen apa saja yang akan Anda dapatkan kalau sudah selesai dalam pendirian perusahaan. Dokumen atau legalitas tersebut sangat penting untuk bisnis Anda, dan Anda pun harus tahu manfaat dari dokumen tersebut.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas dokumen yang didapatkan setelah mendirikan perusahaan dan manfaat dari dokumen tersebut. Dokumen yang didapatkan dari pendirian perusahaan di antaranya adalah :

  • Akta Pendirian.
  • SK Kemenkumham.
  • NPWP Perusahaan.
  • SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha).
  • SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).
  • TDP (Tanda Daftar Perusahaan).

Dari semua dokumen-dokumen tersebut, memiliki kegunaan masing-masing, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Akta Perusahaan

Akta Pendirian adalah Akta yang dibuat di hadapan Notaris, yang memuat keterangan identitas dan kesepakatan para pihak untuk mendirikan perusahaan dan juga memuat Anggaran Dasar dan memaparkan mengenai tujuan perusahaan.

2. SK Kemenkumhan

Surat Keterangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia adalah Surat keputusan yang menerangkan bahwa perusahaan yang Anda dirikan telah mendapat pengesahan secara hukum di Indonesia.

3. NPWP Perusahaan

Nomor Pokok Wajib Pajak Perusahaan adalah Nomor yang diberikan wajib pajak sebagai Tanda Pengenal atau Identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan dan juga sebagai persyaratan untuk sejumlah pelayanan umum.

4. Izin Lokasi

Izin Lokasi Usaha adalah  Surat yang menerangkan domisili suatu badan usaha yang dibutuhkan untuk keperluan dalam pengurusan berbagai macam izin perusahaan yang lainnya.

5. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) adalah Surat Izin yang diberikan oleh Kementerian atau Pejabat sebagai pengesahan atau syarat untuk perusahaan agar dapat melaksanakan kegiatan Usaha Perdagangan.

6. NIB (Nomor Induk Berusaha)

Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah Daftar Catatan resmi berdasarkan ketentuan undang-undang atau peraturan pelaksananya dan memuat hal yang wajib didaftarkan setiap perusahaan dan disahkan oleh Pejabat berwenang.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dokumen tersebut adalah sebagai legalitas yang harus dimiliki oleh perusahaan kita untuk dapat beroperasi dengan legal di negara Indonesia.

Mengurus legalitas perusahaan memang merepotkan, namun bila Anda menggunakan jasa layanan dari Gapura Office, maka tidak perlu repot lagi karena proses legalitas di Gapura Office layanannya cepat dan profesional.

Selain itu, masih banyak keuntungan lainnya yang akan didapatkan oleh perusahaan ketika menggunakan Biro Jasa kami. Salah satunya adalah Anda tidak akan dipusingkan lagi dalam mengikuti semua prosedur yang ada. Anda hanya tinggal menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk mengurus Permohonan Izin Usaha saja.

Tak hanya itu saja, kami juga menyediakan layanan sewa Virtual Office dan Coworking Space yang terdapat di beberapa lokasi di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Silahkan hubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi tentang legalitas dan juga promo-promo dari kami dan juga untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami juga siap untuk membantu Anda dalam mendapatkan perizinan usaha.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat