Blog Post

Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan PT, Apa Saja?

Pembuatan PT Biaya Mendirikan CV

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Pendirian PT (Perseroan Terbatas) memang tidak mudah, karena harus melalui beragam langkah berbeda. Hal ini disebabkan PT merupakan jenis usaha berbadan hukum, sehingga aspek legalitas dari PT tersebut harus dilihat dengan saksama.

Dengan beberapa langkah yang memang harus dijalani, tidak jarang bila pengurusan pembuatan PT memerlukan waktu yang cukup lama. Selain itu, pengurusan pendirian PT juga dibedakan menurut jenis usaha yang hendak dijalankan.

Berikut akan kami bahas beberapa faktor yang berpengaruh atas biaya dan waktu pengurusannya.

Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan PT

1. Jenis Usaha

Hal paling pertama yang mempengaruhi besaran biaya pengurusan PT serta jangka waktu yang dibutuhkan adalah jenis usaha yang didirikan. Jenis usaha akan sangat berpengaruh pada kedua hal tersebut karena dalam pengurusannya membutuhkan langkah yang cukup berbeda dari jenis satu ke jenis lainnya.

Membahas mengenai jenis usaha yang hendak didirikan, maka ada beberapa jenis usaha yang sebaiknya Anda ketahui, yaitu :

  • Jenis usaha yang pertama adalah usaha kecil. Ini merupakan usaha yang bergerak sendiri dan dikelola oleh perorangan atau tidak termasuk dari cabang suatu lembaga menengah dan besar. Ciri dari usaha kecil ini adalah sebuah usaha yang memiliki kekayaan bersih sekitar Rp 50 juta hingga Rp 500 juta, diluar bangunan dan tempat usaha. Usaha ini biasanya memiliki hasil sekitar Rp 300 juta hingga Rp 2,5 miliar per tahun.
  • Selain usaha kecil, ada pula usaha menengah yang juga merupakan usaha ekonomi yang bergerak sendiri. Usaha ini juga tidak termasuk bagian dari badan usaha lain. Untuk usaha menengah ini memiliki kekayaan dengan total sekitar Rp 500 juta hingga Rp 10 miliar, dengan hasil penjualan per tahun sekitar Rp 2,5 miliar hingga Rp 50 miliar. Perbedaan jenis badan usaha ini akan berpengaruh pada besaran biaya pembuatan PT, karena perbedaan besaran pajak dalam persen yang dibebankan.

2. Pengurusan Aspek Legalitas

Hal yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan dan menjadi salah satu yang berpengaruh pada berapa biaya pembuatan PT dan jangka waktunya adalah pengurusan aspek legalitas.

Perlu diketahui, bahwa PT merupakan badan usaha yang berbadan hukum, sehingga aspek legalitas menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pembahasan mengenai aspek legalitas ini mencakup beragam hal terkait yang sangat penting untuk diperhatikan.

Salah satu yang paling penting mengenai aspek legalitas adalah membuat Akta Perusahaan. Akta Perusahaan adalah langkah awal yang harus dilakukan dalam pembuatan PT. Tanpa adanya Akta Perusahaan, maka Anda tidak akan dapat mengurus perizinan yang lain.

Pengurusan Akta Perusahaan ini membutuhkan peran notaris, dimana ada biaya administrasi yang harus Anda persiapkan.

Selain Akta Perusahaan, Anda juga harus membuat Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDP). Ini adalah langkah kedua yang juga sangat berpengaruh pada aspek legalitas PT yang hendak Anda buat. Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDP) ini akan membuktikan bahwa PT yang Anda miliki adalah legal dan valid.

Pengurusan SKDP ini juga membutuhkan biaya administrasi yang diurus pada pihak Kelurahan. Selain itu, Anda juga perlu mengurus NPWP perusahaan, Surat Izin Kementerian Hukum dan HAM, serta membuat SIUP, yang semuanya berpengaruh pada berapa biaya pembuatan PT.

Lantas, berapa kira-kira biaya pembuatan PT dan jangka waktunya sebenarnya?

Memang, tidak ada penjelasan resmi mengenai hal ini. Karenakan biaya yang dikeluarkan sangat ditentukan oleh banyak hal, terutama domisili usaha Anda. Jika domisili usaha Anda berada di kota, maka biayanya akan semakin besar. Sedang untuk waktu pengerjaan dan pengurusan, dibutuhkan waktu sekitar 30 hari.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua Biro Jasa mampu memuaskan klien-nya, baik dari segi ketepatan waktu, kelengkapan dokumen, maupun dari murahnya biasa jasa pembuatan PT.

Lalu, bagaimanakah cara mendapatkan Biro Jasa Pembuatan PT yang bisa memuaskan?

Tak perlu pusing mencarinya, dan segera gunakan jasa dari dari Gapura Office atau Virtual Officeku. Perusahaan kami juga memiliki kemampuan untuk melayani klien dengan cepat dan biaya jasanya yang relatif lebih murah.

Di Gapura Office, untuk pembuatan PT biaya sebesar Rp 7 Jutaan, dan dijamin akan diikuti dengan pelayanan yang memuaskan untuk mendapatkan seluruh dokumen legalitas pendirian PT yang lengkap. Hanya dalam waktu 30 hari, PT Anda sudah bisa sah beroperasi.

Tak hanya itu saja, kami juga menyediakan Virtual Office dan Shared Office untuk Anda yang saat ini memerlukan tempat untuk bekerja yang nyaman dan murah.

Jadi, segera legalitaskan perusahaan Anda hanya di Gapura Office. Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan serta pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional.

Silahkan menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan perizinan usaha.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat