GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Fungsi komunikasi di dalam sebuah organisasi berbentuk perusahaan sangatlah beragam. Struktur organisasi yang baik, memang perlu dimiliki oleh sebuah perusahaan. Namun, selain struktur organisasi yang baik, komunikasi di tempat kerja juga harus dijalankan secara efektif.
Lalu, apa saja fungsi komunikasi di dalam sebuah organisasi yang berbentuk perusahaan? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.
Fungsi Komunikasi Dalam Organisasi
Tercatat, ada total 15 fungsi komunikasi yang dapat diterapkan di dalam sebuah organisasi perusahaan. Tentu saja, setiap fungsi komunikasi tersebut memiliki maksud dan tujuan yang berbeda. Nah, berikut ini ulasan selengkapnya bersama Virtual Officeku.
1. Komunikasi Regulatif
Komunikasi regulatif berfungsi untuk memberikan kebebasan pada pihak pemimpin atau pemilik jabatan dalam organisasi untuk membuat regulasi dan aturan. Tentunya hal ini dibarengi pula dengan instruksi dan perintah sesuai aturan yang ada atau berlaku.
2. Komunikasi Informatif
Komunikasi yang informatif mampu memberikan informasi dengan baik agar para anggota organisasi dalam memperoleh informasi lebih baik, lebih banyak, dan tentunya tepat waktu agar mengetahui apa yang harus dilakukan.
3. Komunikasi Integratif
Komunikasi integratif berfungsi untuk mengintegrasikan seluruh informasi yang telah diberikan pimpinan kepada para anggota agar sesuai dengan keinginan atau maksud awal dari pesan tersebut.
4. Komunikasi Persuasif
Komunikasi persuasif berguna untuk memberikan informasi agar para anggota menjalankan perintah. Namun, komunikasi persuasif ini dijalankan secara halus, bukan menyuruh-nyuruh anggota.
5. Komunikasi ke Bawah
Komunikasi ke bawah berguna untuk pemimpin dalam menjalankan peraturan, arahan, prosedur kerja, pengarahan, evaluasi, teguran, hingga kebijaksaan organisasi secara insentif.
6. Komunikasi ke Atas
Komunikasi ke atas berfungsi dalam bentuk para anggota organisasi memberikan laporan pekerjaan, saran, opini, usulan, keluhan, hingga permohonan bantuan kepada pimpinan agar bisa saling mengerti posisi satu sama lain.
7. Komunikasi Horizontal
Komunikasi horizontal berguna untuk memperbaiki koordinasi pekerjaan, upaya menyelesaikan masalah, hingga pemecahan konflik secara kekeluargaan. Biasanya, komunikasi horizontal ini menggunakan sarana komunikasi virtual, seperti telepon, smartphone, hingga laptop atau tablet.
8. Komunikasi Sebagai Motivasi
Komunikasi ini berguna untuk memberikan motivasi kepada para anggota organisasi agar dapat mencapai tujuan dan harapan yang telah dibuat sejak awal. Tentunya komunikasi sebagai motivasi ini disampaikan oleh pihak pimpinan.
9. Komunikasi Sebagai Pengendali
Sesuai namanya, komunikasi ini berguna untuk mengendalikan perilaku anggota organisasi agar sesuai aturan dan perintah yang telah ditetapkan. Komunikasi akan berjalan lancar tanpa adanya masalah yang dapat mengganggu sistem kerja.
10. Komunikasi Sebagai Ungkapan Emosi
Komunikasi ini berfungsi untuk menjadi sarana pengungkapan emosi. Mulai dari emosi marah, kecewa, hingga gelisah.
11. Komunikasi Untuk Mencari Dukungan
Komunikasi ini berfungsi untuk mencari dukungan dari pihak lain, seperti organisasi, perusahaan, masyarakat, hingga pemerintah. Diperlukan komunikasi yang baik agar tujuan dapat tercapai dengan mudah.
12. Komunikasi Untuk Menentukan Pilihan
Komunikasi ini berguna untuk menentukan pilihan dalam konteks politik. Inilah mengapa para pelaku fungsi komunikasi ini lebih sering ada di pihak pimpinan atau pemegang jabatan dalam organisasi tersebut.
13. Komunikasi Untuk Promosi
Komunikasi ini berguna untuk memperkenalkan organisasi atau perusahaan. Bisa juga dalam tujuan memperkenalkan program dan produk yang ditawarkan. Biasanya, komunikasi untuk promosi ini dilakukan oleh organisasi yang baru bertumbuh.
14. Komunikasi Untuk Membela Diri
Komunikasi untuk membela diri memang dimanfaatkan untuk membawa organisasi lebih dari masalah yang muncul. Terkadang perlu untuk melakukan penyelamatan diri jika ada anggota organisasi yang terkena masalah. Daripada terseret, lebih baik membela diri dan menjauh dari masalah.
15. Komunikasi Untuk Pemersatu
Komunikasi ini berguna agar setiap anggota organisasi dapat bersatu dan saling mengerti satu sama lain dalam mencapai tujuan yang telah dipasang. Meski berbeda suku, ras, golongan, hingga agama, dengan fungsi komunikasi ini, maka hasilnya sangat positif untuk organisasi atau perusahaan.
Itulah fungsi komunikasi di dalam sebuah organisasi berbentuk perusahaan. Dalam proses berkomunikasi, diperlukan lokasi berdiskusi yang tepat. Jika masih dalam bentuk perusahaan yang sedang bertumbuh, sehingga masih mencari lokasi kantor yang tepat, Gapura Office atau Virtual Officeku memiliki layanan Virtual Office untuk Anda yang membutuhkan.
Penasaran apa saja keunggulan dari layanan ini? Kunjungi Virtual Office dari kami sekarang juga. Selain itu, Anda juga bisa langsung menghubungi tim kami. Dan untuk mendapatkan informasi lengkap dan konsultasi GRATIS pendirian perusahaan, maka Anda juga dapat menghubungi kami di sini.