Fungsi Strategis Public Relation (PR) Dalam Perusahaan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Salah satu aset milik perusahaan yang sangat penting adalah public image. Untuk itu, sebuah perusahaan perlu membangun dan memelihara hubungan mereka dengan masyarakat (publik) dengan baik. Maka tak heran bila banyak perusahaan yang senantiasa berusaha sebaik mungkin untuk menjaga hal tersebut.

Nah, salah satu cara terbaik untuk dapat menjaga sebuah image perusahaan adalah melalui kegiatan Public Relation atau PR. Apa itu public relation? Mari kita mengenal berbagai fungsi public relation yang akan dapat membantu untuk menjaga public image perusahaan.

Pengertian dan Fungsi Public Relation

Public Relation atau PR adalah proses komunikasi yang sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan dalam menjalin hubungan baik yang menguntungkan perusahaan dan juga publik.

Nah, di bawah ini adalah beberapa aktivitas dari Public Relation (PR), yaitu :

1. Menciptakan kesadaran perusahaan yang baik di kalangan publik dengan menggunakan berbagai media dan konten.

2. Memantau media untuk melihat bagaimana publik bereaksi terhadap perusahaan.

3. Menjalankan protokol pemulihan dan pengelolaan krisis jika terjadi sebuah insiden yang melibatkan perusahaan.

4. Membangun citra positif dan niat baik perusahaan dengan menyelenggarakan acara dan kegiatan komunal filantropi.

Berbagai kegiatan tersebut sangat perlu dilakukan sebuah perusahaan guna menunjang fungsi public relation. Adapun beberapa fungsi tersebut adalah sebaga berikut :

1. Membangun Hubungan Yang Positif Dengan Masyarakat

Membangun hubungan yang positif dengan publik tentunya akan semakin meningkatkan kepercayaan dari publik kepada perusahaan. Dan hal ini akan sangat membantu di dalam berbagai bidang lain, seperti penjualan dan lain-lain.

2. Memperoleh Dukungan Publik

Salah satu fungsi utama Humas adalah memperoleh dan memenangkan dukungan dari publik bagi perusahaan. Simpati yang didapatkan terhadap perusahaan akan sangat mempengaruhi publik dalam memilih produk Anda daripada pesaing saat berbelanja.

3. Proses Menjaga Image Yang Selalu Berjalan

Public relation merupakan proses yang berkelanjutan. Setiap kali terjadi sesuatu, maka terlepas dari baik atau buruknya proses peluncuran produk/layanan baru tersebut, maka PR (public relation) harus mengeluarkan pernyataan kepada publik.

4. Menciptakan Hubungan Antar Stakeholder

Sebuah perusahaan tentunya akan berurusan dengan banyak stakeholder, seperti karyawan, investor, pemegang saham, publik, dan pelanggan. Oleh sebab itu, maka PR (public relation) akan berfungsi untuk memastikan setiap pihak memiliki pandangan yang sama.

5. Mempromosikan Nilai Perusahaan

Setiap perusahaan pastinya memiliki nilai yang dianut. Anda dapat mempromosikan nilai-nilai ini melalui kegiatan public relation seperti siaran pers dan berbagai kegiatan lainnya. Hal ini juga dapat membantu dalam menjaga citra atau image perusahaan.

Keuntungan Dari PR (Public Relation)

Selain untuk menjaga imageperusahaan juga akan mendapatkan berbagai macam keuntungan lainnya dari kegiatan public relation (PR) ini, seperti di antaranya :

1. Hemat Biaya

Jika Anda membandingkan biaya public relation (PR) dengan iklan berbayar dan kampanye melalui berbagai macam promosi, maka PR jauh lebih murah dan juga hemat biaya.

2. Influence/Pengaruh

Ketika personel public relation (PR) secara langsung berkomunikasi dengan pelanggan, alih-alih menggunakan iklan berbayar dan kampanye promosi tidak langsung, kemungkinan besar pelanggan akan lebih mempercayai kegiatan PR.

3. Reach/Jangkauan

Jika berbagai kegiatan public relation (PR) dikomunikasikan dengan baik, maka tentunya akan lebih banyak publik yang bisa dijangkau.

Itulah berbagai fungsi dari public relation (PR) yang bisa membantu perusahaan dalam berbagai hal. Nah, bagi Anda yang membutuhkan tempat untuk bisa menjalankan berbagai kegiatan PR, maka Anda bisa memanfaatkan Gapura Office atau Virtual Officeku.

Kami memiliki lokasi yang sangat strategis dan mudah diakses dari berbagai penjuru Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Saat ini, kami memiliki 10 lokasi strategis yang tersebar di pusat bisnis kota Jakarta, Tangerang, hingga Bekasi, dan Anda dapat memilih lokasi kegiatan PR terbaik bersama kami sekarang juga.

Fasilitas yang kami tawarkan juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda berkembang. Selain fasilitas yang kami tawarkan di atas, kami juga memiliki lingkungan yang sangat kondusif dan tentunya dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal.

Dengan memiliki konsep yang cozy and fun, akan membuat siapapun yang bekerja di dalamnya akan merasa betah dan nyaman untuk bekerja. Kerja semakin produktif, dan networking pun juga akan semakin luas.

Tak hanya cocok bagi kegiatan public relation (PR) saja, namun kami juga sangat tepat untuk dijadikan pilihan sebagai tempat bekerja bagi para Freelancer, Digital nomad, Blogger, Investor, hingga berbagai macam Consultant.

Nah, jika Anda tertarik, maka Anda bisa langsung menghubungi tim kami. Selain itu, untuk mendapatkan informasi lengkap dan konsultasi GRATIS pendirian perusahaan, maka Anda dapat menghubungi kami di sini.

Scroll to Top
PT Garuda Perkasa Putra Angkasa (virtualofficeku.co.id) terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan SK Nomor AHU-0043399.AH.01.01.Tahun 2016