Blog Post
Ini Konsep Kantor Yang Sebaiknya Diterapkan
GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Kantor dengan konsep open space kini semakin banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan yang karyawannya kebanyakan didominasi oleh para pekerja muda milenial. Konsep kantor open space sendiri adalah penataan area ruang kerja yang dibuat secara terbuka dengan tempat duduk yang fleksibel. Biasanya, pada kantor dengan konsep open space ini, meja kerja karyawan tidak jauh dengan meja bar dan juga tempat bermain.
Banyak yang meyakini bahwa konsep kantor open space ini mampu membuat karyawan betah dan dapat menurunkan tingkat stres mereka. Selain itu, komunikasi antar atasan dan bawahan serta antar divisi pun menjadi semakin lebih mudah, karena tidak ada batasan ruang di kantor.
Meski begitu, seperti dilansir dari BBC.com, Selasa (4/5), Chris Nagele, bos dari perusahaan pengembang software Wildbit memutuskan untuk memindahkan kantornya. Dari yang awalnya berkonsep open space, kini menjadi kantor yang lebih tertutup, lengkap dengan pembatas antar karyawan.
Menurut Chris, konsep kantor open space membuat ia dan karyawannya jadi kurang produktif. Mereka merasa sulit untuk berkonsentrasi, dan menjadi dua kali lebih sering jatuh sakit. Oleh karena merasa tidak produktif itulah maka mereka jarang bisa menyelesaikan pekerjaan di kantor dan terpaksa harus melanjutkan pekerjaannya di rumah.
Hal senada juga diungkapkan oleh seorang ahli saraf, Dr Jack Lewis. Dilansir dari laman Genius Beauty, Dr Jack Lewis menemukan aktivitas otak yang seharusnya fokus pada pekerjaan menjadi teralihkan akibat banyaknya aktivitas pegawai dalam satu ruang. Para pegawai mudah mendapat banyak gangguan dibandingkan bila memiliki ruangan sendiri.
Lalu, konsep kantor seperti apa yang sebaiknya diterapkan? Nah, konsep kantor yang sebaiknya diterapkan adalah sebagai berikut.
1. Semakin Fokus Semakin Baik
Fokus, merupakan alasan utama kenapa ruang dengan pembatas dan pintu yang tertutup menjadi lebih baik dibanding kantor open space. Gangguan kecil bisa menyebabkan seseorang kehilangan fokus selama 20 menit, sehingga karyawan tidak bisa melakukan banyak tugas.
Terlebih lagi, beberapa konsep open space seperti hot desk memiliki dampak negatif pada memori karyawan. Hot desk adalah konsep kantor open space dimana setiap orang bisa duduk di mana pun yang mereka inginkan.
Seseorang mampu menyimpan lebih banyak informasi ketika duduk di tempat yang sama dalam waktu lama. Sebaliknya, informasi akan mudah dilupakan ketika seseorang sering berpindah-pindah tempat ketika bekerja.
2. Ruangan Private Mampu Mencetuskan Ide-Ide Kreatif
Banyak orang menerapkan konsep open space dengan tujuan untuk membuat proses brainstorming atau diskusi antar karyawan semakin mudah. Namun nyatanya, menurut seorang psikolog lingkungan dan desain, Sally Augustin, obrolan antar karyawan justru lebih sering tidak berhubungan dengan pekerjaan.
Proses brainstorming justru lebih sering dilakukan di ruangan-ruangan meeting yang bersifat lebih private. Ide-ide brilian sangat jarang tercetus jika brainstorming dilakukan di keramaian. Karena setiap orang membutuhkan total fokus untuk bisa menghasilkan pekerjaan terbaiknya.
3. Biarkan Karyawan Berkontribusi, Namun Tetap Punya Privasi
Sebagian besar karyawan tidak merasa nyaman untuk meninggalkan tim dan menyendiri ketika bekerja. Banyak yang merasa terbebani ketika mereka tidak hadir di antara yang lain.
Solusinya, perusahaan harus bisa menciptakan ruang tertutup untuk jumlah tim yang lebih kecil. Dengan begitu, karyawan bisa tetap berkolaborasi namun masih memiliki privasi, dan tidak terganggu dengan suara orang lain.
Nah, jika saat ini Anda sedang mencari ruangan kantor yang memiliki lingkungan sangat kondusif dan dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, kami dari Gapura Office atau Virtual Officeku sebagai perusahaan penyedia Virtual Office yang tepat dan cocok bagi Anda pegiat bisnis.
Tak hanya cocok bagi pegiat Startup saja, namun Virtual Office kami juga sangat tepat untuk dijadikan pilihan sebagai tempat bekerja bagi para Freelancer, Digital nomad, Blogger, Investor, hingga berbagai macam Consultant.
Berlokasi di beberapa tempat strategis di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, kami Gapura Office merupakan tempat yang cocok dan tepat untuk perusahaan Startup.
Tak hanya cocok bagi pegiat Startup saja, namun Virtual Office kami juga sangat tepat untuk dijadikan pilihan sebagai tempat bekerja bagi para Freelancer, Digital nomad, Blogger, Investor, hingga berbagai macam Consultant. Pasalnya, kehadiran kami sudah sesuai dengan karakteristik pekerja muda millenial, yang sebagian besar memiliki kemampuan dan minat di berbagai bidang.
Fasilitas yang kami tawarkan juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member.
Nah, jika Anda tertarik ingin bekerja di Virtual Office kami, maka Anda bisa langsung menghubungi tim kami. Selain itu, untuk mendapatkan informasi lengkap dan konsultasi GRATIS pendirian perusahaan, maka Anda juga dapat menghubungi kami di sini.