Blog Post

Ini Yang Harus Dilakukan Sebelum Mendirikan Apotek atau Toko Obat

mendirikan Apotek

GAPURA OFFICE – Hai sobat Gapura! Untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan juga menambah penghasilan, biasanya orang akan lebih memilih untuk membuka usaha. Dan salah satu yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha adalah dengan mendirikan Apotek atau Toko Obat.

Umumnya, salah satu bisnis impian para Apoteker adalah membuka usaha Apotek atau Toko Obat.

Apotek sendiri adalah sebuah tempat untuk melakukan berbagai pekerjaan farmasi serta penyaluran dari ketersediaan farmasi, dan juga perbekalan dari kesehatan lain untuk masyarakat. Sehingga keberadaannya memang sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Misalnya, jika ingin mengobati berbagai penyakit yang diderita, maka membutuhkan Apotek untuk berkonsultasi atau membeli obat.

Namun, jika Anda ingin mendirikan Apotek atau Toko Obat dan tidak memiliki pengetahuan yang memadai, maka Anda bisa membukanya dengan membeli waralaba dari Apotek yang sudah terkenal. Biasanya, hal tersebut akan dibantu dan dibimbing mengenai berbagai pengetahuan mengenai obat-obatan.

Berikut berapa persiapan yang harus dilakukan sebelum membuka sebuah Toko Obat atau Apotek, yaitu :

1. Melakukan Survei Tempat Yang Strategis.

Tempat strategis menjadi faktor utama untuk keberhasilan usaha Apotek Anda nantinya. Jadi, sebaiknya Anda mencari tempat yang berdekatan dengan Rumah Sakit atau pusat keramaian.

Apabila Anda memiliki sedikit modal dan ingin mendirikan Apotek dengan ukuran yang tidak terlalu besar pun tidak menjadi masalah bila berada di lokasi yang strategis.

Usahakan pula berada di daerah sekitar Apotek tersebut tidak terlalu banyak Apotek lain yang jaraknya saling berdekatan. Hal ini penting, karena jika banyak Apotek di sekitaran lokasi Anda maka biasanya masyarakat akan lebih memilih ke Apotek yang sudah lama.

2. Modal Usaha.

Jika hendak mendirikan Apotek atau Toko Obat, maka Anda harus mempersiapkan modal yang memadai untuk membuat Apotek yang nyaman. Sebaiknya, Anda juga menyiapkan ruangan sebagai tempat tunggu agar para pelanggan merasa nyaman.

Anda bisa mencari tahu mengenai modal yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha Apotek kepada orang yang telah terlebih dulu membuka Apotek, atau bisa juga mencari informasi di internet.

Sekedar informasi, modal minimal yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha Toko Obat atau Apotek adalah sekitar Rp 50 juta.

Nah, setelah mengetahui tips di atas, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus memperhatikan syarat-syarat untuk bisa mendapatkan Izin Mendirikan Toko Obat atau Apotek.

Berikut ini adalah persyaratan administrasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan Surat Izin Mendirikan Toko Obat atau Apotek :

Baca juga: Urus Izin Usaha Mendirikan Apotek

1. Fotocopy dari Surat Izin Kerja (SIK), dengan melampirkan SK penempatan dari Apoteker Non PNS.

2. Fotocopy KTP dari Apoteker.

3. Untuk Asisten Apoteker harus melampirkan berkas seperti :

  • Fotocopy KTP.
  • Fotocopy SIK dari Asisten Apoteker.

4. Rekomendasi yang berasal dari Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia (ISFI).

5. Surat Izin yang berasal dari atasan untuk pemohon PNS/ TNI/ Instansi lainnya.

6. Surat Perjanjian berupa kerjasama dari Apoteker serta pemilik dari sarana Apoteker.

7. Surat pernyataan pemilik sarana Apoteker PSA bahwa tidak pernah sebelum melanggar undang-undang pada bidang Farmasi.

8. Denah dari bangunan Apotek serta denah dari situasi Apotek dengan Apotek lainnya.

9. Daftar rincian dari Alat Perlengkapan yang ada di Apotek.

10. Fotocopy dari surat sertifikat tanah yang bisa berupa hak milik, sewa atau juga kontrak.

Nah, setelah Anda telah selesai memenuhi persyaratan di atas, maka prosedur selanjutnya yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Permohonan Izin yang berasal dari Apoteker diajukan pada kepala Dinkes di Kabupaten/Kota.
  • Mengisi formulir.
  • Tim Dinkes akan melihat persyaratan administrasi dan meninjau.
  • Kepala Dinkes akan menandatangani Surat Izin.
  • Setelah ditandatangani, maka Surat Izin sudah bisa dimiliki.

Demikianlah syarat-syarat administrasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan Surat Izin Mendirikan Toko Obat atau Apotek. Nah, bila saat ini Anda sedang mempertimbangkan peluang untuk mendirikan usaha Apotek, di Gapura Office atau Virtual Officeku, Anda bisa mendirikan Toko Obat atau Apotek dengan mudah, cepat, dan juga pastinya dengan harga yang terjangkau.

Biaya pengurusan Izin Mendirikan Toko Obat atau Apotek di Gapura Office memang lebih murah jika dibandingkan dengan perusahaan jasa perizinan lainnya.

Oleh sebab itu, wujudkan impian Anda mendirikan usaha Toko Obat atau Apotek hanya di Gapura Office. Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional bersama kami.

Adapun keunggulan lain dari Gapura Office adalah perizinan yang tidak sulit, Izin Usaha yang lengkap, mudahnya mendapatkan perizinan, dan konsultasi hukum pada orang yang ahli dan berpengalaman.

Yang perlu Anda ketahui apabila Anda menggunakan jasa dari kami, Gapura Office, maka Anda perlu ketahui dulu jenis Izin Usaha yang akan Anda gunakan. Hal ini menyangkut dengan syarat dan dokumen yang harus Anda penuhi untuk membuat Izin Usaha dan waktu pengurusannya.

Setiap jenis Izin Usaha tersebut juga berbeda-beda biayanya. Sehingga, bagi perusahaan yang belum memiliki Izin Usaha, sebelum menggunakan jasa Gapura Office, maka pastikan terlebih dahulu kebutuhan Izin Usaha Anda agar pengurusannya lebih cepat.

Jadi, jika saat ini Anda hendak mengurus Izin Usaha Mendirikan Toko Obat atau Apotek, jangan tunda lagi! Segera hubungi tim Marketing kami DI SINI atau kunjungi website kami sebagai penyedia jasa konsultan yang berpengalaman. Dan sampaikan keinginan Anda kepada kami, maka kami siap melayani Anda dengan layanan professional dan terbaik.

Sangat disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan staff kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda agar Anda bisa mengutarakan keinginan bentuk legalitas bisnis Anda, bidang usaha yang dijalani, dan kemungkinan adanya kendalanya.

Dengan demikian, maka staff kami bisa memberikan penjelasan secara akurat dan memberikan jalan keluar apabila terjadi kendala tertentu.

Oleh sebab itu, segera urus legalitas bisnis Anda. Jangan sampai ada pihak lain yang mendahuluinya. Tentunya yang bisa juga menjadi kompetitor berat bagi keberlangsungan usaha Anda.

Ingat, persiapkan segala persyaratan dalam membuat Izin Usaha agar pengurusan bisa berjalan dengan lancar dan mudah. Daftarkan usaha Anda dan jadilah pengusaha yang sukses suatu saat nanti.

Ada banyak yang dihadirkan oleh Gapura Office. Informasi lengkap terkait dengan layanan yang diberikan bisa Anda simak langsung di website resmi kami. Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami.

Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Silahkan menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan perizinan usaha.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman.

Gapura Office jasa Pendirian PT dengan syarat pembuatan PT yang mudah “One Stop Bussiness Solution”. So, start your business right bersama Gapura Office!

PT Garuda Perkasa Putra Angkasa (virtualofficeku.co.id) terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan SK Nomor AHU-0043399.AH.01.01.Tahun 2016
?>