Blog Post

Karakteristik dan Model Dari Bisnis Startup

bisnis Startup

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, dunia digital pun saling tumpang tindih dengan kehidupan sehari-hari. Tak heran, bila kini banyak bermunculan usaha rintisan atau yang sering disebut dengan istilah “Startup”.

Umumnya, jenis usaha Startup ini terbentuk oleh pendiri usaha yang kerap dikenal sebagai Digipreneur. Lalu, produk jenis apa yang ditawarkan oleh usaha bisnis Startup ini, dan bagaimana cara menghidupi bisnis tersebut?

Nah, dalam artikel kali ini kami membahas karakteristik dan model dari bisnis Startup di Tanah Air. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Memiliki Infrastruktur Digital dan Bersifat Disruptive

Anda pasti kenal dengan merek GoJek dan Grab. Nah, kedua perusahaan raksasa tersebut adalah contoh terbaik dari bisnis digital. Mereka memiliki infrastruktur digital yang sangat kuat, yakni berupa website yang terawat dengan baik dengan user experience (fitur memudahkan pengalaman pengguna) yang sangat baik dan customer service yang memadai.

Selain itu, produk dan jasa yang mereka tawarkan juga bersifat disruptive. Artinya, mereka telah berhasil merubah pola perkembangan bisnis yang sudah konvensional.

Contoh, kedua perusahaan tersebut merubah cara orang untuk berpergian. Biasanya orang naik taksi atau memanggil ojek dari pangkalan dan harus bernegosiasi harga dahulu. Nah, dengan hadirnya aplikasi mereka, maka kini pengguna bisa mendapatkan kemudahan dengan harga yang terjangkau. Ini tentu saja sangat mempengaruhi industri taksi dan ojek di Tanah Air.

2. Belum Berjalan Lebih Lama

GoJek dan Grab bukan merupakan bisnis Startup, karena mereka sudah berjalan cukup lama. Adapun bisnis Startup yang memiliki konsep dan dampak yang serupa dengan mereka, namun masih pada tahap awal, biasanya belum berumur tiga tahun. Mereka masih kecil dalam segi pendapatan dan jumlah karyawan.

Karena jumlah karyawan yang sedikit itulah maka setiap karyawan harus memegang lebih dari satu fungsi kerja. Contoh, menjadi developer aplikasi dan juga keuangan pada waktu yang bersamaan. Jam kerja pun tidak pasti, karena dilema memperkerjakan karyawan baru.

Oleh karena itu, tim bisnis Startup ini cenderung terdiri dari orang-orang yang kreatif, berjiwa muda, fleksibel, dan juga pekerja keras.

3. Mendapatkan Dana Dari Investor

Bisnis Startup yang diberdayakan oleh teknologi biasanya cenderung memiliki pertumbuhan yang pesat dengan tingkat resiko yang tinggi. Kebutuhan pendanaan yang kilat dan beresiko tinggi sangat tidak ditoleransikan oleh sebagian besar perbankan saat ini.

Namun, perusahaan Venture Capitalist yang mengatur portfolio investasi orang-orang kaya sangat familiar dengan industri digital dan juga lebih yakin untuk mendanai bisnis Startup.

Selain itu, ada pula yang mendapatkan dana dari perorangan dalam rupa crowdfunding dan pinjaman. Crowdfunding bisa diibaratkan sebagai donasi dari sekelompok orang beranggota besar. Sebagian besar dari semua transaksi crowdfunding adalah sumbangan untuk organisasi-organisasi kemanusiaan dan lingkungan.

Untuk Startup yang mengarah untuk mencari keuntungan, biasanya pendanaan dari perorangan berbentuk pinjaman. Jika keuangan bisnis Startup tersebut belum memiliki neraca keuangan yang jelas tercatat, maka saham belum bisa terbuka untuk umum.

Tentunya, bisnis startup memerlukan tempat dimana ide dan kolaborasi dapat berputar dengan produktif. Nah, salah satu tempat yang cocok untuk tim pendiri startup adalah Coworking Space.

Lalu, di manakah kantor semacam ini dapat Anda temukan?

Tenang saja, karena saat ini sudah banyak jasa sewa Coworking Space, dan salah satunya adalah Gapura Office atau Virtual Officeku.

Kami memiliki beberapa cabang Coworking Space yang berdiri di daerah komersial terfavorit di Jakarta. Coworking Space kami juga terjangkau dari daerah perumahan Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat.

Gapura Office menawarkan fasilitas yang terbilang beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda untuk berkembang. Tidak hanya high speed internet, namun banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member. Di antaranya adalah ruangan private ukuran 3×3 M dengan 2 meja dan 3 kursi, Listrik, Parkir, Papan Nama, ruangan meeting terbuka dan tertutup, line telephone, dan masih banyak lagi fasilitas yang Anda dapat.

Selain fasilitas yang ditawarkan di atas, kami juga memiliki lingkungan yang sangat kondusif dan tentunya dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal.

Selain itu, akses untuk menuju ke lokasi Gapura Office pun sangat mudah, karena berada di tengah-tengah pusat bisnis Jakarta dan sekitarnya. Hampir sebagian besar penyewa pun merasa puas bila bekerja di area Gapura Office. Hal tersebut karena kami merupakan perusahaan penyedia Coworking Space yang memiliki visi untuk mendukung segala ekosistem bisnis di Indonesia.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan penawaran lengkap, Anda bisa langsung menuju ke halaman pricing kami untuk mendapatkan promo dan penawaran menarik lainnya.

Silahkan Hubungi Kami untuk mendapatkan info lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat