Blog Post

Kenali Peran Manajemen Customer Relationship Bagi Bisnis

Ruang Kantor Manajemen Customer Relationship

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Dalam berbisnis, terdapat istilah pembeli adalah raja. Istilah tersebut menggambarkan betapa pentingnya peranan pelanggan bagi sebuah bisnis agar dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan. Itulah mengapa setiap pebisnis, perusahaan, atau pelaku usaha lainnya, perlu memahami bagaimana cara menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan maupun klien.

Terdapat beragam cara yang bisa dilakukan agar relasi dengan pelanggan senantiasa terjaga. Beberapa di antaranya adalah dengan membangun alur komunikasi yang baik, memberikan pelayanan atau service yang maksimal, dan menjamin barang yang dibeli berkualitas.

Sebagian dari cara mengikat loyalitas pelanggan tersebut tidak akan bisa terjadi tanpa pemahaman tentang apa itu Customer Relationship

Penting dipahami jika berbisnis bukan hanya berkutat pada pengembangan dan inovasi pada produk semata saja. Meskipun hal tersebut memang memiliki dampak krusial dan menjadi bagian penting bagi sebuah bisnis, namun menjaga hubungan dengan customer juga menjadi fokus yang harus diperhatikan oleh pebisnis. Dengan begitu, barulah bisnis dapat memiliki kesempatan untuk berkembang dengan lebih pesat lagi.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apa saja fungsi, manfaat, dan cara untuk membangun hubungan customer dengan baik dan positif? Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak ulasan berikut ini.

Peran Manajemen Customer Relationship Bagi Bisnis

1. Peningkatan Penjualan.

Memahami keinginan dan kebutuhan customer merupakan kunci penting yang harus dimiliki oleh pebisnis mana pun. Melalui Customer Relationship Management, maka perusahaan akan mampu mengkompilasi serta menganalisis data yang didapatkan dari saluran penjualan daring serta konvensional guna mampu memberikan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, baik untuk sekarang maupun untuk masa mendatang.

Berbeda dengan metode tradisional, dimana pelanggan diperlakukan sebagai kelompok makro. Melalui Customer Relationship Management, maka bisnis mampu melakukan hal tersebut dengan dasar mendetail. Bahkan, tim penjualan akan didorong untuk mencari tahu hal yang dibutuhkan setiap pelanggan bisnis.

2. Menghasilkan Peluang Lebih Besar.

Tak hanya itu saja, melalui Customer Relationship Management pula bisnis dapat mengembangkan produk baru, mendapatkan channel penjualan baru, market baru, hingga model bisnis yang sebelumnya belum pernah dibuat.

Tidak hanya informasi internal, Customer Relationship Management juga mampu memahami berbagai data publik atau eksternal guna mengidentifikasi demografi, tren pembelian, anomali rantai pasokan, juga berbagai faktor lainnya yang belum diketahui atau hanya terlihat pasca peluang penjualan berlalu.

3. Biaya Lebih Terjangkau.

Pengelolaan data oleh Customer Relationship Management dan proses analisisnya secara real time mampu membuat perusahaan tidak lagi bergantung pada metode analisis konsumen tradisional. Banyak pendekatan dari metode analisis tersebut yang bukan hanya mahal, namun juga kurang akurat. Misalnya, uji produk, survei, dan target pasar.

Nah, masalah inilah yang mampu diatasi oleh Customer Relationship Management, karena memakai data secara real time dari konsumen yang nyata, terkini, dan juga terperinci.

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan.

Salah satu keluhan yang seringkali disampaikan oleh pelanggan terhadap sebuah bisnis adalah kebutuhan atau keinginan yang terasa tak mampu ditangani. Karena Customer Relationship Management mampu menciptakan hubungan secara intim, bisnis akan lebih mungkin untuk menguak apa yang diinginkan oleh pelanggan tersebut.

Dengan begitu, data yang diperoleh dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan pengembangan terhadap produk maupun jasa demi terciptanya kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

5. Lebih Fleksibel.

Kemajuan teknologi digital yang begitu pesat membuat semua pelaku di industri apapun untuk bisa bersikap pro aktif dalam menghadapi perubahan. Belum lagi tren belanja online, membuat bisnis harus lebih mampu menjawab kebutuhan konsumen dari kalangan manapun.

Melalui kustomisasi Customer Relationship Management, strateginya bukan menciptakan kembali hubungan pelanggan, melainkan mengintegrasinya pada model yang sudah ada seoptimal mungkin.

6. Mengoptimalkan Skala Ekonomi.

Semakin banyak konsumen yang bisa didukung oleh perusahaan dengan biaya terjangkau, semakin besar pula keuntungan yang mungkin didapatkan. Personalisasi hubungan oleh Customer Relationship Management mampu dibangun dan juga dipelihara tanpa membutuhkan biaya yang besar walaupun tetap memberikan manfaat yang signifikan, yakni meningkatkan loyalitas pada brand serta keuntungan bisnis.

Konsumen yang puas dengan layanan adalah ciri dari sebuah bisnis yang sukses. Sebab, saat pelanggan merasa senang dan nyaman dengan pelayanan yang diterimanya, potensi untuk melakukan repeat order akan menjadi lebih tinggi dan enggan untuk beralih ke bisnis pesaing.

Untuk itu, agar mereka dapat mengakrabkan diri dengan bisnismu, menguatkan Customer Relationship adalah hal yang penting untuk dilakukan demi komunikasi yang baik senantiasa terjalin.

GAPURA, Sewa Kantor Murah Jakarta

Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi untuk sewa kantor murah di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, karena Gapura Office atau Virtual Officeku bisa menjadi solusi untuk Anda yang sedang cari personal space untuk bekerja.

Kami adalah perusahaan sewa ruang kantor yang berlokasi di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Kami menyediakan space untuk Anda yang membutuhkan tempat untuk bekerja. Berbagai fasilitas telah kami persiapkan layaknya di kantor, agar para pengunjung bisa bekerja dengan nyaman.

Anda seorang Freelancer? Graphic designer? Fotografer? Software Engineer? Penggiat startup? Mahasiswa? Industri kreatif? Atau Pengusaha Muda? Apapun profesinya, Anda bisa bekerja di Gapura Office.

Untuk pertanyaan, booking tempat dan info lainnya, silahkan menghubungi tim kami di sini. Jangan ragu untuk mampir ke perusahaan kami untuk bertanya atau konsultasi lebih lanjut.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat