Blog Post
Tips Membangun Manajemen Customer Relationship Secara Positif
GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Customer Relationship adalah strategi marketing terbaik yang berguna untuk mempertahankan konsumen, pelanggan, dan klien agar mereka tidak beralih ke bisnis kompetitor. Melalui Customer Relationship yang terjaga ini, maka bisnis Anda akan lebih berpotensi untuk mendapatkan pembelian berulang dari pelanggan yang sudah ada (pelanggan).
Namun, agar hal tersebut terjadi, maka pengelolaan pelanggan harus bisa dilakukan dengan optimal. Semakin banyak jumlah konsumen pada bisnis yang Anda jalankan, maka akan semakin besar pula potensi bisnis untuk bisa berkembang dan memberikan keuntungan yang lebih maksimal. Hal ini merupakan salah satu indikasi bahwa pengelolaan pelanggan pada bisnis telah berjalan dengan efektif dan efisien.
Agar dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis, Anda tentu harus selalu berinovasi agar dapat meluncurkan produk atau layanan dengan tingkat keunggulan lebih tinggi dibanding milik kompetitor dan memuaskan customer yang sudah ada.
Nah, melalui Customer Relationship ini, Anda pun dapat menyediakan fasilitas informasi secara lebih lengkap. Sehingga customer pun dapat lebih cepat mengenal produk baru tersebut sekaligus menyampaikan keluhan, masukan, dan juga kritik yang mampu menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas produk atau bisnis secara umum.
Penyediaan fasilitas tersebut adalah cara untuk bisa terhubung dengan pelanggan dan juga membangun kedekatan secara lebih erat. Barulah kemudian perusahaan mampu mendapatkan kesempatan untuk berkembang dengan lebih pesat lagi melalui segala informasi yang berhasil didapatkan dari pelanggan atau kliennya.
Cara Membangun Manajemen Customer Relationship Secara Positif
1. Meningkatkan Komunikasi.
Pengalaman pelanggan merupakan hal utama yang dapat membedakan suatu brand dengan yang lainnya. Bukan hanya seputar harga yang lebih murah atau kelengkapan produknya, namun juga mengenai pelayanan dan gaya berkomunikasi dengan pelanggannya.
Gaya berkomunikasi yang baik dan komunikatif ini tidak hanya harus dipraktikkan dengan baik saat pelanggan tengah berbelanja pada toko atau tempat usaha Anda saja, namun juga saat memberikan respons pada media sosial. Itulah alasan mengapa akun media sosial dewasa ini wajib dimiliki oleh seluruh jenis bisnis.
2. Meminta Feedback Secara Berkala.
Siapa yang tidak senang saat keluh kesahnya didengarkan dan direspons dengan baik? Pernyataan ini ternyata juga berlaku bagi pelanggan yang bersedia memberikan kritik, saran, maupun umpan balik.
Meminta feedback dari customer secara berkala merupakan salah satu cara terbaik dalam mengembangkan hubungan. Trik ini juga penting untuk dilakukan guna mendapatkan masukan untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa, atau menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan inovasi ke depannya.
Tinggal nantinya Anda perlu memutuskan saluran mana yang terbaik untuk mendapatkan feedback dari customer, apakah dari media sosial, survei konvensional, atau sekadar meminta masukan saat sedang bertransaksi.
3. Selalu Berusaha Menjawab Keluhan dan Kritik Pelanggan.
Setelah mendapatkan feedback dari pelanggan, jangan lupa untuk segera mencarikan solusinya. Sebab, keluhan yang terlambat direspons mampu menodai reputasi bisnis karena penyebaran informasi negatif tersebut dapat berlangsung dengan amat cepat. Terlebih lagi semenjak adanya media sosial.
Perlu Anda pahami bahwa mengatasi kritik pelanggan ini dapat mencegah terjadinya kesalahan yang sama, serta mengubah pengalaman negatif menjadi positif.
4. Memberi Reward Pada Pelanggan Setia.
Memberi reward pada pelanggan setia menjadi tips selanjutnya dalam membangun Customer Relationship yang baik. Menjaga loyalitas pelanggan amat penting karena mereka cenderung lebih banyak berbelanja dibanding pelanggan baru.
Tak perlu harus yang menguras kantong, reward dapat diberikan dalam bentuk kupon, membership, ataupun memberikan tester produk yang baru saja diluncurkan.
5. Jalin Hubungan Yang Baik.
Selayaknya saat menjalin hubungan lainnya, Customer Relationship pun harus secara terus-menerus dipupuk agar tumbuh semakin kuat. Artinya, Anda perlu selalu menjaga hubungan pelanggan dengan sejumlah media secara berkala.
Misalnya, mengirimkan ucapan terima kasih, kartu liburan, selamat ulang tahun, buletin produk terbaru, dan sebagainya.
Sebab, kala bisnis sudah tidak berada di dalam pikiran customer, maka mereka akan lebih berpotensi untuk beralih ke tempat kompetitor.
Konsumen yang puas dengan layanan adalah ciri dari sebuah bisnis yang sukses. Sebab, saat pelanggan merasa senang dan nyaman dengan pelayanan yang diterimanya, potensi untuk melakukan repeat order akan menjadi lebih tinggi dan enggan untuk beralih ke bisnis pesaing.
Untuk itu, agar mereka dapat mengakrabkan diri dengan bisnismu, menguatkan Customer Relationship adalah hal yang penting untuk dilakukan demi komunikasi yang baik senantiasa terjalin.
GAPURA, Sewa Kantor Murah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi
Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi untuk sewa kantor murah di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Sebab Gapura Office atau Virtual Officeku bisa menjadi solusi untuk Anda yang sedang cari personal space untuk bekerja.
Kami adalah perusahaan sewa ruang kantor yang berlokasi di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Kami menyediakan space untuk Anda yang membutuhkan tempat untuk bekerja. Berbagai fasilitas telah kami persiapkan layaknya di kantor, agar para pengunjung bisa bekerja dengan nyaman.
Anda seorang Freelancer? Graphic designer? Fotografer? Software Engineer? Penggiat startup? Mahasiswa? Industri kreatif? Atau Pengusaha Muda? Apapun profesinya, Anda bisa bekerja di Gapura Office.
Untuk pertanyaan, booking tempat dan info lainnya, silahkan menghubungi tim kami di sini. Jangan ragu untuk mampir ke perusahaan kami untuk bertanya atau konsultasi lebih lanjut.