Blog Post

Tips Keuangan Bagi Karyawan Bergaji Minim

Karyawan Bergaji Minim di Kantor Karyawan Baru

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Agar penghematan keuangan berjalan efektif, maka sebelumnya Anda harus mencermati pola pengeluaran dan pendapatan keuangan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk menyusun daftar belanja pengeluaran bulanan, sehingga Anda dapat memisahkan mana pengeluaran yang bisa dihemat dan yang tidak.

Apa saja pengeluaran keuangan yang bersifat penting? Misalnya saja, biaya sekolah anak, cicilan hutang, dan sejenisnya, yang tentunya sulit untuk berhemat.

Sementara biaya makan, transportasi, tagihan listrik, air, dan telepon masih bisa dihemat. Contohnya, dalam hal makanan, Anda bisa berbelanja di pasar tradisional untuk membeli bahan masakan.

“Memasak sendiri juga lebih hemat daripada jajan di luar.”, kata Indah Hapsari, perencana keuangan dari Janus Consulting.

Selain itu, jangan mudah tergoda saat melihat pusat perbelanjaan. Kebanyakan orang yang tinggal di kota-kota besar, sering mengunjungi mall hanya untuk mencari hiburan, yang ujung-ujungnya bisa mengundang sifat konsumtif.

“Kurangi waktu nongkrong di mall.”, ujar Indah, terkait tips merencanakan keuangan bagi karyawan bergaji minim.

Anda juga bisa berhemat dengan melakukan sendiri beberapa kegiatan. Contohnya, mencuci kendaraan atau pakaian. Dengan alasan waktu atau tenaga, banyak dari mereka memilih membayar jasa orang lain untuk mencuci kendaraan atau binatu pakaian.

Nah, setelah berhemat, Anda harus konsisten menyisihkan uang sesuai dengan anggaran. Berapa besar dana yang sebaiknya disisihkan setiap bulannya?

“Idealnya, alokasi biaya hidup kita sekitar 50 – 60 persen dari gaji.”, terang Diana Sandjadja, perencana keuangan dari Tata Dana Consulting.

Jadi, idealnya setiap orang menggunakan hanya 50 – 60 persen dari penghasilannya untuk kebutuhan seperti makan dan transportasi sehari-hari.

Sesuai aturan perencanaan keuangan, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan dana darurat.

Perlu diketahui, bagi orang yang masih lajang, dana darurat yang disiapkan minimal sebesar tiga kali biaya hidup bulanan. Namun, akan lebih baik lagi bila dana darurat yang disiapkan bisa mencapai 6 – 12 kali pengeluaran bulanan.

Jika dana darurat sudah terpenuhi, selanjutnya hutang yang harus dilunasi. Oleh sebab itu, bila pendapatan bulanan Anda dan keluarga masih terbilang kecil, usahakanlah jangan sampai berhutang.

Demikianlah tips merencanakan keuangan bagi karyawan bergaji minim. Terlepas dari tips di atas, bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan sebuah bisnis tetapi tidak memiliki alamat kantor, bisa diatasi dengan menggunakan jasa Virtual Office.

Dengan menggunakan Virtual Office, Anda bisa menggunakan alamat kantor virtual tersebut untuk mengurus perizinan dan juga sebagai alamat kantor Anda. Dengan memiliki alamat kantor di zona perkantoran, maka bisnis Anda pun akan terlihat lebih profesional.

Salah satu Virtual Office dengan harga terjangkau serta dengan lingkungan yang kondusif yang dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung usaha Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office impian Anda sekarang juga, dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.