Blog Post

Tips Menghemat Tagihan Listrik Meski Sering Nyalakan AC di Kantor

Tagihan Listrik

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Tagihan listrik di kantor Anda sering melonjak gara-gara Anda sering menghidupkan Air Conditioner (AC)? Jika iya, mungkin Anda perlu beberapa cara berikut ini untuk menghemat tagihan listrik, meski penyejuk udara di kantor Anda sering dihidupkan.

1. Kurangi Sumber Cahaya Matahari

Kondisi ruang kantor yang cerah dan sejuk memang terasa sempurna. Namun, jika hari sudah semakin siang dan udara mulai panas, mesin penyejuk udara di kantor Anda akan bekerja lebih keras untuk tetap mendinginkan suhu ruangan. Saat suhu udara mulai panas itulah energi listrik di kantor Anda akan terkuras.

Untuk itu, Anda perlu mengurangi cahaya Matahari yang masuk ke kantor Anda. Caranya, tutup jendela di kantor. Jika jendela tersebut berbentuk kaca transparan, Anda bisa menutupnya dengan tirai untuk mengurangi cahaya yang masuk ke ruangan.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menaruh beberapa tanaman di dekat sumber langsung dari sinar Matahari. Misalnya, di depan jendela kaca. Pohon atau tanaman ini bisa mengurangi cahaya dan membuat pemandangan di kantor Anda menjadi lebih hijau.

2. Gunakan Kipas Untuk Beberapa Menit Pertama

Sering terjadi AC tidak bekerja sebagaimana mestinya karena sirkulasi udara yang buruk. Namun, bisa juga karena mesin AC sering dalam keadaan hidup. Untuk itu, Anda perlu secara rutin menurunkan temperatur AC dar posisi dingin ke posisi yang cukup netral.

Selain itu, Anda juga perlu mengeluarkan udara dari ruangan dengan membuka jendela. Selama angin keluar ruangan, Anda bisa menggunakan kipas tangan (hand fan) untuk sementara, selama 5-7 menit.

3. Bersihkan Vent Setiap Bulan

Vent adalah bagian di dalam AC tempat udara keluar masuk. Bagian ini sering kotor dan tersumbat. Jika tersumbat, maka AC Anda akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan, sehingga mengakibatkan tagihan listrik yang besar. Jika dalam waktu lama vent dalam kondisi tersumbat atau kotor, akan merusak AC Anda.

Perbaikan dan penggantian bagian yang rusak bisa memakan biaya yang cukup tinggi. Jadi, jangan malas membersihkan AC, terutama bagian vent, setiap bulan.

4. Biasakan Menggunakan Timer

Jika Anda bekerja dengan kondisi AC menyala, gunakanlah fitur Timer pada remote AC Anda. Di luar waktu itu atau saat jam pulang, AC di kantor tidur Anda akan mati.

Dengan menggunakan Timer, akan menghemat cukup besar biaya listrik Anda dalam jangka panjang, juga baik untuk lingkungan.

5. Ikuti Jadwal Perawatan

Jangan malas melakukan perawatan rutin bulanan atau tahunan, termasuk mencatat kapan unit AC Anda terakhir diperbaiki, lakukan perawatan, hingga kapan Anda akan memanggil teknisi untuk perawatan rutin lagi.

6. Saat Membeli AC Baru, Jangan Melihat Harga Yang Murah

Menghemat biaya energi dengan cara memilih AC yang murah, brand yang  belum dikenal, atau tidak memakai garansi, memang cukup menggoda. Tapi pilihan penghematan seperti itu sebaiknya tidak dilakukan.

Anda mungkin tidak akan mengeluarkan uang besar untuk membeli unit AC yang mahal, tetapi Anda akan mengeluarkan biaya lebih mahal jika unit AC tersebut sering rusak.

Terlepas dari persoalan di atas, bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan sebuah bisnis tetapi tidak memiliki alamat kantor, bisa diatasi dengan menggunakan jasa Virtual Office.

Dengan menggunakan Virtual Office, Anda bisa menggunakan alamat kantor virtual tersebut untuk mengurus perizinan dan juga sebagai alamat kantor Anda. Dengan memiliki alamat kantor di zona perkantoran, maka bisnis Anda pun akan terlihat lebih profesional.

Salah satu Virtual Office dengan harga terjangkau serta dengan lingkungan yang kondusif yang dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung usaha Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office impian Anda sekarang juga, dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.