Blog Post

Cara Mengatur Keuangan Untuk First Jobber

First Jobber Mendapatkan Modal virtual offi

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Menjadi first jobber yang belum menikah dan tidak memiliki tanggungan sekilas memang tampak menyenangkan dan mudah untuk menabung atau melakukan investasi. Namun, pada kenyataannya tidak selalu demikian.

First Jobber sendiri adalah para fresh graduate yang baru mulai bekerja dalam dunia profesional. Para first jobber yang baru pertama kali memiliki penghasilan sendiri ini seringkali belum memiliki pola pengaturan keuangan yang tepat, sehingga tidak bisa menyisihkan untuk tabungan.

Menurut sebuah penelitian, pengeluaran terbesar para first jobber yang berada di rentang usia muda biasanya untuk hal-hal yang berkaitan dengan gaya hidup, seperti 23,8 persen penghasilannya dihabiskan untuk makan di luar. Penyebabnya cukup mudah dipahami, makan di luar bukan lagi sekedar untuk memenuhi kebutuhan, tetapi juga sebagai alat ukur gengsi.

Selain gaya hidup, kebanyakan first jobber juga menghabiskan dana cukup banyak untuk menyewa tempat tinggal. Hal seperti ini biasanya terjadi pada first jobber di kota-kota besar yang berasal dari daerah lain.

Data dari sebuah lembaga survei menyebutkan bahwa rata-rata first jobber menghabiskan hampir 1/3 gaji untuk menyewa tempat tinggal.

Nah, berikut ini adalah cara mengatur keuangan yang tepat untuk para first jobber.

1. Tekan Biaya Tempat Tinggal Sebanyak Mungkin

Jika harus menyewa tempat tinggal, maka sebisa mungkin jangan melebihi 1/3 gaji. Meski begitu, bukan berarti faktor kenyamanan dan keamanan tidak diperhatikan.

Pastikan tempat yang disewa nyaman untuk istirahat, minim resiko kejahatan, dan juga memiliki sirkulasi udara yang baik agar kesehatan tetap terjaga.

2. Tekan Biaya Transportasi

Selain biaya untuk tempat tinggal, biaya untuk transportasi juga bisa menjadi celah lain untuk menghemat pengeluaran. Caranya, dengan menyewa tempat tinggal yang dekat tdengan empat kerja atau memanfaatkan kendaraan umum.

3. Buat Budget Khusus Jajan 

Tak bisa dipungkiri bahwa para first jobber identik dengan kegiatan bersenang-senang. Selama tidak membuat keuangan jadi berantakan, mungkin hal itu tidak ada salahnya. Namun, usahakan jumlah dana yang digunakan untuk jajan maksimal 10 persen dari jumlah gaji.

4. Sisihkan Penghasilan Untuk Investasi 

Investasi harus dimulai sedini mungkin. Bagi first jobber, selain bertujuan menambah penghasilan, investasi juga agar uang yang sudah susah payah didapat dari bekerja tidak habis dengan sia-sia.

Jumah ideal yang perlu disisihkan untuk investasi adalah sebesar 20 persen gaji. Jenis investasi yang dijalankan bisa disesuaikan dengan budget yang ada.

Sejauh ini, emas dan deposito adalah pilihan yang paling masuk akal bagi para first jobber dengan gaji yang tidak jauh-jauh dari UMR.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang merintis usaha atau startup dan sedang mencari Virtual Office ataupun Coworking Space dengan harga terjangkau serta lingkungan yang kondusif dan dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung usaha Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office impian Anda sekarang juga, dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.