Blog Post

Pengertian Istilah Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn di Dunia Startup

Dunia Startup Perkembangan Startup Membangun Startup Digital

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Bagi mereka yang menggemari dunia startup, istilah Unicorn ini sangat familiar bersamaan dengan dua istilah lainnya, yakni Decacorn dan Hectocorn. Istilah tersebut dicetuskan oleh Aileen Lee, yakni seorang pemodal usaha. Penamaan istilah tersebut ia cetuskan pada tahun 2013 silam.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut terkait istilah yang ada pada dunia startup, apakah Anda sudah mengetahui apa itu startup?

Startup adalah sebuah wirausaha yang biasanya tergolong bisnis baru, dimana mengalami pertumbuhan dengan cepat dan pesat, yang tujuannya adalah memenuhi kebutuhan pasar. Dengan mengembangkan model bisnis yang layak terkait produk, layanan, proses, ataupun platform yang inovatif. Berikut ulasan lengkapnya.

Unicorn Startup

Istilah Unicorn adalah istilah yang disematkan untuk perusahaan startup yang memiliki nilai kapitalisasinya lebih dari angka 1 miliar. Dalam hal ini, 1 miliar tersebut dinyatakan pada satuan mata uang Dollar.

Jika mengacu pada tulisan yang dilansir oleh Venture Beat, maka saat ini terdapat setidaknya 229 startup yang telah masuk dalam kategori ini. Semua perusahaan tersebut tersebar di berbagai belahan dunia ini termasuk Amerika Serikat, Tiongkok, India, Jerman, dan bahkan juga terdapat di Indonesia.

Nah, perusahaan yang mencapai level Unicorn ini di Indonesia antara lain yaitu: Go-jek, Bukalapak, Traveloka, dan Tokopedia.

Untuk menembus level Unicorn sendiri, startup harus melewati serangkaian proses dan waktu yang cukup lama. Jika mengacu pada Venture Beat, setidaknya diperlukan waktu kurang lebih 6 tahun bagi startup untuk mencapai level Unicorn ini.

Decacorn

Istilah selanjutnya adalah Decacorn, yakni istilah untuk perusahaan yang nilainya mencapai 10 miliar dalam Dollar. Perusahaan-perusahaan startup dunia yang telah masuk kategori Decacorn sendiri antara lain adalah sebagai berikut :

  • Dropbox.
  • SpaceX.
  • Uber.
  • Pinterest.
  • Airbnb.
  • WeWork.
  • Dan lain sebagainya.

Hectocorn

Selanjutnya adalah Hectocorn, yang merupakan level tertinggi dari startup. Agar startup mendapatkan sematan Hectocorn, maka ia harus memiliki nilai perusahaan lebih dari 100 miliar Dollar.

Di Indonesia sendiri, masih berada pada level Unicorn yang menuju kepada Decacorn. Saat ini, perusahaan yang disematkan dengan level tertinggi startup ini adalah Ant Financial dengan nilai perusahaan $150 billion dollar. Pemiliknya adalah founder dari Alibaba.com, yakni Jack Ma.

Itulah beberapa penjelasan terkait startup yang berada pada level Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn.

Bagaimana, apa pendapat Anda terkait startup dan juga levelnya? Apa kini Anda tertarik juga untuk segera memulai startup Anda?

Nah, bagi Anda yang saat ini baru saja merintis usaha startup, pastinya Anda harus memutar otak bagaimana bisa memangkas pengeluaran, namun juga tetap bisa menjalankan perusahaan dengan baik. Solusi terbaiknya tentunya dengan menggunakan jasa sewa Virtual Office dari Gapura Office atau Virtual Officeku.

Virtual Office yang ada di Gapura Office juga lebih mudah untuk dijangkau oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Juga yang patut untuk dicermati dengan baik adalah, bahwa dengan pemakaian kantor virtual di Gapura Office, pastinya Anda akan lebih hemat biaya yang cukup banyak.

Biaya sewa kantor atau gedung? Sudah pasti terpotong. Lalu biaya air, listrik, telepon dan internet? Sudah pasti juga ikut terpangkas. Dan masih banyak biaya lainnya yang juga bisa terpangkas dengan penggunaan jasa sewa kantor secara virtual.

Lalu, apakah ada keuntungan lainnya dengan menggunakan jasa sewa di Gapura Office? Pastinya ada, selain pemangkasan biaya, Anda juga bisa dapatkan beberapa keuntungan seperti bekerja lebih efektif.

Gapura Office juga memberikan fitur room meeting secara fisik. Dimana ruangan ini terdapat di lokasi-lokasi yang sangat strategis dan pastinya akan sangat mudah dijangkau oleh para karyawan dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Dan kapasitasnya pun juga biasanya terbilang cukup memadai.

Lalu, bagaimana jika ada klien yang ingin menghubungi? Hal tersebut juga biasanya sudah teratasi, karena Gapura Office memberikan jasa penjawab telepon yang profesional. Panggilan masuk dari calon klien atau rekan bisnis akan langsung diteruskan ke nomor telepon yang sudah terdedikasi untuk pihak perusahaan masing-masing. Pastinya interaksi dengan klien maupun rekan bisnis tidak akan terabaikan dengan fitur tersebut.

Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk sewa Virtual Office Jakarta, maka Anda dapat mempercayakannya pada Gapura Office. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan Hubungi Kami.