Blog Post

Pentingnya Literasi Keuangan Saat Mendirikan Usaha

Literasi Keuangan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Belakangan banyak generasi milenial yang memutuskan untuk membuka usaha sendiri setelah lulus kuliah. Terlebih lagi di era yang serba digital seperti sekarang ini dengan masifnya informasi yang beredar di internet, memudahkan generasi milenial untuk melakukan berbagai hal, termasuk memulai usaha sendiri.

Namun, seringkali usaha-usaha baru yang dibangun ini kemudian gagal dalam waktu singkat, dikarenakan tingkat literasi keuangan yang masih minim.

Literasi keuangan merupakan kebutuhan dasar bagi semua orang, terutama bagi yang ingin memulai bisnis sendiri dan juga terhindar dari masalah keuangan. Hal ini ditegaskan oleh Ali Harahap dalam acara Webinar Literasi Keuangan dan Wirausaha ‘Memulai Bisnis di Masa Pandemi’.

“Untuk menjalankan bisnis sendiri, baik kecil maupun besar, pastinya membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik agar dapat tercipta bisnis yang berkelanjutan.”, ujar Ali.

Menurut Ali, akan sangat berbahaya bagi pemilik usaha jika tidak pandai mengatur keuangan. Terlebih lagi jika menggabungkan pendapatan pribadi dan bisnis.

Sementara itu, Corporate Secretary Finance Indonesia, Wildan Kesuma, mengatakan bahwa dengan memiliki pemahaman literasi keuangan yang baik, maka kita bisa terhindar dari hal-hal yang merugikan.

“Pengertian dari literasi keuangan adalah pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang mempengaruhi sikap dan perilaku individu untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan dalam rangka mencapai kesejahteraan. Aspek ini yang harus kita tingkatkan sebelum mulai mengambil keputusan yang bisa memengaruhi kondisi keuangan.”, kata Wildan.

Wildan menambahkan, pemahaman literasi keuangan dapat ditingkatkan dengan cara membaca artikel mengenai literasi keuangan pada sumber berita atau artikel terpercaya. Salah satu sumber informasi terlengkap mengenai literasi keuangan adalah situs edukasi milik Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni www.sikapiuangmu.ojk.go.id.

Selain itu, platform media sosial juga bisa menjadi sumber literasi keuangan yang baik bila kita mengikuti akun media sosial dari para ahli perencanaan keuangan yang berpengalaman dan memiliki rekam jejak yang baik.

Berwirausaha Lewat Platform E-Commerce Marketplace

Di masa pandemi ini, kebiasaan masyarakat dipaksa berubah drastis, masyarakat merubah kebiasaannya dari yang berbelanja langsung di swalayan atau pasar, kini dipaksa untuk terbiasa dengan berbelanja daring. Dari yang terbiasa membayar secara tunai, saat ini sudah membiasakan diri untuk membayar secara non tunai atau memanfaatkan pembayaran secara digital.

Ternyata, perubahan kebiasaan ini membawa peluang usaha yang menarik bagi para merchant e-commerce. Hal ini diceritakan oleh Business Development Manager Akulaku Silvrr Indonesia, Adrian Iskandar.

“Ada merchant di platform e-commerce yang baru mulai berjualan menjelang masa pandemi dimulai, dan ternyata penjualannya tetap bagus hingga sekarang. Kita melihat hal ini selain karena kebiasaan masyarakat yang berubah, juga disebabkan oleh kemampuan merchant dalam berinovasi saat berjualan di platform e-commerce dan juga menunjukkan besarnya potensi dalam berjualan dan bertransaksi secara daring.”, ujar Adrian.

Nah, bagi Anda yang saat ini baru akan mendirikan usaha atau sedang merintis bisnis, dan Anda ingin sewa Virtual Office, khususnya di wilayah Jakarta dan Tangerang, Anda bisa sewa kantor virtual di Gapura Office atau Virtual Officeku, dan dapatkan penawaran paket yang menarik.

Virtual Office yang ada di kami lebih mudah untuk dijangkau oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Dan yang patut untuk dicermati dengan baik adalah, dengan sewa kantor virtual di Gapura Office, pastinya Anda akan lebih hemat biaya yang cukup banyak.

Lalu, apa saja keuntungan lainnya jika menggunakan layanan jasa sewa di Gapura Office? Pastinya ada, selain pemangkasan biaya, Anda juga bisa dapatkan beberapa keuntungan seperti bekerja lebih efektif. Dimana layanan sewa Virtual Office di Virtual Officeku memiliki lingkungan yang sangat kondusif, dan tentunya akan meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal.

Gapura Office juga memberikan fitur room meeting secara fisik. Dimana ruangan ini terdapat di lokasi-lokasi yang sangat strategis dan pastinya akan sangat mudah dijangkau oleh para karyawan dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Dan kapasitasnya pun cukup memadai.

Lalu, bagaimana jika ada klien yang ingin menghubungi? Hal tersebut juga biasanya sudah teratasi, karena Gapura Office juga memberikan jasa penjawab telepon yang profesional. Panggilan masuk dari calon klien atau rekan bisnis akan langsung diteruskan ke nomor telepon yang sudah terdedikasi untuk pihak perusahaan masing-masing. Pastinya interaksi dengan klien maupun rekan bisnis tidak akan terabaikan dengan fitur tersebut.

Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk sewa Virtual Office Jakarta, maka Anda dapat mempercayakannya pada Virtual Officeku. Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official kami di https://www.virtualofficeku.co.id/.