Blog Post

Sebuah Studi Ungkap Karyawan Hanya Bekerja 3 Jam Sehari

Mengatasi Bad Mood Menjadi Karyawan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Delapan jam sehari di kantor mungkin waktu yang terasa sangat lama. Namun tahukah Anda, dari delapan jam tersebut rata-rata seorang karyawan hanya menghabiskan waktu tidak sampai tiga jam untuk benar-benar bekerja.

Setidaknya, begitulah menurut hasil studi yang dilakukan Voucher Cloud, sebuah situs yang berbasis di Inggris. Perusahaan tersebut telah mensurvei sebanyak 1.989 karyawan di Inggris. Seluruhnya berstatus karyawan penuh waktu yang berusia di atas 18 tahun.

Mereka diberi pertanyaan, “Apakah Anda menganggap diri Anda produktif sepanjang hari kerja?”

Jawaban mereka cukup mengejutkan, di mana sebanyak 79 persen peserta survei mengaku tidak.

Dari jawaban di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam rentang jam kerja delapan jam, mereka hanya produktif selama sekitar 2 jam 53 menit saja. Artinya, lebih dari 5 jam sehari dipergunakan untuk melakukan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan.

Survei mengungkap, hampir setengah jam kerja, atau tepatnya 47 persen, dihabiskan untuk melihat media sosial. Mereka mengaku menggunakan waktu sekitar 44 menit setiap hari di situs-situs media sosial favorit.

Distraksi lain yang tidak kalah besar, yakni 45 persen, adalah membaca situs-situs berita. Sekitar satu jam, digunakan para karyawan untuk membaca berita terkini secara daring.

Dua distraksi itu saja berarti total sudah hampir dua jam yang terbuang bukan untuk bekerja. Sisanya masih ada sekitar enam jam, namun itu juga terkikis perlahan oleh distraksi lainnya.

Responden survei mengaku melewatkan sekitar 40 menit per hari untuk mengobrol dengan rekan kerja. Topiknya? Jelas, bukan tentang pekerjaan.

Selain itu, mereka juga menghabiskan sekitar 23 menit per hari untuk merokok. Sekitar 15 menit waktu digunakan untuk membuat makanan di kantor.

Dan terakhir, ini yang cukup mengejutkan, sekitar 26 menit jam kerja per hari digunakan untuk berburu pekerjaan baru.

Jika para karyawan ini memiliki pekerjaan yang lebih menarik atau lebih bermakna, apakah mereka akan membuang banyak waktu untuk melakukan aktivitas non-kerja setiap hari?

Berdasarkan studi, karyawan bersedia menerima pekerjaan dengan bayaran 32 persen lebih sedikit jika pekerjaan mereka lebih bermakna. Pekerjaan yang lebih berarti juga cenderung meningkatkan produktivitas.

Di sisi lain, peneliti pernah menemukan bahwa pada dasarnya manusia diciptakan untuk bisa berkonsentrasi selama rentang waktu 20 menit saja. Itu juga mengapa ada saran untuk beristirahat sejenak setiap 20 menit, alihkan pandangan pada sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter), selama paling tidak 20 detik sebelum mulai beraktivitas kembali.

Jika orang dipaksa untuk bekerja lebih lama dari kemampuan otak mereka, maka fokus dan motivasi akan terkikis secara perlahan.

Menurut K. Anders Ericsson, pakar psikologi kerja, jika dipaksakan karyawan bisa punya kebiasaan buruk, yang tentu akan berdampak pada produktivitas.

Namun perlu dicatat bahwa masalah serupa tentu tidak perlu terjadi pada perusahaan yang tidak menerapkan shif khusus yang harus dipenuhi. Sementara kebanyakan perusahaan belum menerapkan jam kerja ekstrem tiga jam per hari, seperti yang ditunjukkan oleh survei Voucher Cloud di atas.

Paling tidak, survei tersebut menunjukkan bahwa jadwal kerja pukul 09.00 hingga pukul 17.00, hari Senin sampai Jumat, tidak lama lagi mungkin bisa menjadi peninggalan masa lalu.

Terlepas dari studi di atas, bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan sebuah bisnis tetapi tidak memiliki alamat kantor, bisa diatasi dengan menggunakan jasa Virtual Office.

Dengan menggunakan Virtual Office, Anda bisa menggunakan alamat kantor virtual tersebut untuk mengurus perizinan dan juga sebagai alamat kantor Anda. Dengan memiliki alamat kantor di zona perkantoran, maka bisnis Anda pun akan terlihat lebih profesional.

Salah satu Virtual Office dengan harga terjangkau serta dengan lingkungan yang kondusif yang dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung usaha Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office impian Anda sekarang juga, dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.