Blog Post
Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi Diberikan Oleh Siapa?
GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Salah satu usaha yang banyak diminati dan cukup menjanjikan saat ini adalah usaha jasa Konstruksi. Usaha jasa Konstruksi ini dapat dijadikan sebagai jalan untuk Anda dalam mencapai sebuah kesuksesan.
Usaha jasa Konstruksi ini bisa dijalankan untuk membangun sebuah bangunan dengan ukuran yang kecil hingga yang besar. Salah satu yang harus dibutuhkan dalam membangun sebuah usaha jasa Konstruksi adalah dengan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi atau SIUJK.
Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ini diperlukan bagi mereka dalam menjalankan sebuah usaha Jasa Konstruksi di Indonesia, baik itu berupa Perseorangan maupun Badan Usaha.
SIUJK Diberikan Oleh Siapa?
Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi diberikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) atau juga pejabat yang telah ditunjuk pada daerah tersebut.
Usaha Jasa Konstruksi di sini adalah sebuah layanan jasa Konsultasi yang terdiri dari :
- Perencanaan pekerjaan Konstruksi.
- Layanan jasa Konsultasi Pengawasan Pekerja di Konstruksi.
- Layanan jasa Pelaksanaan untuk pekerjaan Konstruksi.
Dasar Hukum Usaha Jasa Konstruksi
Adapun dasar hukum dari usaha jasa Konstruksi berupa :
1. Undang-Undang nomor 18 tahun 1999 mengenai jasa Konsultasi.
2. Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2010 mengenai perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2000 mengenai Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.
3. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dengan Nomor 07/PRI/M/2011 mengenai standar serta Pedoman Pengadaan Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Konsultasi.
Syarat Administrasi Mengurus SIUJK
Nah, setelah mengetahui dasar hukumnya, maka selanjutnya yang harus Anda ketahui pada saat mengurus Izin untuk usaha jasa Konstruksi adalah mengenai syarat administrasi yang harus dipersiapkan.
Berikut adalah syarat-syarat administrasi yang harus dipersiapkan :
- Mengisi formulir Permohonan yang sudah diisi dengan lengkap.
- Rekaman dari Sertifikat Badan Usaha (SBU), dimana telah dilegalisasi oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).
- Fotocopy dari KTP Pemohon.
- Fotocopy dari KTP Tenaga Kerja Teknik serta Tenaga Kerja Non Teknis.
- Fotocopy dari Akta Pendirian Perusahaan untuk pemohon yang telah berbadan hukum.
- Fotocopy dari Anggaran Dasar (AD) yang telah disahkan untuk Koperasi.
- Pas photo dari Direktur atau Pemimpin Perusahaan.
- Fotocopy dari Ijazah yang dimiliki oleh Direktur atau Pimpinan.
- Fotocopy NPWP.
- Fotocopy dari Izin Gangguan (HO).
- Fotocopy dari Izin Membangun Bangunan (IMB).
- Data Kepemilikan dari Peralatan Kerja serta Kantor dan adanya fotocopy dari Bukti Kepemilikan tersebut.
- Surat keterangan dari Domisili Perusahaan yang berasal dari Desa atau Kelurahan.
- Gambar dari Lokasi tempat Anda melakukan usaha.
Prosedur Mendapatkan SIUJK
Setelah memenuhi seluruh persyaratan administrasi di atas, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus mengetahui bagaimana prosedurnya.
Berikut ini adalah prosedur yang harus Anda lakukan :
- Mengisikan formulir Permohonan, yang telah disediakan oleh Kantor Pelayanan Perizinan.
- Pemohon mengembalikan formulir yang disertai bersama dengan berbagai syarat administrasi dan telah menerima tanda terima dari berkas perizinannya.
- Tim melakukan adanya penelitian kelengkapan dari berkas perizinan.
- Jika telah lengkap, maka Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) dapat keluar.
Jadi, sebelum menjalankan bisnis di bidang jasa Kontruksi ini, alangkah baiknya bila Anda mengurus Izin Usahanya terlebih dahulu. Gapura Office atau Virtual Officeku dapat membantu Anda. Dan kami adalah ahlinya!
Kami adalah perusahaan berpengalaman yang sudah melayani ribuan perusahaan. Didukung dengan tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional, kami dapat membantu Anda mengurus Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) dengan mudah.
Keunggulan dari layanan jasa kami adalah perizinan yang tidak sulit, Izin Usaha yang lengkap, mudahnya mendapatkan perizinan, serta kosultasi hukum pada orang yang ahli.
Harga yang ditawarkan oleh Gapura Office untuk layanan jasa pembuatan SIUJK juga sangat terjangkau. Harga layanan tersebut sudah termasuk dengan pengurusan secara lengkap atau menyeluruh untuk dokumen perizinan usahanya sekaligus. Sebab, semua pelayanan tersebut bisa Anda dapatkan hanya dalam satu paket biaya jasa pengurusan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK).
Selain dikenal sebagai Biro Jasa Pengurusan SIUJK, Gapura Office juga memberikan pelayanan untuk pengurusan semua dokumen perusahaan, baik itu SBU, TDP, SKA, NIK, dan lain sebagainya. Dengan begitu, maka Anda bisa menyiapkan semua dokumen perusahaan hanya dengan satu Biro Jasa saja, sehingga Anda bisa lebih menghemat waktu, tenaga, dan juga biaya.
Gapura Office sudah melayani banyak klien. Jadi, bisa Anda bayangkan betapa profesional dan berpengalamannya Biro Jasa kami ini.
Tak hanya itu saja, biaya yang kami tawarkan untuk pembuatan SIUJK juga sangat terjangkau, dan Anda sudah bisa mendapatkan SIUJK. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan jika Biro Jasa kami banyak dipilih oleh para pengusaha.
Ayo, segera buat SIUJK perusahaan Anda hanya di Gapura Office!
Ada berbagai layanan yang dihadirkan oleh Gapura Office di sini, seperti jasa pembuatan SIUJK lengkap, pendirian CV, jasa Pendaftaran Merek Dagang, jasa pengurusan PT PMA, dan masih banyak lagi. Informasi lengkap terkait dengan layanan yang diberikan bisa Anda simak langsung di website resmi kami.
Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.
Untuk mengurus Izinnya, silahkan hubungi tim Marketing kami DI SINI. Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK).
Prosedur pengurusan pembuatan SIUJK di setiap kota bisa berbeda-beda. Ketentuan itu pun berpengaruh besar pada kebutuhan biayanya. Untuk itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan staff kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda. Agar Anda bisa mengutarakan keinginan bentuk legalitas bisnis Anda, bidang usaha yang dijalani, dan kemungkinan adanya kendalanya.
Dengan demikian, staff kami bisa memberikan penjelasan secara akurat dan memberikan jalan keluar kalau terjadi kendala tertentu.
Untuk selanjutnya, Anda bisa menjalankan program kerja secara profesional. Yakni, dengan adanya managemen kerja yang telah terencana dengan baik.
Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda dengan cepat dan berpengalaman.
Dan dapatkan layanan terbaik di antara banyaknya Biro Jasa Perizinan Usaha yang ada di dunia maya/internet. So, start your business right bersama Virtual Officeku!