Blog Post

Syarat Pengurusan NIK: Registrasi Kepabeanan

Pengurusan NIK

GAPURA OFFICE – Hai sobat Gapura! Biro Jasa Pengurusan NIK adalah sebuah Biro Jasa yang banyak dicari masyarakat sekarang ini. NIK merupakan tanda pengenal atau identitas bagi Anda yang ingin terjun dalam kegiatan eksport import.

Seorang pebisnis yang ingin melakukan importir atau eksportir barang, harus memiliki NIK. Sebab, kartu identitas inilah yang nantinya akan Anda gunakan ketika berurusan dengan bea dan cukai.

Kartu identitas NIK ini sangat penting, karena digunakan untuk menjelaskan bahwa barang yang ingin keluar atau didatangkan ke Negara Indonesia adalah barang yang legal atau resmi, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang pemerintah.

Peraturan yang menganut tentang kepemilikan NIK bagi pengusaha yang  dalam kegiatan usahanya harus mendatangkan produk atau barang dari luar negeri adalah peraturan Menteri Keuangan dengan Nomor 59 Tahun 2014.

Mengingat bahwa sudah adanya peraturan yang mengikat pengusaha untuk memiliki NIK, maka tidak heran bila Biro Jasa Pengurus NIK begitu diminati sekarang ini.

Tanpa adanya NIK, Anda tidak akan bisa melewati pemeriksaan pihak Bea dan Cukai. Karena data informasi NIK Anda akan digunakan oleh pemerintah untuk mengontrol semua barang yang masuk dan yang keluar dari Indonesia.

Jika tidak memiliki NIK, maka barang tersebut dianggap legal. Dan tentu saja akan menimbulkan masalah bagi Anda. Bahkan dapat mengakibatkan perusahaan Anda terjerat hukum.

Registrasi NIK di Bea Cukai

Registrasi Kepabeanan adalah kegiatan pendaftaran yang dilakukan pengguna jasa kepabeanan dan cukai, seperti importir, eksportir, PPJK, pengusaha barang kena cukai, pengangkut, pengusaha kawasan berikat dan sejenisnya, ke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk mendapatkan NIK (Nomor Identitas Kepabeanan).

NIK merupakan nomor identitas yang bersifat pribadi atau juga perusahaan, yang dapat digunakan untuk mengakses atau berhubungan dengan sistem kepabeanan yang menggunakan teknologi informasi maupun secara manual.

Adapun Registrasi NIK di Bea Cukai meliputi sebagai berikut :

  • Pengurusan NIK di bea cukai untuk eksport dan import.
  • Pengurusan NIK di bea cukai PPJK.
  • Pengurusan NIK di bea cukai untuk pengangkut.
  • Pengurusan NIK bea cukai ditolak.
  • Pengurusan SRP bea cukai/ NIK bea cukai.

Syarat Pengurusan NIK/ Registrasi Kepabeanan

Berikut ini adalah persyaratan yang dibutuhkan untuk pengurusan NIK di bea cukai :

  • Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan dan Pengesahaan Kehakiman (SK Kehakiman).
  • Fotocopy semua Akta Perubahan dan termasuk Pengesahaan Kehakiman (SK Kehakiman) jika ada.
  • Fotocopy Domisili Perusahaan yang masih berlaku.
  • Fotocopy warna Kartu NPWP Perusahaan dan Lembar SKT (Surat Keterangan Terdaftar)
  • Fotocopy warna SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak) jika ada.
  • Fotocopy warna SIUP PT Lokal atau Pendaftaran BKPM/Izin Prinsip/IUT Perusahaan PMA.
  • Fotocopy warna TDP Perusahaan.
  • Fotocopy API-U/P warna (Angka Pengenal Importir), bolak-balik.
  • Salah satu jenis barang yang akan di Export atau di Import.
  • Fotocopy NIK Bea Cukai Lama atau SRP Lama (apabila perubahan).
  • Fotocopy warna KTP dan NPWP Direksi (Pengurus Perusahaan yang ada di Akta Terakhir) Direktur dan Komisaris.
  • Fotocopy warna KTP dan NPWP Kuasa Direksi (penanda tangan API).
  • Fotocopy Refrensi Bank atau Rekening Giro satu (1) bulan terakhir.

Dasar Hukum

  • UU Nomor 17 Tahun 2006 tentang, Perubahan UU Nomor 10/1995 tentang, Kepabeanan.
  • Peraturan Menteri Keuangan Nomor 63/PMK.04/2011 tanggal 30 Maret 2011 tentang Registrasi Kepabeanan.
  • Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-21/BC/2011 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Registrasi Kepabeanan.
  • Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-22/BC/2011 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Registrasi Kepabeanan di KPBPB.

Baca juga: Syarat Mendapatkan NIK dan Biaya Kepengurusannya

Nah, sebagai informasi, Biro Jasa Pengurusan NIK untuk wilayah Jakarta yang terkenal dan selalu memberikan penawaran harga super murah adalah Gapura Office atau Virtual Officeku. Biro Jasa kami sudah berpengalaman cukup lama, dan sudah banyak mengurusi perusahaan.

Murahnya biaya pengurusan NIK di Biro Jasa kami bisa Anda bandingkan dengan biro lainnya. Dimana kami memang terbukti menawarkan harga yang paling murah dibandingkan dengan Biro Jasa yang lainnya.

Meski demikian, bukan berarti kualitas pelayanannya murahan. Karena Biro Jasa kami dikenal selalu cepat dan tepat dalam menyelesaikan semua kebutuhan klien.

Jadi, percayakan pengurusan NIK perusahaan Anda di Biro Jasa Pengurus NIK Gapura Office. Silahkan hubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.

Proses akan dilakukan dengan cepat dan efisien oleh staff profesional milik kami, agar Anda dapat dengan segera memiliki jasa di bidang kuliner yang kredibel dan valid. Karena kami didukung dengan tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional. Kami akan membantu Anda untuk mendirikan usaha dengan mudah.

Jangan ragu menggunakan Biro Jasa kami, karena perusahaan kami adalah Biro Jasa Perizinan Usaha yang terpercaya dan profesional yang berada di wilayah Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Gapura Office!

PT Garuda Perkasa Putra Angkasa (virtualofficeku.co.id) terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan SK Nomor AHU-0043399.AH.01.01.Tahun 2016
?>