Blog Post

Syarat-Syarat Pengurusan Izin Prinsip BKPM

Izin Prinsip BKPM

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Saat ini, Indonesia merupakan negara yang cukup terbuka bagi investor asing yang ingin menanamkan modalnya di Tanah Air serta membangun perusahaan seperti PMA.

Meski demikian, perlu diketahui lebih dulu tentang syarat-syarat Izin Prinsip BKPM. Sebab, dengan Izin Prinsip BKPM ini, Anda bisa beroperasi di wilayah Indonesia dan tidak akan melakukan kesalahan apapun. Hal ini karena semua perizinan tersebut telah dicatat di dalam Undang-Undang.

Syarat-Syarat Izin Prinsip BKPM

Adapun perizinan yang dibutuhkan oleh investor asing tidak hanya satu atau dua, melainkan cukup banyak. dan salah satunya adalah yang dikeluarkan oleh BKPM.

Hal tersebut merupakan sebuah langkah untuk melindungi investor dalam melakukan kegiatannya di Indonesia, sehingga bisa berjalan lancar.

Para investor tidak boleh memenuhi semua perizinan sambil melakukan kegiatan penanaman modal mereka di Indonesia. Sebab ,semua persyaratan Izin Prinsip BKPM perlu dipenuhi sebelum mereka melakukan kegiatan produksi apapun.

Namun, pemerintahan Indonesia juga tidak sedikitpun untuk menyulitkan mereka yang ingin menjalankan kegiatan usahanya di Tanah Air. Karena itulah ada layanan yang disebut dengan “KLIK”.

KLIK adalah Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi, yang diberikan oleh lembaga pemerintahan non departemen yaitu BKPM. Dan kini, Anda hanya cukup untuk mengurus izin prinsipnya saja. Prinsip ini wajib dipenuhi sebelum Anda memulai aktivitas.

Izin Prinsip ini merupakan sebuah jenis perizinan usaha yang berasal dari lembaga pemerintah yang wajib dimiliki oleh setiap investor ketika mereka hendak memulai investasi langsung di Indonesia.

Bagi para investor baru, maka mereka wajib untuk mengurus perizinan ini untuk penanaman modal PMA maupun PMDN. Yang termasuk di bagian ini adalah Izin Tenaga Asing Bekerja, TDP, NPWP Perusahaan, Akta, dan lainnya.

Selain digunakan untuk berinvestasi yang baru, izin ini juga digunakan untuk perluasan dari perusaaan tersebut. Bahkan izin ini harus diurus kembali jika terdapat perubahan pada rencana semula.

Untuk mulai melakukan pembuatan sertifikat ini, maka yang harus Anda lakukan adalah memenuhi semua persyaratan. Namun, apa saja yang dibutuhkan?

Berikut ini penjelasan lengkapnya :

  • Nomor Telepon Kantor yang resmi (bukan ponsel).
  • Alamat Kantor yang jelas.
  • Bidang Usaha yang direncanakan.
  • Fotocopy dari Surat Keterangan Domisili Usaha.
  • Fotocopy dari paspor WNA pemegang saham.
  • Fotocopy KTP untuk pemegang saham WNI.

Tidak perlu datang menuju lembaganya langsung, namun Anda hanya perlu untuk menemukan agen Jasa Notaris yang terbaik dan menyerahkan syarat yang mereka minta.

Setelah itu, biarkan Jasa Notaris yang akan melakukannya dan bekerja untuk Anda.

Gapura Office atau Virtual Officeku adalah salah satu Jasa Notaris yang tepat untuk Anda melakukan Pengurusan Izin Prinsip BKPM ini dengan praktis, dan prosesnya hanya dua (2) minggu saja.

Di Gapura Office, Anda akan memperoleh Izin Prinsip BKPM yang resmi dan lengkap. Sehingga bukan hanya sekedar izin biasa, melainkan semua yang Anda butuhkan dalam melakukan pekerjaan di Indonesia. Izin Prinsip BKPM ini nantinya bisa Anda gunakan dengan para investor asing.

Dalam dua minggu setelah semua syarat izin prinsip BKPM diserahkan, maka Anda sudah akan memperoleh dokumen lengkap yang dibutuhkan.

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam proses Pengurusan Izin Prinsip BKPM. Ayo, segera Hubungi Kami, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda.