Blog Post

Syarat Teknis Penawaran Pengadaan Langsung Jasa Konstruksi

Pembuatan SIUJK Jakarta

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Pengadaan Langsung Jasa Konstruksi dapat dilakukan oleh pejabat pengadaan. Nantinya, pejabat pengadaan akan memilih dan membayar jasa Konstruksi secara langsung kepada penyedia jasa Konstruksi dengan sejumlah nilai tertentu, tanpa melalui proses lelang atau seleksi.

Namun, sebelum melangkah jauh mengenai tata cara pelaksanaan pengadaan langsung jasa Konstruksi, kami akan memberikan penjelasan mengenai tugas dan wewenang Pejabat Pengadaan dalam pengadaan langsung jasa Konstruksi.

Pejabat Pengadaan memiliki tugas dan kewenangan melaksanakan persiapan dan pelaksanaan Pengadaan Langsung Jasa Konstruksi. Kegiatan persiapan yang perlu dilakukan oleh Pejabat Pengadaan yaitu sebagai berikut :

  • Mereviw dokumen persiapan pengadaan.
  • Menetapkan persyaratan Penyedia.
  • Menetapkan jadwal pemilihan.
  • Menetapkan Dokumen Pemilihan Pengadaan Langsung.

Pejabat Pengadaan juga perlu menetapkan beberapa metode pelaksanaan pengadaan langsung agar dapat dipahami oleh Penyedia. Metode yang dimaksud adalah sebagai berikut, yaitu :

  • Metode kualifikasi dilakukan dengan metode pasca kualifikasi.
  • Metode evaluasi kualifikasi dilakukan dengan metode sistem gugur.
  • Metode evaluasi penawaran dilakukan dengan metode sistem gugur.
  • Metode penyampaian dokumen penawaran menggunakan metode 1 (satu) file.

Untuk metode pemilihan Pengadaan Langsung, Bentuk Kontrak dalam Jasa Konsultansi Konstruksi adalah surat perintah kerja. Sedangkan untuk jenis kontrak yang dapat digunakan dalam pengadaan langsung pekerjaan konstruksi terdiri atas :

  • Kontrak lumsum.
  • Kontrak harga satuan.

Syarat Teknis Penawaran Pengadaan Langsung Jasa Konstruksi

Dalam mengikuti Pengadaan Langsung Jasa Konsultansi Konstruksi, pihak Penyedia perlu mempersiapkan beberapa dokumen persyaratan teknis penawaran yang terdiri atas proposal teknis dan kualifikasi tenaga ahli.

Sedangkan untuk Pengadaan Langsung Pekerjaan Konstruksi, maka pihak Penyedia harus mempersiapkan dokumen seperti jangka waktu pelaksanaan pekerjaan, peralatan, dan personel.

Adapun dokumen Pemilihan Pengadaan Langsung Jasa Konsultansi Konstruksi terdiri atas :

  • Undangan Pengadaan Langsung yang memuat nama paket dan uraian singkat pekerjaan, nilai total HPS dan sumber pendanaan, alamat pelaksanaan Pengadaan Langsung, dan jadwal pelaksanaan Pengadaan Langsung.
  • Instruksi kepada peserta.
  • Lembar Data Pemilihan (LDP).
  • Kerangka Acuan Kerja (KAK).
  • Daftar kuantitas dan harga atau daftar keluaran dan harga.
  • Formulir dokumen penawaran.
  • Formulir isian kualifikasi.
  • Rancangan surat perjanjian kerja.

Sedangkan dokumen Pemilihan Pengadaan Langsung Pekerjaan Konstruksi terdiri atas :

  • Undangan Pengadaan Langsung yang memuat nama paket dan uraian singkat pekerjaan, nilai total HPS dan sumber pendanaan, alamat pelaksanaan Pengadaan Langsung; dan jadwal pelaksanaan Pengadaan Langsung.
  • Instruksi kepada peserta.
  • Lembar Data Pemilihan (LDP).
  • Spesifikasi teknis dan gambar.
  • Daftar kuantitas dan harga atau daftar keluaran dan harga.
  • Formulir dokumen penawaran.
  • Formulir isian kualifikasi.
  • Rancangan surat perjanjian kerja.

GAPURA, Biro Jasa Pengurusan SIUJK Jakarta

Sementara itu, untuk mengurus SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi), Anda bisa menyerahkannya pada Biro Jasa Pengurusan SIUJK yang sudah banyak dan bisa digunakan jasanya. Salah satunya adalah Gapura Office atau Virtual Officeku. Kami adalah ahlinya.

SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi) merupakan salah satu Surat Izin Usaha yang wajib dimiliki oleh Perusahaan Jasa Konstruksi. Dimana jasa Konstruksi di sini meliputi berbagai bidang seperti Konsultan, Arsitektur, bidang Mekanikal, bidang Telekomunikasi, bidang Elektrik, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi), maka wajib memiliki Sertifikat Tenaga Ahli dalam bidang Konstruksi dan SBU (Sertifikat Badan Usaha) yang diperoleh dari LPJK. Nah, agar pengurusan SIUJK ini tidak rumit, maka bisa diserahkan semua prosesnya pada Biro Jasa Pengurusan SIUJK seperti Gapura Office.

Banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan ketika menggunakan Biro Jasa Pengurusan SIUJK kami. Salah satunya adalah Anda tidak akan dipusingkan dalam mengikuti semua prosedur yang ada. Perusahaan Anda hanya tinggal menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk mengurus SIUJK, seperti fotocopy NPWP Perusahaan, fotocopy KTP Direktur Utama perusahaan, foto Kantor perusahaan, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa Sertifikasi yang diperlukan untuk Biro Jasa Pengurusan untuk bisa mendapatkan SIUJK, yaitu :

Pertama: Harus memiliki sertifikat keahlian maupun keterampilan. Yang membedakan antara keduanya adalah untuk sertifikat keahlian bisa diberikan kepada jasa Konstruksi, jasa Perencanaan, jasa Pelaksanaan Konstruksi, dan Pengawas Konstruksi. Sedangkan untuk Sertifikat Keterampilan bisa diberikan kepada jasa Pelaksanan Konstruksi saja.

Kedua: Harus menjadi anggota dari Asosiasi Konstruksi yang telah terakreditasi oleh LPJK.

Ketiga: Perusahaan jasa Konstruksi tersebut harus memiliki SBU (Sertifikat Badan Usaha). Setelah itu, baru bisa mengajukan untuk pembuatan SIUJK (Surat Izin Usaha Konstruksi).

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam proses Pembuatan SIUJK. Anda bisa Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat