Blog Post

Ini Tanda-Tanda Keuangan Perusahaan Anda Tidak Sehat

Keuangan Perusahaan Mendirikan Perusahaan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Jika Anda memiliki usaha atau bisnis, Anda bisa menilai sendiri seberapa efektif kegiatan bisnis Anda dalam memperoleh keuntungan. Bila Anda menemukan tiga hal yang menjadi inti dari pembahasan kali ini dalam perusahaan Anda, maka Anda harus segera memikirkan langkah untuk memperbaiki keuangan perusahaan Anda.

Ingat, perusahaan yang baik dan bertumbuh adalah perusahaan yang memiliki keuangan yang sehat. Dan inilah tanda-tanda dari keuangan perusahaan yang tidak sehat.

1. Banyak Pos Anggaran Tidak Penting

Lihat dan periksa laporan keuangan perusaahaan, serta bukti pembayaran atau bon yang mungkin Anda arsipkan dalam satu periode akuntansi perusahaan Anda.

Anda bisa menggolongkan setiap anggaran pembayaran berdasarkan fungsi atau tujuan pengeluaran tersebut dilakukan. Dari sini, Anda dapat menghitung dan menilai sendiri, ada berapa banyak pengeluaran atau transaksi pembayaran dalam laporan keuangan tersebut, yang sifatnya tidak terlalu penting. Serta berapa besar pengeluaran yang digunakan untuk menutup pos-pos anggaran yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan oleh perusahaan.

Keuangan perusahaan yang sehat memang tetap memiliki hal seperti ini, tetapi sifatnya sangat minim dan semakin ditekan, dan Anda harus mampu mengontrolnya. Jangan sampai ada pos anggaran yang sifatnya urgent tetapi tidak ditutup, sedangkan anggaran yang tidak terlalu penting justru diutamakan.

2. Pertumbuhan Hutang Tanpa Dibarengi Pertumbuhan Pendapatan

Tidak ada perusahaan yang memang benar-benar bisa lepas dari hutang. Sebab, hutang adalah salah satu sarana yang digunakan untuk pengembangan atau permodalan dalam perusahaan.

Dalam hal keuangan perusahaan, ada dua macam hutang yang bisa Anda lihat.

  • Pertama, hutang yang sifatnya produktif.
  • Kedua, hutang yang non produktif.

Anda harus mengetahui seberapa besar hutang perusahaan. Dan apakah hutang tersebut termasuk hutang produktif atau hutang non produktif.

Anda bisa mengenalinya dengan memonitor besaran hutang, apakah petumbuhannya sesuai dengn pendapatan atau malah semakin menekan keuntungan.

3. Minim Aset Berupa Investasi

Perusahaan yang keuangannya sehat akan memiliki investasi, atau paling tidak cadangan dana yang bisa digunakan untuk menutup anggaran tidak terduga di masa yang akan datang.

Apakah perusahaan Anda memilikinya? Jika ya, maka perusahaan Anda termasuk perusahaan yang siap maju.

Lain ceritanya jika perusahaan Anda benar-benar tidak memiliki cadangan anggaran, apalagi investasi, baik skala kecil maupun besar. Maka hal ini wajib Anda perhatikan.

Terlepas dari persoalan di atas, jika saat ini Anda sedang mencari jasa layanan pendirian CV dan PT yang dapat membantu mengurus aspek legalitas usaha baru Anda, salah satu jasa pendirian CV dan PT yang bisa Anda percayakan adalah Gapura Office.

Gapura Office ini adalah salah satu jasa pembuatan CV dan Virtual Office terpercaya di Indonesia yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru. Mulai dari pembuatan PT dan CV murah, hingga pengurusan akta notaris dan surat-surat lainnya.

Tak hanya itu saja, Gapura Office atau Virtual Officeku juga menyediakan layanan sewa Virtual Office yang terdapat di beberapa lokasi di Jakarta dan Tangerang yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official Gapura Office di https://www.virtualofficeku.co.id/.