Blog Post

Tips Membuka Usaha di Kantin Perkantoran

Perkantoran

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Kalau diamati usaha kuliner memang menggiurkan. Terlebih lagi kalau membuka usaha di perkantoran, yang notabene karyawannya akan lapar dan haus setelah bekerja. Tentu kebutuhan makanan yang mendesak untuk mengisi perutnya tidak bisa ditunda. Dorongan ini membuat bisnis kuliner semakin dibutuhkan.

Dalam membuka usaha, paling sedikit dibutuhkan informasi mengenai pasar dan pesaing. Maka, pertama-tama yang akan kita bahas adalah mengenai pasar lebih dulu.

Yang dimaksud pasar di sini adalah orang-orang yang akan kita bidik untuk membeli ke kita. Karena usaha kulinernya dibuka di perkantoran, maka dengan jelas pasar di sini adalah para karyawan yang bekerja di perkantoran tersebut.

1. Amati Berapa Jumlah Karyawan Yang Bekerja di Perkantoran Tersebut

Kuncinya, semakin banyak jumlah karyawan yang bekerja, maka akan semakin bagus. Mengapa? Karena bisnis kita tergantung pada karyawan yang ada.

Semakin banyak jumlah karyawan, maka akan semakin cerah potensi pasarnya. Pilihlah lokasi perkantoran dengan jumlah karyawan minimal lebih dari 200 orang.

2. Daya Beli Orang-orang Perkantoran di Lokasi

Tiap lokasi perkantoran bisa memiliki karakteristik karyawan yang berbeda dengan kantor lain. Sebagai contoh kalau di Jakarta, daerah perkantoran di segitiga emas seperti Sudirman atau Kuningan, banyak dihuni oleh karyawan ‘kelas tinggi’, sehingga memiliki daya beli tinggi. Berbagai bisnis kuliner dalam bentuk kantin moderen atau cafe tersebar di sini, harganya pun premium.

Berbeda bila di daerah perkantoran di Jakarta lainnya, tentu harganya tidak bisa dipasang premium seperti di daerah Sudirman. Jadi, lokasi perkantoran tempat para karyawan menghuni harus kita amati dari segi daya belinya.

3. Berkaitan Dengan Informasi Disediakan Tidaknya Makanan Oleh Pihak Kantor

Beberapa kantor ada yang menyediakan makan siang bagi karyawannya. Dan ini bisa menjadi penghambat bagi bisnis kuliner Anda. Juga amati saat jam makan siang, apakah karyawan kebanyakan membawa bekal makanan sendiri atau tidak.

Jika suatu perkantoran banyak dihuni oleh karyawan yang membawa bekal sendiri, tentu kurang menarik kalau kita membuka usaha kuliner di daerah tersebut.

Ini artinya, daerah perkantoran yang potensial kalau pihak kantor tidak menyediakan makan siang bagi karyawannya. dan perilaku karyawan tidak membawa bekal sendiri.

Nah, setelah kita mengumpulkan informasi tentang pasar, selanjutnya kita kumpulkan informasi tentang pesaing. Berkaitan dengan pesaing, amati apakah banyak pesaing ada di sekitar perkantoran? Kalau banyak, ini berarti kita semakin perlu usaha keras untuk merebut pelanggan.

Sebaliknya, kalau kantin Anda menjadi satu-satunya tempat yang menawarkan makanan, tentu ini kabar yang sangat menggembirakan. Setelah itu, kita teliti berapa jumlah konter makanan yang akan buka di konter perkantoran.

Biasanya, jumlah konter yang membuka di kantin dibatasi. Semakin sedikit semakin bagus prospeknya bagi Anda.

Pihak pengelola kantor juga biasanya akan mengatur jenis makanan utama untuk tiap konter agar tidak sama, sehingga banyak variasi.

Kalau dua faktor utama di atas (pasar dan pesaing) sudah diteliti dan posisinya menguntungkan, maka berikutnya yang perlu kita cermati adalah kebijakan atau aturan yang diberlakukan.

Amati bagaimana sistem harga sewanya, prosedur perpanjangan, biaya bulananĀ (service charge),pembebanan biaya listrik, dan sejenisnya. Kalau semuanya menguntungkan, maka kita bisa membuka usaha kantin di perkantoran yang dibidik.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang merintis usaha atau bisnis, dan ingin sewa ruang kantor untuk bisnis Anda, khususnya di wilayah Jakarta dan Tangerang, salah satu solusinya adalah dengan sewa Virtual Office.

Anda bisa sewa Virtual Office di Gapura Office atau Virtual Officeku, dan dapatkan penawaran paket yang menarik dari kami. Virtual Office yang ada di kami lebih mudah untuk dijangkau oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Dan yang patut untuk dicermati dengan baik adalah, dengan sewa kantor virtual di Gapura Office, pastinya Anda akan lebih hemat biaya yang cukup banyak.

Selain itu, layanan sewa Virtual Office di Gapura Office juga memiliki lingkungan yang sangat kondusif, dan tentunya akan meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk sewa Virtual Office Jakarta, maka Anda dapat mempercayakannya pada Gapura Office atau Virtual Officeku.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official kami di https://www.virtualofficeku.co.id/.