Blog Post

Tips Mengelola Gaji Di Tengah Pandemi Corona

mengelola gaji

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya perubahan besar di dalam berbagai sektor. Bahkan, sebagian besar perusahaan menerapkan kebijakan Work from Home (WFH) bagi karyawannya guna meminimalisir penyebaran virus. Tentunya ada sisi positif dan negatifnya dari kebijakan yang diterapkan ini. 

Lalu, bagaimana sebaiknya seorang karyawan mengelola gaji di tengah pandemi Covid-19 ini? Berikut tips-nya :

1. Siapkan Dana Darurat

Dalam kondisi normal, umumnya dana darurat disiapkan untuk menutupi biaya hidup selama 3 hingga 6 bulan. Namun, di kondisi seperti sekarang ini, perlu untuk menyiapkan dana darurat selama 6 hingga 1 tahun.

Tingkatkan persentase atau porsi dari gaji Anda untuk mengisi dana darurat. Namun, tetap disesuaikan juga dengan kondisi keuangan masing-masing.

Untuk menambah porsi pos dana darurat, Anda bisa mengambil dari pos transportasi, gaya hidup (makan di luar, nonton bioskop), dan lain-lain.

2. Manfaatkan Emas Untuk Menyimpan Dana Darurat

Pandemi Covid-19 ini menyadarkan kita bahwa dana darurat sangat penting untuk dimiliki. Dan banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan dana darurat, misalnya dengan emas.

Emas merupakan salah satu pilihan instrumen yang cocok untuk menyimpan dana darurat karena mudah dilakukan, likuid, dan melindungi nilai uang. Tabungan emas ini juga sangat mudah dicairkan (buyback), sehingga sangat cocok untuk menyimpan Dana Darurat.

3. Bantu Orang Lain Yang Membutuhkan

Kita memang harus pintar mengatur gaji di situasi saat ini. Namun, bukan menjadi halangan bagi kita untuk membantu mereka yang membutuhkan. Apalagi pandemi Covid-19 yang terjadi di berbagai belahan dunia ini telah merenggut banyak nyawa dan menghilangkan mata pencaharian serta penghasilan sebagian masyarakat.

Nah, bagi Anda yang saat ini masih menerima gaji dengan utuh, Anda bisa menggunakan sebagian gaji Anda untuk membantu saudara kita yang membutuhkan. Baik untuk mereka yang kehilangan penghasilan maupun tenaga medis yang berhadapan langsung dengan penanganan Covid-19.

Tidak ada yang tahu pasti kapan pandemi ini akan berakhir. Sehingga mengatur gaji bagi seorang karyawan sangat penting di situasi-situasi seperti saat ini. Gunakanlah penghasilan Anda dengan bijak dan tetap menerapkan anjuran pemerintah untuk #dirumahaja guna memutus penyebaran virus Covid-19.

Terlepas dari tips di atas, bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan sebuah usaha atau bisnis tetapi tidak memiliki alamat kantor, bisa diatasi dengan menggunakan jasa Virtual Office.

Dengan menggunakan Virtual Office, Anda bisa menggunakan alamat kantor virtual tersebut untuk mengurus perizinan dan juga sebagai alamat kantor Anda. Dengan memiliki alamat kantor di zona perkantoran, maka bisnis Anda pun akan terlihat lebih profesional.

Salah satu Virtual Office dengan harga terjangkau serta dengan lingkungan yang kondusif yang dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung usaha Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office impian Anda sekarang juga, dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.